Youtuber Ini Coba Modifikasi RTX 2070, Upgrade Memorinya dari 8 Menjadi 16GB VRAM

in , , ,
22110937939l
Sumber: VIK-ON

Semenjak diperkenalkan di tahun 2018 yang lalu, RTX 2070 terbilang salah satu VGA yang saat ini masih dicari oleh beberapa gamer dan perakit PC. Karena dianggap mempunyai performa yang mampu bersaing dengan penerusnya dan memiliki umur yang terbilang panjang bila digunakan untuk memainkan game next-gen.

Sayangnya seri RTX 2070 maupun varian Super mempunyai VRAM terbilang standar yakni  8GB GDDR6. Mengingat beberapa game next gen mulai memerlukan VRAM sebesar 6 hingga 8 GB untuk menyentuh “high atau ultra settings”. Beberapa gamer dan perakit PC mulai membayangkan apa yang akan terjadi bila VRAM RTX 2070 di-upgrade menjadi lebih besar dibandingkan versi biasanya.

Meski hal tersebut merupakan suatu pekerjaan yang terbilang mustahil, kini salah satu YouTuber bernama VIK-on yang berasal dari Rusia ini mencoba untuk melakukannya.

Pada video di atas, ia berhasil untuk mengganti modul 8 GB GDDR6 dari Micron lalu menggantinya dengan modul dari Samsung dengan ukuran 16 GB GDDR6. Setelah terpasang, ia juga langsung mencoba untuk menyalakan hasil modifikasi RTX 2070 nya.

Alhasil, RTX 2070 miliknya berhasil menyala dan langsung terdeteksi dengan VRAM 16 GB ketika membuka GPU-Z. Namun ketika ia menjalankan furmark dan pada saat GPU clock menyentuh 1960 MHz, VGA tersebut mati secara mendadak yang menandakan bahwa RTX 2070 ini  tidak stabil.

Nvidia Geforce Rtx 2070 16gb Modules
Sumber: VIK-on

Perlu diingat, kami sendiri sangat tidak menyarankan untuk melakukan percobaan seperti itu. Karena VGA saat ini sedang sulit dicari dan tentunya harga VGA tersebut mempunyai harga yang relatif tinggi yakni di atas 7 Juta Rupiah. Tak hanya itu, modifikasi yang dilakukan oleh VIK-on juga belum terbukti berhasil, melainkan malah membuat RTX 2070 miliknya menjadi tidak stabil Ketika menggunakan VRAM 16 GDDR6 yang telah ia beli sebelumnya.


Baca lebih lanjut tentang NVIDIA, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Daffa Dhiya

Written by Daffa Dhiya

Seorang Manusia yang lahir di bulan Desember, saat kecil sering memainkan game - game konsol, dan kini berpindah menuju PC dan mempunyai kesenangan terhadap Racing games, dan Adventure, Interactive games.