Xbox One akan Segera Miliki Torrent Client Sendiri Bernama Torrex

cover

Keinginan Microsoft untuk meleburkan antara PC Windows mereka dengan konsol Xbox One kelihatannya terus memberikan perkembangan yang signifikan. Bila yang lalu gebrakan yang dibawa oleh Microsoft adalah membawa game-game eksklusif konsol mereka ke dalam PC lewat porting yang optimal, yaitu lewat game Quantum Break dan Forza 6. Dan akan menyusul kemudian lewat Forza Horizon 3 dan Gear of Wars 4. Kini giliran aplikasi berbasis Windows yang akan diporting ke dalam Xbox One, dan aplikasi tersebut adalah sebuah Torrent Client milik  Finebits OÜ bernama Torrex.

Hal yang memungkinkan pengaplikasian torrent dalam konsol tersebut dapat dilakukan tidak lain adanya fitur Microsoft’s Universal Windows Platform (UWP). Dimana secara teknis, semua aplikasi yang dibuat berdasarkan UWP dapat di-porting ke semua platform UWP (Windows 10, Windows Mobile, Xbox One) tanpa harus bekerja dua kali membuat aplikasi tersebut. Sebagai bukti, Quantum Break milik Remedy merupakan satu game yang sama baik untuk PC maupun Xbox One. Tentunya untuk kedepannya hal ini merupakan berita yang baik bagi para pengembang aplikasi, dimana mereka akan dimudahkan dengan hanya mengembangkan satu aplikasi saja yang mampu digunakan oleh banyak platform.

Kembali ke topik Torrex, sang pengembang-Finebits OÜ menjelaskan bahwa sistem kerja torrent client di Xbox One akan berbeda dengan apa yang bisa dilakukan di PC. Ia nantinya akan memiliki browser sendiri, dimana browser tersebut didesain khusus untuk berbagi file secara P2p (Peer-to-peer). Dimana kelihatannya semua aktifitas di dalam torrent client tersebut akan diawasi secara ketat oleh Torrex. Sehingga, munculnya torrent client ini bukan berarti membuka jalan bagi para pengguna Xbox One mendapatkan file bajakan secara mudah. Namun lebih ke arah membawa file dari satu devices yang kamu miliki ke device yang lain secara mudah.

sumber: technoaisle

Exit mobile version