Windows NT 4.0 Berumur 27 Tahun Ini Ternyata Bisa Berjalan di Prosesor Intel Raptor Lake

Windows Nt

Biasanya ketika dihadapkan dengan sistem operasi yang lebih baru, komponen lawas akan kesulitan untuk jalankan OS teramat anyar. Contoh dekat saja, Windows 11 juga sudah sangat picky terhadap apa yang bisa dan tidak bisa ia jalankan. Hingga tidak jarang banyak pengguna komponen lawas kesulitan untuk upgrade ke Windows terbaru.

Tapi, bagaimana kalau keadaan dibalik. Apakah komponen baru bisa jalankan OS jadul? Kalau mau dijawab bisa ya sebenarnya bisa saja. Hanya saja biasanya harus menggunakan emulasi atau Virtual Machine.

Windows NT 4.0 Bisa Jalan di Prosesor Intel Raptor Lake

Windows NT 4.0 bisa berjalan di sistem Intel gen 13

Secara ajaib seorang Redditor temukan kalau prosesor terbaru Intel yaitu generasi ke-13 Raptor Lake bisa jalankan Windows NT 4.0, tanpa emulasi sama sekali. Hal ini tentu sangat menakjubkan mengingat OS tersebut sudah rilis sekitar 27 tahun lalu.

Intel Raptor Lake ternyata masih dukung OS jadul

Pengguna Reddit bernama Omores ini jalankan Windows NT 4.0 pada Intel Core i3-13100F miliknya dipadukan dengan mainboard Asus Pro H610M-C DDR4 dan VGA ATI Radeon X300 serta SSD SATA dari Sandisk.

Tes Main Game, Ternyata Bisa Berjalan

Tes mainkan game GLQuake, port ke OpenGL

Pengakuan Omores sendiri kalau ia tidak berekspektasi banyak OS tersebut bisa berjalan maupun bisa terpasang tanpa masalah. Pengguna ini tidak menjelaskan apakah dia memakai cara khusus agar sistem operasi lawas tersebut bisa berjalan di komponen baru.

Omores hanya sebut kalau dia mem-bypass booting screen yang tidak bisa diakses dengan driver UniATA dan OS bisa boot dengan lancar. Kalian bisa menonton video demo milik Omores di link di bawah.

Uniknya lagi, Redditor ini juga terlihat mainkan game GLQuake dan FIFA: Road to World Cup 98. Berarti gaming juga bisa berjalan tanpa masalah di sistem ini dan prosesor baru pun masih mendukung OS Windows lawas sekalipun.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version