Xiaomi Mi Air Charge Mampu Isi Baterai Smartphone melalui Udara

in ,
C5ffe13e65b7c5d3ce89f0658de6900a

Xiaomi kini merupakan salah satu perusahaan elektronik yang terbilang sukses dan populer. Kesuksesan tersebut tentu lahir dari kualitas produknya yang baik dan memiliki harga yang terbilang murah. Xiaomi sendiri mulai populer saat perilisan smartphone pertamanya yaitu Xiaomi Mi 1.

Saat ini, perusahaan asal negara Cina tersebut juga memiliki produk elektronik lainnya seperti smart TV, laptop, smartwatch, drone, bahkan controller untuk bermain game. Saat ini, sepertinya Xiaomi ingin membuat terobosan baru dengan mengembangkan charger yang mampu mengisi daya baterai ponsel tanpa kabel alias melewati udara.

Melalui halaman Twitter-nya, Xiaomi mengumumkan bahwa mereka akan merilis produk bernama Mi Air Charge. Alat tersebut menggunakan teknologi remote charging yang mampu mengisi daya baterai ke sejumlah device secara bersamaan melalui media udara tanpa harus menggunakan kabel atau charging stand.

Jadi, bagaimana cara kerjanya? Melalui blog resmi Xiaomi, cara kerja alat tersebut yaitu dengan mengirimkan transmisi energi dan memfokuskannya ke device tertentu. Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya fitur self-developed charging pile yang secara akurat mampu mendeteksi lokasi smartphone yang berada di dalam jangkauan. Kemudian, control array yang ada di dalam alat akan mengirimkan energi melalui 144 tiang antena dengan metode beamforming (memfokuskan sinyal ke salah satu device).

Meskipun terdengar menarik, saat ini pengembangan Mi Air Charge masih dalam tahap tech demo, sehingga belum siap untuk dikomersialkan. Selain itu, Xiaomi juga harus mempertimbangkan apakah teknologi ini akan diterima baik oleh penggunanya. Hal tersebut mencakup harga, efisiensi, resiko kesehatan serta prototype wireless charging lainnya yang saat ini mungkin sedang dikembangkan oleh perusahaan lain.

Apabila Xiaomi berhasil mengembangkan produk ini dan diterima baik oleh penggunanya, tentu Mi Air Charge dapat menjadi terobosan baru. Mengingat belum adanya teknologi wireless charging yang berhasil dipasarkan.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Xiaomi serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.