10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai

game mobile anime fandom

Game anime menjadi salah satu sub-genre yang digemari oleh para gamer, terlebih para pecinta pop kultur Jepang. Game dengan style animasi khas Jepang ini memiliki daya tariknya sendiri, baik itu dari segi cerita, gameplay maupun penampilan grafis. Tidak hanya di konsol ataupun PC saja, game anime juga banyak sekali bisa kalian temukan pada platform mobile Android maupun iOS. Dan tentu saja game mobile anime ini memiliki fandom atau kelompok komunitas penggemarnya masing-masing.

Namun tidak jarang pula kita dengar bahwa suatu fandom game mobile anime disebut sebagai fandom toxic. Itu karena fandom game tersebut sering membuat drama ataupun hal-hal lainnya yang dapat mencemari komunitas game-nya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 10 game mobile anime terpopuler dengan fandom paling paling santuy dan damai. Daftar ini berdasarkan pengalaman penulis bergabung suatu komunitas game mobile anime dan juga informasi yang didapatkan berdasarkan tanggapan orang terhadap fandom tersebut.

Maksud fandom paling santuy dan damai di sini berfokus pada komunitas yang jarang muncul sebuah drama yang sangat viral. Selain itu, hanya sedikit orang mencap fandom tersebut sebagai fandom atau komunitas yang dipenuhi pemain toxic.

Inilah 10 game mobile anime terpopuler dengan fandom paling paling santuy dan damai!

1. Alchemy Stars

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 15

Game mobile anime terpopuler dengan fandom paling paling santuy pertama dalam daftar ini adalah Alchemy Stars. Game buatan developer TOURDOG Studio rilis pertama kali pada 17 Juni 2021 secara global untuk platform Android dan juga iOS.

Alchemy Stars menghadirkan gameplay tactical RPG yang sangat menarik. Sama seperti game mobile anime lainnya yang menghadirkan sistem gacha, game ini memiliki berbagai macam karakter dengan kemampuan unik mereka masing-masing. Setiap karakter punya peran mereka sendiri dalam party. Dan tentu saja ada karakter yang berpotensi menjadi waifu serta husbando bagi para fandom.

Sejak pertama kali rilis hingga saat ini (18/1), saya tidak pernah mendengar sebuah drama viral pada fandom ini. Mungkin ada sebuah kasus dimana salah satu dari sekian banyak pemain melakukan hal-hal toxic di dalam grup komunitasnya. Namun hal tersebut tidak sampai viral bahkan diketahui komunitas lain ataupun gamer yang tidak memainkan game ini.

2. Arknights

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 16

Daftar selanjutnya adalah salah satu game mobile anime yang masih saya mainkan, yaitu Arknights. Satu hal yang saya suka pada game ini adalah komunitasnya yang santai dan tidak membuat masalah besar yang dapat mencemarkan nama baik fandom Arknights.

Game ini dikenal sebagai game mobile anime dengan cerita dunia yang gelap dan penuh politik. Arknights menghadirkan permainan seru ala tower defense disertai elemen tactical RPG menarik.

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 17

Meskipun memiliki cerita dark, bukan berarti komunitasnya dipenuhi suasanya yang gelap juga. Fandom Arknights dipenuhi berbagai candaan unik dan menarik, baik itu di dalam game maupun candaan yang berasal dari pemain lain. Mulai dari “Kotak Susu” dan yang paling terkenal “Kyaa Skadi” yang menjadi asal usul “Kyaa Eula” aslinya berasal dari komunitas ini. Jarang sekali saya mendengar adanya drama yang dapat mencemarkan nama komunitas game Arknights.

Jadi sudah pasti game mobile anime Arknights masuk dalam daftar fandom paling santuy dan damai.

3. Girls’ Frontline

Kemudian ada game yang penuh trauma dan depresi buatan developer MICA Team yang berjudul Girls’ Frontline. Game mobile anime moefikasi senjata api ini rilis pertama kali pada 20 Mei 2016 di Cina dan juga disusul perilisannya untuk server luar salah satunya adalah Global dengan bahasa English.

Fandom Girls’ Frontline sangat jarang terdengar ada masalah drama besar dari pemain di komunitasnya. Bahkan dari sekian banyak friendlist saya yang memainkan game ini di sosial media, jarang sekali mereka mengeluh ataupun menunjukkan rasa kesal yang berlebihan. Gacha construct senjata ampas, itu sudah biasa bagi mereka.

Memang ada beberapa event spesial yang memiliki suasana happy dan ceria. Tapi rata-rata pemain Girls’ Frontline lebih sering depresi karena ceritanya. Mungkin mereka tidak ada waktu untuk bikin drama karena terlalu banyak momen PTSD yang dialami oleh karakter yang ada di game Girls’ Frontline.

4. Princess Connect! Re:Dive

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 18

Selanjutnya ada game sejuta putri cantik yang menjadi ciri khas game milik Cygames. Game tersebut berjudul Princess Connect! Re:Dive. Game yang menghadirkan petualangan fantasi dengan karakter-karakter yang waifuable sangat cocok untuk para pengemar game mobile anime.

Berbagai gadis cantik, imut, lucu dan menggemaskan bisa kalian dapatkan pada game ini (syarat dan ketentuan berlaku). Tidak heran jika developer Cygames paham apa yang diinginkan para pemain pada genre game seperti ini.

OxO

Dengan banyaknya pilihan karakter waifu dalam game, seakan-akan para pemain dibuat diam oleh Cygames agar mereka tetap fokus untuk mendapatkan karakter idaman mereka. Memang ada beberapa kontroversi yang terjadi pada game ini mulai dari masalah internal sampai masalah protes yang terjadi di komunitas terhadap perilisan versi Global. Namun hal tersebut seakan-akan tenggelam begitu saja mengingat fandom game Princess Connect! Re:Dive terlalu fokus untuk grinding dan farming demi waifu mereka.

5. The Idolmaster Series

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 19

Game mobile anime terpopuler dengan fandom paling santuy selanjutnya dalam daftar ini adalah seri game idol yang sudah tidak asing lagi, yaitu seri The Idolmaster. Salah satu game yang memiliki nama besar di industri video game dengan tema idol dan disebut memiliki komunitas terpopuler dan terbesar di Jepang.

Berawal dari game simulasi sebagai manager idol sampai game rhythm, game ini memiliki jejak perjalanan yang sangat panjang dan bisa populer dikalangan para penggemar pop kultur Jepang. Berkat kepopulerannya yang kian naik, akhirnya dirilis berbagai macam cabang agensi baru dan karakter baru, mulai dari The Idolmaster Cinderella Girls, The Idolmaster Shiny Festa, The Idolmaster SideM yang berfokus pada idol pria dan masih banyak lagi.

Fandom ini pernah beberapa kali terjadi persaingan antar pemain dalam komunitas yang biasanya membahas waifu ataupun husbando favorit mereka. Bukan itu saja, komunitas pemain ini juga sering ditemukan bersaing dengan komunitas game idol lain untuk menunjukkan bahwa game mereka adalah yang terbaik.

Kedua persaingan di atas bukan berarti saya mencap fandom ini sebagai fandom toxic. Dari apa yang saya pantau komunitasnya, sebenarnya hal tersebut sudah biasa terjadi di sana. Apalagi game anime seperti The Idolmaster memiliki banyak sekali karakter menarik untuk para pemain. Aslinya fandom ini santuy saja dan lebih sering mendiamkan diri daripada menjadi pusat perhatian banyak orang sampai merusak nama komunitasnya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Btw, “Minami Nitta is best idol” change my mind….

6. BanG Dream! Girls Band Party

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 20

Masih seputar game rhythm, fandom game selanjutnya dalam daftar ini adalah BanG Dream! Girls Band Party. Game yang mengusung tema idol grup band ini dibuat oleh developer Craftegg dimana pihak Pubsliher adalah Bushiroad yang sudah terkenal dalam merilis produk-produk pop kultur Jepang, seperti manga dan anime.

Sama halnya dengan The Idolmaster, fandom BanG Dream! Girls Band Party terlihat sangat santuy dan damai sentosa. Ada beberapa informasi dimana komunitas tersebut terdapat drama, namun hal tersebut tidak sampai terlalu viral hingga memperburuk nama fandom BanG Dream! Girls Band Party.

Biasanya mereka hanya membahas grup band ataupun karakter favorit mereka yang ada dalam game. Selain itu, mereka juga sering membahas hal hal random lainnya seperti lagu baru dan juga adaptasi anime-nya terlebih pada adaptasi anime spin-off berjudul BanG Dream! Girls Band Party! Pico.

Ada banyak candaan yang sering mereka bahas pada anime tersebut. Salah satunya adalah menghitung karakter yang mati (padahal sebenarnya tidak) di setiap episode-nya. Sesuai dengan tema mereka, game ini menghadirkan fandom yang ceria dan juga fun untuk kalian ikuti.

7. Uma Musume Pretty Derby

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 21

Selanjutnya ada game mobile anime yang terus menduduki peringkat 10 besar sebagai game mobile terpopuler di Jepang, yaitu Uma Musume Pretty Derby. Game moefikasi pacuan kuda dari Jepang buatan Cygames ini sangat populer bahkan mendapatkan dukungan dari para pemilik pacuan kuda asli beserta penggemarnya.

Menghadirkan para gadis Uma Musume dengan berbagai karakteristik, penampilan dan kemampuan yang menyesuaikan dengan kuda asli di dunia nyata. Selain itu, kalian juga harus merawat, melatih dan mempertandingkan mereka dengan Uma Musume lainnya dalam jalur pacuan. Kalian juga bisa menjadikan mereka sebagai sosok idol yang dapat tampil dalam panggung mewah dengan kostum spesial mereka.

Di komunitasnya sendiri, pemain Uma Musume Pretty Derby terlalu sibuk melatih kuda moefikasi favorit mereka agar menjadi yang terbaik dibandingkan kuda milik pemain lain. Tidak ada waktu bagi mereka berseteru dengan pemain lain ataupun komunitas game mobile lain. Mereka juga aktif berdiskusi mengenai beberapa trik dan tips karakter dalam game ini.

Meskipun beberapa waktu yang lalu pernah mendengar fandom Uma Musume Pretty Derby sedang protes terhadap Cygames karena gameplay-nya, namun itu hanya sebagai bukti mereka sayang terhadap game ini. Mereka hanya menginginkan keseruan yang lebih dari apa yang ada pada game.

8. Honkai Impact 3rd

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 22

Selanjutnya ada game senior Genshin Impact yang menjadi konsep serta basic dasar gameplay action RPG buatan miHoYo, yaitu Honkai Impact 3rd. Game yang rilis di berbagai platform gaming termasuk Android dan iOS ini menghadirkan berbagai mode gameplay mulai dari stage linier, challenge sampai mode open world yang penuh aksi.

Meskipun saya baru bergabung bermain Honkai Impact 3rd sekitar 3-4 bulan, saya sudah merasa nyaman dengan kelompok fandom ini. Dari sekian banyak game mobile anime yang saya mainkan (selain game Arknights), Honkai Impact 3rd adalah satu satu fandom game paling santuy.

Gimana tidak, rata-rata pemain game ini sering membahas topik betapa cantik dan seksinya karakter yang ada pada game Honkai Impact 3rd. Hal ini membuat para pemain seakan-akan kesurupan memuja para gadis dan berteriak “UWWWWOOO SEEEEEGS” di setiap kesempatan. Belum lagi postingan di grupnya lebih sering memperlihatkan kecantikan dan betapa seksinya karakter favorit mereka.

9. Azur Lane

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 23

Sama halnya dengan Honkai Impact 3rd, fandom Azur Lane dipenuhi pemain yang memiliki selera culture yang tinggi. Game ini dengan berani menampilkan para gadis kapal hampir menembus batas rating antara game untuk umum dengan game rating R-18 alias game forno.

Game yang dikembangkan oleh Yongshi dan Manjuu berhasil mencuri perhatian banyak orang menghadirkan para gadis-gadis kapal dengan berbagai macam proporsi badan, mulai dari kecil, dewasa hingga yang “oversized” asetnya.

Para pemain di komunitas game Azur Lane hanya bisa berserah diri dengan desain para gadis kapal yang toweweweew sampai yang bisa bikin kalian masuk penjara karena suatu hal (if you know what i mean).

10. Action Taimanin

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 24

Game mobile anime terpopuler dengan fandom paling santuy terakhir dalam daftar ini adalah Action Taimanin. Game action hack n slash buatan developer LiLith ini pertama kali rilis untuk platform Android dan iOS pada 24 Desember 2019 di Jepang. Kemudian disusul perilisannya untuk global di PC dan juga perangkat smartphone.

Fandom game ini dikenal sebagai orang yang memahami asal usul game yang mereka mainkan berasal dari produk sebuah game visual novel dewasa. Belum lagi dengan beberapa adaptasi anime dewasa yang sudah diketahui oleh banyak orang.

Jadi kalaupun kalian mengejek fandom ini dengan mengatakan “game-nya forno”, mereka dengan jawab “ya” secara berani dan blak-blakan. Jadi menghina seperti itu tidak akan bekerja sama mereka. Para pemainnya pun saling menghargai karakter favorit mereka satu sama lain yang rata-rata memiliki ukuran yang HONKA DONKA BADONKAS.

Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai Lainnya

10 Game Mobile Anime Terpopuler dengan Fandom Paling Santuy dan Damai 25

Selain 10 judul game di atas, masih ada game mobile anime lainnya yang memiliki fandom santuy dan terlihat jarang memiliki drama viral yang dapat mencemarkan komunitas dan game-nya sendiri. Berikut game mobile anime terpopuler dengan fandom paling santuy lainnya:

Itulah informasi mengenai 10 game mobile anime terpopuler dengan fandom paling santuy dan damai. Apakah game mobile anime favorit kalian masuk dalam daftar ini?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Mobile, Game Anime, Game Android, Game iOS atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version