YouTuber Sekaligus Streamer Populer Desmond “Etika” Amofah Tutup Usia

in

Streamer sekaligus YouTuber nyentrik nan populer bernama Desmond Amofah atau yang lebih dikenal sebagai Etika memang telah dikabarkan mengalami gangguan jiwa semenjak akhir tahun lalu. Dirinya bahkan beberapa kali harus berurusan dengan polisi dan dilarikan ke rumah sakit karena tendensi bunuh dirinya yang semakin menjadi.

Pada tanggal 9 Juni 2019 yang lalu, Etika tetiba mengunggah sebuah video permintaan maaf yang kini sudah dihapus YouTube. Dalam video tersebut, dirinya mengungkapkan banyak curhatan yang seolah diselingi dengan beragam pesan yang menunjukan bahwa ia cukup depresi dan ingin mengakhiri hidupnya. Dan semenjak saat itu, dirinya menghilang dan kepolisian New York hanya menemukan barang-barang milik Etika pada tanggal 22 Juni 2019 di jembatan Manhattan.

Tanggal 26 Juni 2019 pagi (WIB), viral sebuah video yang memperlihatkan pihak kepolisian New York mengangkat sesosok mayat di sungai timur Manhattan. Sosok tersebut diduga kuat adalah Etika, terutama karena pakaiannya sama dengan pakaian yang dikenakan Etika pada video permintaan maaf terakhirnya. Dan baru-baru ini kepolisian New York telah konfirmasikan bahwa jasad tersebut adalah benar Etika.

Lebih lanjut, melalui Kotaku, pihak kepolisian New York memberikan sedikit penjelasan terkait penemuan jasad Etika.

Pada pukul 18:18 kemarin (waktu setempat), polisi merespon panggilan darurat akan seseorang yang ditemukan mengambang di sekitar South Street Seaport yang menjadi area dari 1st Precinct. Saat tiba di TKP, petugas mendapati sosok laki-laki yang tidak dikenal dan tidak responsif. Pelabuhan NYPD memindahkan laki-laki tersebut ke Pier 16, dimana EMS (Emergency Medical Service) menyatakan bahwa dirinya telah meninggal. Pihak medis akan memeriksa penyebab kematiannya dan investigasi masih berlanjut. (red)

—NYPD

Etika mulai berkarir membuat video di YouTube semenjak tahun 2012. Selama tujuh tahun tersebut, Etika diketahui telah memiliki lebih dari 800.000 fans setia yang dirinya panggil sebagai JoyCon Boyz, dari platform YouTube maupun Twitch. Walau memang terkadang konten yang dirinya buat terkadang cukup ofensif, vulgar dan kontroversial, Etika tetap dicintai oleh para fansnya, bahkan hingga saat-saat terakhirnya.

Bersamaan dengan ini, penulis yang sekaligus mewakili Gamebrott, turut berduka cita atas meninggalnya Etika sebagai salah satu sosok influencer terbaik dalam industri video game. Dan berharap kedepannya tidak akan ada lagi kejadian seperti ini.

Jika kamu memiliki keluarga, teman atau kerabat yang memiliki tendensi bunuh diri, Indonesia juga mempunyai beberapa layanan untuk konseling maupun pencegahan bunuh diri. Salah satu yang penulis rekomendasikan adalah melalui SaveYourself.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]