10 Game PC MMORPG Terbaik yang Bisa Kamu Download di Steam Kapan Saja

gabe MMO

Steam memang adalah surga bagi para gamer PC di Indonesia. Selain dikenal akan diskonnya yang bisa membuatmu mabuk kepayang, platform kepunyaan Valve yang satu ini juga menyediakan begitu banyak pilihan game-game yang dapat menyesuaikan kebutuhan genremu secara biologis. Bila ada kalanya kamu merasa bosan dengan game yang mengharuskanmu untuk bermain secara mandiri, kumpulan game PC MMORPG yang sudah begitu banyak terpampang di sana bisa menjadi satu solusi yang dapat mengobati rasa kemonotonan di hidupmu.

Akan tetapi, memilih game MMO mana yang cocok dari ratusan game yang Gaben izinkan untuk bersemayam di Steam sebenarnya tidaklah semudah memasak indomie dengan satu mata tertutup. Karena kamu mungkin perlu membutuhkan semacam “pegangan” agar tidak terlalu tersesat pada sebuah kekecewaan yang mendalam. Sehingga lewat hal tersebut, hati kami merasa tergerak untuk merekemondasikan game-game MMO beraliran RPG apa saja yang sekiranya pantas untuk kalian mainkan. Berikut adalah nama-nama gamenya:


10. Neverwinter

Game MMORPG fantasy yang banyak diilhami dari game Dungeon & Dragons. Terlihat lebih banyak ingin menonjolkan aksi combat yang menyenangkan mata beserta dengan penyajian lore dan fitur kustomisasi yang cukup menggugah selera, Neverwinter adalah salah satu pilihan awal yang bagus buatmu untuk memainkan salah satu game online RPG di Steam. Terutama karena adanya fakta bahwa game ini bisa kamu mainkan secara gratis alias Free to Play.

Link Steam: Neverwinter


9. Dungeons & Dragons Online

Bila Neverwinter menurutmu terasa kurang orisinil karena banyak mengambil unsur D&D di dalamnya, kalian juga punya pilihan untuk memainkan langsung versi asalnya di Steam dengan nama Dungeon & Dragons Online. Game ini adalah game yang benar-benar mewujudkan mimpi nyata para penggemar D&D zaman tabletop untuk diangkat ke dalam sebuah media yang jauh lebih ambisius. Dengan spesifikasi minimun yang jauh lebih ringan dari Neverwinter plus F2p, D&D online tetap merupakan satu pilihan yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Link Steam: Dungeon & Dragons Online


8. EverQuest II

EverQuest II adalah salah satu game MMORPG yang menawarkan berjibun fitur yang dapat membuatmu lupa daratan ketika sedang bermain. Terutama disebabkan oleh adanya suatu kekompleksitan gameplay yang menuntutmu untuk terus khusyuk memahami berbagai indeks dan semiotika yang dihadirkan oleh game ini. Selain itu, seri kedua dari Everquest tersebut juga ingin menunjukan suatu kultur MMO yang hangat dengan asas norma-norma kekeluargaan yang sangat membantu untuk ukuran game F2P.

Link Steam: EverQuest II


7. Rift

Meski bertema fantasi, Game MMORPG ini mempunyai suatu konsep cerita unik dengan setting dunia Telara yang penuh warna. lewat adanya mekanisme tentang keberadaan retakan dimensi yang memunculkan banyak monster-monster yang harus kamu lawan, banyak orang seringkali menyebut bahwa game dengan judul Rift tersebut adalah game yang cukup pantas disejajarkan dengan game MMO buatan Blizzard seperti World of Warcraft. Hanya saja khusus untuk game yang satu ini, kamu bisa memainkannya secara gratis atau F2P.

Link Steam: Rift


6. The Lord of the Ring Online

Kamu penggemar Gandalf, dan rajin mengikuti seluruh versi novel maupun layar lebarnya ? Jika iya, nampaknya kamu perlu untuk mencoba versi game MMO dari LOTR yang berjudul The Lord of the Rings Online. Dengan membawa nama besar karya fiksi bikinan J.R.R Tolkien, game MMO ini tetap menyajikan kualitas gameplay aduhai yang dibarengi dengan besarnya dunia Midle-Earth yang penuh akan tantangan dan misteri.

Selain bahwa kamu akan menjumpai beragam kustomisasi karakter hingga fitur untuk bermain sebagai hamba Sauron, game ini pun juga dapat kamu mainkan secara cuma-cuma di Steam.

Link Steam: The Lord of the Ring Online


5. Champions Online

Penggemar Marvel dan DC boleh saja saling “berantem” untuk menentukan mana dunia komik superhero yang lebih baik. Namun, cobalah untuk mengurungkan sejenak benih-benih permusuhan yang sudah kalian tabur itu dengan menengok game yang berjudul Champions Online. Game MMO berbalut superhero ini bisa jadi dapat membuat kalian merasa bersatu kembali lewat adanya kebebasan secara F2P untuk menciptakan sesosok pahlawan super yang sesuai dengan imajinasimu.

Link Steam: Champions Online


4. Aura Kingdom

Game MMORPG Anime yang punya tampilan visual sangat “cantek”. Berjudul Aura Kingdom, game ini punya potensi untuk menjadi bahan waifu atau husbando kalian. Dunia yang disajikan di dalam game juga terlihat indah dan seakan dapat memberi tambahan efek guna-guna agar kamu semakin terpana melihat sosok karakter 2D buatan negeri sakura tersebut. Belum ditambah bahwa game ini bisa kamu download secara gratis di Steam.

Link Steam: Aura Kingdom


3. Star Trek Online

Selain LOTR, Star Trek Online adalah bentuk mimpi lain yang berhasil diwujudkan secara nyata oleh sang developer, terutama bila dikhususkan untuk para pecinta seri science fiction seperti Star Trek. Tidak hanya menyajikan perang “piuw-piuw” antar pesawat yang bisa kamu kustomsisasi luas, game ini juga menghadirkan kelengkapan fitur ground combat antar karakter dengan konten-konten misi yang kadang bisa dibuat oleh para komunitasnya sendiri secara free to play.

Link Steam: Star Trek Online


2. The Elder Scrolls Online

Walau tergolong sebagai satu-satunya game MMORPG dengan persyaratan berbayar, versi MMO dari seri Elder Scroll ini tetap adalah sebuah nyawa kedua bagi kelegendarisan franchise Elder Scroll. Dengan menawarkan aspek penjelajahan role-playing tingkat tinggi baik dari segi kustomisasi karakter, dunia map yang luar biasa luas, hingga sistem pertarungannya yang terlampau dinamis, The Elder Scrolls Online merupakan sebuah game MMORPG yang patut kamu perhatikan atau minimal harus kamu wishlist guna mencari peluang diskon yang dapat muncul secara tiba-tiba.

Link Steam: The Elder Scrolls Online 


1. Warframe

Game MMORPG free to play dengan banyak konten yang bisa kamu nikmati secara menyeluruh. Punya konsep bahwa kamu adalah sesosok yang mirip seperti ninja luar angkasa, kamu di game ini bisa merasakan serunya membantai musuh-musuh yang ada di hadapanmu dengan berbagai banyaknya pilihan senjata yang ditawarkan. Lalu jenis-jenis “ninja” dapat yang kamu kendalikan, masing-masing tipenya juga memiliki gaya bermain dan skill yang cukup unik untuk kamu coba.

Kami sendiri pun sebelumnya sempat menganugerahkan game berjudul Warframe tersebut sebagai game free to play terbaik saat ini. Sehingga tergolong sangatlah wajib bagi kalian yang ngakunya sebagai MMO mania untuk segera mendownload game Warframe di Steam atau website resminya langsung.

Link Steam: Warframe 


Demikianlah list mengenai rekomendasi deretan game-game PC MMORPG terbaik di Steam yang sekiranya cocok untuk kamu mainkan. Apabila kalian menemukan game MMO bernuansa RPG lain yang sangatlah pas dan tidak kalah kerennya dengan apa yang kami sarankan di atas, itu artinya bahwa kalian adalah seorang pemain MMO yang punya jatidiri untuk menjadi gamer yang lebih independen. Mungkin jika game MMO kurang pas, kalian bisa mencoba game pc offline ringan lainnya yang cocok dengan pribadi kalian.

Exit mobile version