Jelang Xbox 360 Store Tutup, Phil Spencer Ingin Semua Game Tetap Bisa Diakses Gamer

Xbox 360 Store Tutup

Sebuah kepedihan bagi gamer adalah ketika game yang ingin di mainkan tapi sudah tidak dapat diakses lagi secara legal. Apalagi kalau berbicara soal game konsol generasi lampau yang storenya sudah tutup.

Sama halnya dengan berita Xbox 360 Store yang dikabarkan akan tutup setahun lagi. Tentu ada sebagian gamer yang merasa sedih karena tidak semua game disana bisa dimainkan lewat compatibility di konsol Xbox Series X atau S.

Phil Spencer Ingin Gamer Tetap Bisa Akses Game Setelah Xbox 360 Store Tutup

Store Xbox360 yang akan tutup tahun depan

Lewat interview dengan Eurogamer, Phil Spencer selaku bos Xbox ingin menjawab tantangan tersebut dan dia ingin gamer tetap bisa mengakses semua game dari konsol lampau. Menurutnya, ada alasan mereka memilih PC sebagai platform rilisan game mereka, karena bagi Phil itu adalah platform terbaik.

Phil menceritakan, kelestarian game adalah hal yang penting bagi tim Xbox. Sebuah game bisa dilestarikan semakin lama jika ia semakin tidak bergantung pada medium yang membawanya. Phil juga berikan contoh kalau mereka sudah dibilang cukup berhasil dalam menjalankan pelestarian game lawas.

Hampir semua game kompatibel di konsol terbaru Xbox

Memang benar, hampir semua game Xbox mulai dari generasi sebelumnya hingga generasi awal bisa dimainkan di Series X atau S. Sebuah pencapaian yang cukup mengesankan, setidaknya bagi Phil Spencer.

Sebanyak 220 Judul Game Xbox 360 yang Tidak Kompatibel dengan Series X/S

Ada 220 judul game yang tidak bisa berjalan di Xbox Series X/S

Sang CEO juga menyebutkan kalau sebenarnya mereka tahu seberapa banyak yang masih tetap memainkan game 360 di konsol Xbox 360. Dia membocorkan kalau jumlahnya juga tidak bisa dikatakan banyak.

Hingga alasan mereka harus menutup store karena keberlanjutan biaya operasional yang tidak lagi sepadan dengan keuntungan didapat. Hanya saja Phil berpikir bagaimana caranya agar semua game disana tetap diakses gamer meski sudah tutup. Total ada 220 game Xbox 360 yang tidak kompatibel dengan Xbox Series X/S.

Phil ingin mencari cara agar judul game tersebut tetap dapat diakses oleh gamer meskipun storenya nanti tutup di tahun depan. Walau dia seperti belum dapat solusinya untuk sekarang, setidaknya itu sudah menjadi pikirannya selama ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version