Yuk Lihat Bagaimana Kerennya Proses Animasi Cuphead Dibuat


Add Friend

Diakui atau tidak, salah satu poin utama yang paling menarik perhatian dari game Cuphead tentunya adalah artsyle ala film kartun pada tahun 1930-an yang diusung. Ditambah dengan animasi yang dibuat terlihat otentik dan klasik meskipun dijalankan di resolusi Full HD 60 fps. Tim dari Studio MDHR dengan cerdik menyajikan pengalaman video game klasik yang mungkin belum pernah dirasakan oleh para gamer sebelumnya. Namun, tahukah kamu bahwa semua animasi yang dibuat di dalam game Cuphead merupakan gambar manual yang dikerjakan layaknya film-film kartun klasik di jaman dulu.

Tahapan-tahapan mulai dari menggambar desain karakter, memberinya animasi dengan menggambar secara manual di kertas frame ke frame, ditebali menggunakan tinta, hingga diwarnai dengan teknik cat air untuk memberikan sentuhan retro. Hal yang sama juga dilakukan untuk latar belakang unik yang ada di tiap levelnya. Bahkan setiap animasi yang ada di dalam game Cuphead dibuat dalam 24 frame per detik, meskipun gamenya sendiri berjalan mulus di 60 fps. Untuk memberimu gambaran bagaimana proses animasi yang dilakukan oleh Studio MDHR kamu bisa melihat video di bawah ini:

 

Terbayang berapa banyak tenaga dan usaha yang dicurahkan dari tim MDHR untuk membuat setiap bagian dalam game Cuphead dengan teknik tersebut untuk nantinya akhirnya dimasukkan ke dalam komputer untuk diolah kembali menjadi sebuah game. Maka sepertinya tidak berlebihan jika kita mengapresiasi Studio MDHR yang telah menyajikan suatu pengalaman yang berbeda bagi para gamer. Dan sebagai tambahan, untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai bagaimana animasi Cuphead dikerjakan. Kamu bisa menonton video di bawah ini yang berisi lebih lengkap mengenai proses animasi yang dilakukan hingga filosofi dari style yang digunakan oleh Studio MDHR. Usahakan untuk meluangkan waktu dan kuotamu karena video yang satu ini berdurasi hampir 30 menit.