Wolfenstein II: The New Collusus Cukur Kumis Hitler untuk Versi Jerman

maxresdefault 14

Jerman menjadi salah satu negara Eropa yang paling sensitif soal video game. Game terkadang diubah sedikit atau disensor sebelum bisa dirilis di negara tersebut. Wolfenstein 2: The New Collusus yang merupakan game FPS tentang melawan pasukan Nazi tentunya jadi target mudah untuk penyensoran. Penggunaan simbol dan referensi Nazi sangatlah dilarang di negara tersebut, hal ini membuat salah satu bagian penting didalam game harus diubah sedikit untuk gamer di Jerman.

Di pertengahan game, kamu yang bermain sebagai B.J Blazcowicz menyamar mengikuti audisi untuk menjadi aktor di sebuah film tentang cara pasukan Nazi memenangi perang. Film ini disutradarai dan ditulis langsung oleh sang pemimpin Nazi – Adolf Hitler. Untuk versi Jerman, adegan ini diubah sedikit dengan Hitler tampil tanpa kumis khasnya serta simbol Nazi diubah sedikit.

Selain dari kumisnya dicukur, nama dari Hitler juga diubah pada versi Jerman, beberapa aspek dari adegan ini juga diubah. Hitler tidaklah dipanggil sebagai Hitler namun “Heiler” yang berarti “Healer” oleh karakter di game. Ucapan “mein fuhrer” diganti dengan “mein Kanzler” yang berarti “my chancellor“, dan Hitler juga tak membunuh salah satu aktor karena dia merasa dia adalah orang yahudi, tapi karena menganggap dia sebagai penghianat.


Ini bukan kali pertama seri Wolfenstein disensor di Jerman. Wolfenstein 3D dilarang beredar di Jerman karena unsur Nazi didalam game. Seri-seri selanjutnya juga diubah sedikit dengan simbol Nazi diubah menjadi logo random sebelum diperbolehkan rilis ke negara tersebut.

Source: Kotaku

Exit mobile version