Youtuber Ini Gunakan Motor Induksi Sebagai Vibration dalam Game, Getarkan Semua Barang di Meja

in ,
Motor Induksi untuk getaran bermain game

Vibrasi atau getaran dari controller sudah menjadi hal yang biasa untuk pemain console, bahkan berbagai macam variasi dari fitur yang sama muncul di tiap generasi. Sony terus menghebohkan haptic feedback di controller Dualsense PS5 dan Nintendo menyebut getara di Joycon sebagai HD rumble. Sayangnya mouse dan keyboard di PC tak pernah miliki fitur semacam itu, setidaknya untuk sekarang.

Untuk memberikkan kesan getaran yang imersif, Jatin Patel yang seorang developer iOS mencoba bermain game PC menggunakan mesin motor induksi sebagai penghasil getaran. Hasilnya? Mungkin terllau imersif hingga semua barang di atas meja mau roboh tiap kali menembak.

Bisa dilihat di video di atas, keyboard dan monitor terus bergoyang sana-sini karena getaran yang dihasilkan mesin, khususnya pada saat melakukan tembakan berterusan seperti dari machine gun. Untuk memperbaiki masalah tersebut, ia menempelkan belasan plester untuk melekatkan monitor dan peripheral lainnya, namun tetap saja bermain game tidaklah seapik yang ia kira.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.