YouTube Akan Menghapus Berbagai Video “Kekerasan” yang ditujukan untuk Anak – Anak!


Di awal minggu lalu, YouTube secara diam – diam membuat sebuah perubahan peraturan yang dimilikinya untuk video – video yang dibuat untuk anak – anak. Platform video tersebut mengatakan bahwa mulai dari saat ini, mereka akan menghapus semua konten – konten yang bersifat “merusak” ataupun “dewasa” yang di targetkan kepada anak – anak secara umumnya, mulai dari deskripsi judul yang dimilikinya, ataupun tags yang terdapat di dalamnya.

YouTube mengatakan bahwa konten – konten seperti ini “Tidak akan lagi di bolehkan di Platform mereka”. Padahal sebelumnya, YouTube menggunakan fitur Age-restricting untuk memfilter konten – konten tersebut, namun ternyata hal tersebut tidak dianggap sukses dalam mencegah anak dibawah umur untuk melihat video tersebut. YouTube akan mulai memilah berbagai konten keluarga yang ditargetkan untuk anak – anak dan keluarga yang mengandung unsur kekerasan, seksual, ataupun konten dewasa lainnya untuk dihapus. Contoh yang diberikan oleh YouTube adalah sebuah video dengan tags “For Children” yang menampakan sebuah video kartun dimana karakternya menusukkan jarum di salah satu scene video (Selengkapnya bisa dilihat di sini).

Jangan lewatkan •
Makin Panas, JT Siap Lawan Calon Sarjana Jika Ambil Jalur Hukum

Sebagai bagian dari proses perubahan tersebut, YouTube akan mulai menghapus berbagai video yang telah melanggar peraturan baru tersebut. Namun YouTube tidak akan memberikan strikes kepada channel yang telah mengupload konten tersebut, dan memberikan waktu 30 hari agar para konten kreator dapat beradaptasi dengan peraturan yang telah ditekankan ini.

Source : YouTube Community Guideline

Baca terus artikel menarik lainnya dari Penulis kita Jay, dan artikel lain mengenai YouTube!

Contact Penulis : [email protected]