Seorang YouTuber Berhasil 3D Print Patung Dirinya dengan Ukuran Nyata 1:1

youtuber berhasil 3d print patung

Kalau kalian punya sebuah 3D Printer, apa yang akan kalian print? Jawaban apapun yang kalian berikan tidak akan terdengar lebih aneh dari seorang pria yang mencoba 3D print dirinya sendiri, apalagi dalam wujud rasio 1:1.

Biasanya 3D printer memang digunakan untuk hal yang lebih praktikal dan bermakna. Seperti membuat benda-benda kecil yang memang bisa digunakan langsung. Tapi, yang namanya kreativitas manusia tentu tidak ada batasnya. Jadi ide unik juga bisa dilakukan berkat adanya 3D printing ini.

YouTuber Berhasil 3D Print Patung Clone Dirinya dengan Ukuran 1:1

Proses printing dimulai

Seperti yang dilakukan oleh YouTuber bernama Ivan Miranda ini. Dirinya memang kerap merilis konten khusus 3D printing dan selalu mencoba hal aneh yang bisa dicapai oleh sebuah mesin pencetak tiga dimensi. Mulai dari tank hingga excavator, semua sudah Ivan lakukan. Hinggalah proyek paling pamungkas darinya, menciptakan diri sendiri.

Untuk itu dia membutuh sebuah printer yang melebihi tinggi badannya di 1,7 meter. Dia pun membangun sebuah printer 3 dimensi dengan dimensi 2 meter x 1,1 meter x 1,1 meter. Menggunakan bahan filamen PLA, dia pun memulai proses clone diri sendiri.

Total Proses 3D Printing Hingga Selesai Butuh 108 Jam

Perbandingan ukuran

Proses printing tersebut juga bukan sebentar. Dengan tiga kali gagal dan dua kali kegagalan fatal, Ivan membutuhkan total waktu 108 jam untuk menyelesaikan clone 1:1 miliknya. Itupun juga tidak dengan hasil yang sempurna baginya.

Dia sangat tidak menyarankan untuk langsung print ukuran life-sized ketika kalian baru mau memulai melakukan hobi ini. Ivan sendiri banyak menemukan masalah yang rumit untuk diperbaiki. Berujung pada hasil akhir yang kurang sempurna.

Sentuhan terakhir: kacamata

Total patung 1:1 itu membutuhkan 4.375 layer PLA filamen. Tentu ini terlihat sebagai sebuah proyek yang menyenangkan. Hanya saja, penulis sendiri tidak pede kalau harus melakukannya seorang diri dan punya hasil sebagus milik orang ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version