YouTuber Buktikan Kemampuan MacBook Pro M3 dengan RAM 8GB, Jauh dari Klaim!

Kemampuan Macbook Pro M3

Beberapa hari yang lalu, kami memberitakan kemampuan MacBook Pro M3 dengan RAM 8GB sudah lebih dari cukup, setidaknya menurut klaim dari Apple. Sampai pada akhirnya salah satu YouTuber turun tangan, dan membuktikan bahwa kemampuan perangkat tersebut jauh dari klaim perusahaan.

Kemampuan MacBook Pro M3 dengan RAM 8GB Jauh dari Klaim

MacBook Pro M3 keluaran tahun 2023

Sebagaimana yang telah kami beritakan sebelumnya, umumnya sebuah laptop yang dibanderol di kisaran 20 Jutaan Rupiah pastinya telah menawarkan spesifikasi yang jauh di atas rata-rata kebanyakan.

Sayangnya, tidak demikian dengan MacBook Pro M3 dengan RAM 8GB yang baru-baru ini dipamerkan, karena laptop MacBook teranyar besutan Apple tersebut benar-benar hanya menawarkan memori atau RAM 8GB yang bila berpatokan pada standar komputasi zaman now, termasuk sangat-sangat sedikit.

Penasaran dengan klaim perusahaan tersebut, YouTuber Max Tech alias Vadim Yuryev yang tertarik untuk mengulik kebenaran klaim dari perusahaan tersebut, dan melakukan serangkaian pengujian terhadap MacBook dengan chipset generasi teranyarnya yang konon bisa mengubah cara komputasi di zaman now tersebut.

Kemampuan multi-core yang dipertanyakan

Pengujian tersebut mencakup Cinebench 2024 untuk menguji baseline performance, Lightroom Classic dengan 20 tab terbuka, Final Cut Pro 4K, dan Photoshop. Benar saja, YouTuber tersebut kembali dengan membawa hasil yang sudah bisa kalian duga dan dapat kalian lihat di bawah ini.

RAM 16GB bisa memproses file sama lima kali lebih cepat

YouTuber tersebut menyimpulkan bahwa kemampuan MacBook Pro M3 dengan RAM 8GB sama sekali tidak sesuai dengan klaim dari perusahaan yang ikonik dengan buah apel tergigit itu karena jelas terdapat selisih performa yang sama sekali tidak main-main.

RAM 16GB juga mempercepat proses render empat kali lebih kencang

Tidak hanya itu, Vadim juga menyayangkan klaim Apple dengan gembar-gembor “Unified Memory yang tidak kalah dengan RAM 16GB” yang justru berakhir tidak sesuai ekspektasi.

Langkah Buruk dari Apple?

Vadim mengatakan ini merupakan langkah buruk dari Apple

Tidak berhenti sampai di situ, YouTuber tersebut juga mengatakan bahwa ini merupakan langkah buruk dari Apple. Di mana ia merasa sangat lucu perangkat semahal MacBook dengan harga 20 Jutaan Rupiah hanya dibekali RAM seadanya.

Vadim melanjutkan bahwa sebenarnya ini langkah yang sering dilakukan oleh Apple untuk menjual perangkat terbarunya supaya konsumen melirik perangkat yang lebih mahal dan tentunya lebih andal.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah kalian memikirkan hal yang sama terkait kemampuan MacBook Pro M3 dengan RAM 8GB dari Apple ini juga jauh dari ekspektasi kalian? Yuk, berikan komentar terbaik kalian di bawah!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version