Xbox Cloud Gaming Dapatkan Sesi Beta untuk Perangkat iOS dan PC

in , ,

Pada tahun 2018, Microsoft mengumumkan Project xCloud sebagai upaya mereka untuk masuk ke dalam pasar layanan streaming game berbasis cloud. Disambut dengan banyak keraguan, layanan itu sempat mengadakan sesi beta tertutup pada November 2019 untuk beberapa perangkat.

Kini setelah lebih dari setengah tahun jadi bagian dari Xbox Game Pass Ultimate untuk pengguna Android, layanan dengan nama resmi Xbox Cloud Gaming itu siap menyambangi platform lain. Terhitung mulai 20 April kemarin, Xbox Cloud Gaming akan mendapatkan sesi beta terbatas untuk perangkat iOS dan PC.

Microsoft sebenarnya sudah lama melakukan pengujian untuk perangkat iOS namun harus terhenti pada Agustus 2020 karena kesulitan untuk mengatasi masalah kebijakan yang diterapkan Apple di App Store untuk aplikasi streaming game berbasis cloud. Tak lama setelah itu, Microsoft kemudian mengumumkan rencana mereka untuk merilis Xbox Cloud Gaming di iOS namun via browser.

Sesi beta terbatas yang dijalankan bersifat invite-only alias tidak semua pemain bisa mendapatkan. Namun bagi yang beruntung, mereka bisa menikmati lebih dari 100 game Xbox via browser seperti Microsoft Edge, Google Chrome dan Safari. Sesi beta tersebut akan tersedia untuk pemain di 22 negara yang didukung Xbox Cloud Gaming dan yang diundang hanyalah mereka yang saat ini telah berlangganan Xbox Game Pass Ultimate.

Xbox Cloud Gaming sendiri berjalan di layanan cloud computing dari Microsoft sendiri yaitu Azure dan menggunakan bilih server yang serupa dengan perangkat keras dari Xbox One S. Selain memperbarui bilah server ke perangkat Xbox Series X akhir tahun ini, Microsoft ke depannya juga berencana untuk membawa Xbox Cloud Gaming ke smart TV dan perangkat streaming.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Xbox Cloud Gaming atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Arif Gunawan

Written by Arif Gunawan

kreator tulisan yang jarang bermain game namun tertarik dengan perkembangan industri game itu sendiri

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.