YouTube Gaming Resmi Tutup Layanannya

in ,
YouTube Gaming mundur.

Sejak pertamakali mengumumkan YouTube Gaming, platform video online terbesar di dunia YouTube secara tak langsung nyatakan “perang” kepada platform livestream game yang telah ada yakni Twitch. Sayang, sepertinya mereka tak bertahan sampai lima tahun sejak perilisannya tahun 2015 silam dan berusaha resmi menutup aplikasi smartphone dan seluruh layanannya mulai hari ini.

Google mengumumkan bahwa layanan YouTube Gaming akan dinon-aktifkan dan melebur semua kontennya untuk YouTube utama. Mereka tak sertamerta mematikannya, namun memindah semuanya ke page baru yakni youtube.com/gaming. Jadi, kamu takkan kehilangan creator yang sempat kamu ikuti saat layanan ini masih aktif.

Bagi kamu yang mungkin hidup di dalam gua, YouTube Gaming pertamakali dirilis bulan Agustus 2015 kemarin. Google berencana untuk memberikan wadah bagi video yang berhubungan dengan game termasuk content creatornya. Mulai dari livestreaming hingga beberapa konten gaming lainnya. Sayang, sepertinya platform milik perusahaan mesin pencari terbesar di dunia tersebut tak bisa menandingi Twitch sebagai platform livestreaming game paling populer. Pamornya secara tak langsung justru dihapus oleh YouTube sendiri berkat kepopulerannya.

Meskipun usaha Google untuk membuat wadah bagi para gamer bisa dibilang gagal, namun mereka nampak masih belum menyerah untuk berjuang di industri ini. Keberadaan Google Stadia, layanan cloud gaming stream tentu menjadi produk yang patut ditunggu kiprahnya di masa datang. Apakah ia bisa menggaet para gamer dan jadikannya wadah baru, atau justru mengikuti jejak YouTube Gaming yang miliki umur lebih pendek dari umur console video game sendiri.

Ikuti terus berita tentang Google dan YouTube agar kamu tahu apa rencana perusahaan milyaran dolar yang telah membantu kita dengan teknologi Android, mesin pencari, hingga layanan videonya ini.

contact: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]