Youtuber Ini Temukan Malfungsi Pada Motherboard ASUS Z690

Malfungsi Motherboard Asus Z690

Kehadiran prosesor terbaru dari kubu biru Intel dengan codename Alder Lake, membuat para produsen berlomba-lomba untuk membuat motherboard. Di antaranya adalah ASUS, yang merupakan pemain lama dalam membuat ‘rumah’ untuk prosesor yang ada di pasaran kini. Sayangnya, tak semua berjalan mulus, karena Youtuber ini temukan malfungsi pada motherboard ASUS Z690.

Bukan Motherboard Biasa

Youtuber bernama Buildzoid, melalui kanal Youtube miliknya Actually Hardware Overclocking, berhasil temukan malfungsi pada motherboard ASUS ROG Maximus Z690 Hero. Ia menemukan bahwa sebuah kapasitor terpasang secara terbalik pada motherboard high-end tersebut, membuatnya mampu percikkan api, bahkan bisa bakar komputermu.

Untuk meyakinkan khalayak ramai, Buildzoid pun menyandingkan gambar motherboard yang miliki kapasitor terbalik, dan yang tidak.

Sebelumnya, beberapa orang sempat menyadari hal tersebut dan menerima debug code dengan angka 53, yang berarti bahwa memory tidak terpasang dengan benar. Meski terlihat sepele, namun bila berbicara tentang komponen yang berhubungan dengan listrik, tentu hal ini bisa jadi berbahaya.

Bahkan seorang Redditor bernama TheMaxXHD, menyatakan bahwa dua motherboard kelas sultan ini rusak dalam beberapa hari, dan satu unit terbakar. Ia menulis secara rinci bagaimana kejadian tersebut bisa terjadi, dan berpikir bahwa ada yang salah dengan motherboard ASUS Z690 miliknya.

Menariknya, TheMaxXHD tak menemukan permasalahan tersebut ketika gunakan motherboard dari brand lain, bahkan berjalan tanpa masalah selama seminggu ketika menggunakannya. Hal ini membuatnya bertanya-tanya, apakah ada kecacatan atau malfungsi, khususnya pada motherboard ASUS Z690.

Tak butuh waktu lama, ASUS selaku produsen motherboard kelas sultan tersebut membuat pernyataan resmi melalui situsnya. Dalam pernyataan tersebut, tertulis bahwa mereka telah konfirmasi bahwa benar adanya permasalahan ini, dan meminta para konsumen untuk melakukan penukaran.

Meski terlihat sepele, namun pemasangan kapasitor secara terbalik ini mampu buat orang lain yang merakit komputer rugi waktu. Selain harus melakukan penukaran, konsumen harus kembali menunggu untuk dikirimkan unit motherboard yang benar-benar layak pakai.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version