YouTuber Ini Bikin Sendiri Handheld PC yang Sepenuhnya Modular

Bikin Sendiri Handheld Pc

Siapa yang ingin punya handheld PC seperti Steam Deck? Booming handheld gaming PC memang belakangan ini tengah naik-naiknya. Berbekal Valve merilis Steam Deck dengan fitur dan repairability tinggi, membuat antusias gamer menjadi-jadi untuk memiliki satu handheld gaming ini.

 Tapi, tentu ada hal yang perlu diperhatikan ketika kita membeli Steam Deck ataupun handheld PC lainnya. Bukan soal harga tapi kita memang tidak bisa memilih spesifikasi apa yang kita mau karena semuanya sudah dikonfigurasi lewat pabrik. Bukan PC namanya kalau upgrade part tidak bisa diakses kapanpun, ‘bukan?

YouTuber Bikin Sendiri Handheld PC Gaming DIY yang Modular

Handheld DIY

Ternyata ada handheld PC modular yang bisa kita rakit sendiri. Setidaknya itu yang berhasil dilakukan oleh seorang YouTuber bernama Pitstoptech dimana dia merancang sebuah handheld PC modular yang ia ambil dari mainboard laptop merk Framework.

Sedikit informasi saja, Framework adalah perusahaan manufaktur laptop yang baru tidak lama berdiri dan menawarkan sebuah laptop yang modular dan dapat pengguna upgrade mainboard beserta layar, keyboard bahkan port yang tersedia.

Penampakan modular handheld gaming PC

YouTuber ini pun menggunakan mainboard Framework ini untuk digunakan sebagai proyek handheld modular pertama di dunia. Purwarupa handheld-nya gunakan prosesor Intel Core i7-1260P dengan layar touchscreen 1080p 7 inci.

Seperti PC Pada Umumnya, Ada Pilihan Intel atau AMD

Keren juga

RAM yang digunakan juga 16GB, dengan SSD 512GB, dual speaker serta konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth. Bagi pengguna AMD jangan juga berkecil hati karena YouTuber tersebut juga akan gunakan Ryzen 7840U.

Hanya saja, untuk memiliki handheld ini juga sebenarnya tidak juga murah. Pitstoptech sendiri menjual kit DIY yang belum diketahui harganya berapa. Namun dengan harga mainboard Ryzen yang menyentuh angka $700, kemungkinan besar harganya akan fantastis.

Bagaimana menurut kalian dengan ide unik ini? Apakah kalian malah jadi lebih tertarik Ayaneo Kun atau Steam Deck atau bahkan ROG Ally?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version