Youtuber Tes Performa Gaming dari Hardware yang Dia Beli Semurah Mungkin

maxresdefault 40

Dari seluruh platform gaming yang ada, PC diunggulkan oleh framerate dan kualitas grafis yang lebih tinggi ketimbang console. Belum lagi dengan beberapa ekstra lainnya seperti mod dan emulator yang hingga saat ini masih berjaya di platform ini. Sayangnya untuk dapatkan PC yang “optimal”, kamu akan perlu budget yang tinggi. Tidak semua orang punya uang banyak untuk membangun PC idaman mereka, membuat mereka harus mau tak mau bertahan dengan PC seadannya untuk bermain game.

Namun bagaimana jadinya ketika kamu benar-benar kere, tetapi mau bermain game di PC? Inilah yang dicoba oleh Youtuber satu ini bernama RandomGaminginHD. Pria satu ini mencoba untuk mengetes performa gaming dari komponen hardware yang dia beli semurah mungkin.

Tes pertama yang dia coba adalah performa gaming dari graphic card yang dia beli seharga $1.55. Dengan campuran beberapa komponen hardware lain yang lebih “modern” seperti i5 4460 dan 8GB DDR3, dia tes performa gaming dari GPU tersebut pada Bioshock Infinite, Crysis, Counter Strike: Global Offensive dan Metro Last Light.

Dari video diatas ini, hasilnya cukup mengejutkan. Meskipun semua game dimainkan di setting low, framerate yang didapatkan benar-benar diluar ekspektasi khususnya pada CS:GO yang mencapai 85 FPS dengan GPU yang lebih murah 10 kali lipat dari harga game itu sendiri.

Tes kedua yang pria ini lakukan adalah dengan CPU yang dia beli dengan harga $1.20. Pada test kali ini dia gabungkan CPU tersebut dengan GTX 1060 dan 4GB DDR4 ram dan dites pada game Crysis 3, Dirt Rally, Fallout 4 dan League of Legends.

Dengan CPU yang harganya lebih murah dari harga makan siangmu ini, performa gaming yang didapatkan tak begitu mengecewakan. Bahkan untuk game Dirt Rally bisa dapatkan 55 FPS, game tersebut memang diklaim teroptimisasi dengan sangat baik menurut sang Youtuber dan dia belum pernah kesulitan jalankan game ini di berbagai konfigurasi hardware yang dia tes sejauh ini.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Karena banyak komplain framerate tinggi tersebut didapatkan karena komponen harware lain yang tergolong “high-end”, Youtuber ini kembali membuat video serupa namun kali ini dia menggabungkan kedua CPU dan GPU murah tersebut untuk tes performa gaming.

Dengan hardware dengan harga total $2.75, tentu saja game yang bisa dimainkan hanya game-game lama seperti Half Life 2, Far Cry, Grand Theft Auto IV dan League of Legends. Hasilnya? Lihat saja sendiri.

Tak cukup sampai disini, RandomGaminginHD lagi-lagi mengupload video yang serupa beberapa hari yang lalu, namun kali ini semua komponen PC dibeli dengan jumlah uang yang ada dikantongnya yaitu sebanyak $2.18. Berikut adalah spesifikasi yang dia dapatkan dari uang serendah itu:

Untungnya dia dapatkan case, power supply dan lainnya secara gratis dari pembelian PC murah ini. Dan kini dia siap tes performa gaming dari “kentang” tersebut pada game yang sudah tua, Half Life 2 dan Far Cry.

Dengan PC bermodal uang receh ini, didapatkan framerate yang tergolong tak begitu buruk untuk bermain game lama. Sang Youtuber sendiri merasa bangga dapat mendapatkan PC semurah ini, meskipun dia mungkin takkan pernah gunakkan lagi untuk kedepannya.

Meskipun tak mampu bermain game baru dengan framerate yang bagus, tampaknya sudah untung besar untuk bisa dapatkan PC yang bisa bermain beberapa game dengan modal lebih murah dari kentang asli. Apakah kamu tertarik untuk mencoba hal yang serupa?

Exit mobile version