YouTube Stories akan Ditutup Bulan Depan, Kalah dari YouTube Shorts?

Youtube Stories

Kalau kalian cukup aktif dalam content creation, tentunya akan paham apa itu YouTube Stories. Biasanya, fitur ini digunakan untuk membagikan momen lucu untuk kemudian dapat ditonton oleh para fans kanal terkait yang akan menghilang atau terhapus dalam tujuh hari ke depan. Apa yang mendasari fitur ini akan ditutup mulai bulan depan?

YouTube Stories akan Tutup Bulan Depan

Ditutup karena kurang populer dan syarat yang terlalu sulit

Sebagaimana yang telah kami ungkap sebelumnya di atas, YouTube Stories akan efektif ditutup bulan depan, tepatnya pada 26 Juni 2023. Hal ini telah diumumkan lalui laman dokumentasi YouTube, yang informasikan fitur ini akan ditutup bulan depan. Informasi terkait hal penutupan fitur tersebut dapat kalian cek di sini.

Durasinya hanya 15 detik

Bila berpedoman pada laman dokumentasi tersebut, YouTube Stories akan ditutup demi fokus ke fitur lain yang dirasa lebih umum digunakan, macam Community Post, Shorts, dan Live. Kemungkinan hal ini dikarenakan persyaratan untuk akses Stories terlalu berat, yaitu minimal harus memiliki 10.000 subscriber.

Cara kerja dari Stories kurang lebih sama dengan yang kalian lakukan pada WhatsApp, hanya saja letak bedanya ada pada durasi yang lebih lama untuk menjangkau penonton secara global. Selain itu, terdapat fitur di mana kita bisa menambahkan video, mention, atau lokasi pada Stories terkait.

Ditarik Karena Kalah dari YouTube Shorts?

Fitur Shorts

Sebuah fitur tentunya tidak akan ditarik atau ditutup hanya karena masalah sepele, karena bisa saja pengembang akan terus lakukan inovasi untuk meningkatkan fungsinya secara keseluruhan.

Namun, hal ini tampaknya tidak berlaku untuk YouTube Stories, karena bila berdasarkan dokumentasi pihak YouTube, terdapat beberapa poin yang jadikan Stories akan ditutup, di antaranya:

Dikarenakan hal tersebut, YouTube mau tidak mau harus menutup layanannya guna dapat mengembangkan fitur lainnya yang lebih sukses dan universal.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah kamu adalah salah satu kreator yang telah menjajal fitur ini, namun harus bersedih mendengar fitur ini akan ditutup? Yuk, share pendapatmu!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version