Yuk Intip Kerennya Pembuatan Sound Final Fantasy XIV

HW

Kamu yang sudah bermain Final Fantasy XIV Heavensward pasti tidak asing lagi dengan sound dan musik khas Final Fantasy. Game MMORPG berstandar buy to play & pay per subscription yang bisa kamu nikmati di PS3, PS4, dan PC ini selalu hadir dengan musik yang tidak murahan dan terkadang sangat epic untuk dinikmati dan dirasakan. Musik dan sound merupakan salah satu elemen terpenting di Final Fantasy XIV karena bisa membuat kita merasakan dunia dan atmosfir Final Fantasy XIV. Tentunya hal ini membuat kami penasaran dan bertanya-tanya bagaimana sound dan musik sebagus Final Fantasy XIV ini dibuat.

Beruntung Square-Enix menjawab semua pertanyaan dan rahasia dibalik sound design Final Fantasy XIV. Melalui akun YouTube resminya, Square-Enix baru saja meluncurkan part pertama dari developer diary terbaru Final Fantasy XIV. Pada part pertama ini, kita akan menilik lebih dalam bagaimana musik dan sound dari Final Fantasy XIV dibuat.

Dalam video ini, Lead Sound Director Soken Masayoshi menerangkan bagaimana tantangan membuat sound dan musik dalam game MMORPG dan bagaimana dia harus membawa kesan kegelapan agar sesuai dengan tema expansion Final Fantasy XIV, Heavensward. Sementara Sound Designer Nakashima Yousuke dan Battle Sound Designer Kinuya Go juga menjelaskan beberapa peran mereka dalam membuat sound effect. Nakashima Yousuke yang bertugas membuat sound environment menjelaskan bahwa dia membuat sound environment serealistis mungkin agar dapat dirasakan oleh player. Lain halnya dengan Nakashima Yousuke, Kinuya Go yang diberi tanggung jawab untuk membuat battle sound menjelaskan beberapa sound effect yang harus dia buat, mulai dari sound effect ketika damage ringan hingga berat menimpa player. Dia juga sangat senang ketika sound effect buatannya, terutama sound effect Limit Break bisa memberikan efek takjub dari para player.

Soken juga menambahkan bahwa, sound design Final Fantasy XIV Heavensward merupakan sound MMORPG yang pertamakali membuat player tidak dapat menerka sound tersebut nyata atau tidak. Dia juga sangat senang jika sound design buatannya dan timnya bisa menggerakkan hati para player untuk ikut merasakan dunia Final Fantasy XIV.

Exit mobile version