Youtuber Ini Buktikan Kebenaran Performa dari Prosesor Murah Intel

Intel Alder Lake Mobile Processor

Sebelumnya, kami mendapati hasil benchmark dari prosesor murah dari kubu biru Intel Generasi Ke-12 dengan codename Alder Lake. Dari hasil yang ditampilkan, tampak bahwa hal tersebut seakan dilebih-lebihkan untuk naikkan pamor Alder Lake. Demi buktikan keabsahan dari hasil benchmark tersebut, Youtuber ini buktikan kebenaran performa dari prosesor murah Intel.

Youtuber tersebut bernama Andrei, dalam kanalnya yang bernama Testing Games. Sebelumnya, ia tak mempercayai hasil benchmark dikarenakan beberapa alasan, dan lebih memilih untuk melakukan benchmark dengan caranya sendiri.

Untuk itu, Andrei memulai sebuah laga kecil-kecilan, dengan sekitar 10 video games yang harus dilewati pada resolusi 1080P. Prosesor murah Intel Core i3-12100F, harus face-to-face dengan prosesor yang menurut penulis masuk kelas mid-end, yaitu AMD Ryzen 5 3600.

Intel VS AMD, Inilah Hasilnya

Prosesor murah Intel Core i3-12100F hanya menawarkan 4 cores dan 8 threads. Ia harus melawan kompetitor AMD Ryzen 5 3600 yang memberikan 6 cores dan 12 threads, sebuah lawan yang cukup sulit.

Andrei beberkan 10 video games untuk lakukan benchmark tersebut, di antaranya adalah:

Berbicara spesifikasi, Intel Core i3-12100F gunakan ASUS ROG STRIX Z690-A D4, dan memory DDR4 G.SKILL Trident Z RGB 2x16GB 36000MHz. Di lain sisi, AMD Ryzen 5 3600 pakai ASUS ROG X570 Crosshair VIII Hero, dengan memory yang sama. GPU yang akan menemani laga dua prosesor ini adalah RTX 3080 10GB.

Hasil benchmark berupa video tersebut dapat kalian nikmati di bawah ini. Perlu ditekankan bahwa prosesor murah Intel ini dibanderol sekitar 1 Jutaan Rupiah, dan AMD sekitar 3 Jutaan Rupiah.

Youtuber bernama Andrei tersebut terperangah dengan hasil yang diberikan prosesor murah dari kubu biru Intel tersebut. Karena berdasarkan laga yang ia langsungkan secara kecil-kecilan ini, ternyata kemampuan prosesor Intel adalah benar adanya.

Meski tawarkan kelebihan, hal yang menarik di sini adalah bahwa ternyata prosesor Intel Alder Lake Core i3-12100F butuhkan daya besar pada GPU. Gambar di bawah ini menunjukkan bahwa meski prosesor Intel lebih kuat, namun ia menuntut daya lebih dari sebuah kartu grafis.

Kendati demikian, gambar di atas menunjukkan bahwa konsumsi daya dari prosesor Intel membutuhkan daya yang setidaknya cukup bersahabat. Andrei, sang Youtuber, sudahnya cukup puas dengan hasil yang ia dapatkan, dan membenarkan hasil benchmark yang berseliweran di luar sana.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version