10 Game PS1 dan PS2 yang Perlu di Remake Versi Gamebrott

Game Ps1 Dan Ps2 Yang Layak Di Remake Versi Gamebrott

Industri game untuk konsol akhir – akhir ini sedang ramai melakukan remake, reboot, bahkan remaster pada beberapa gamenya. Salah satu konsol yang gamenya banyak dibuat remake adalah game PS. Spesifiknya, developer mulai melirik game PS1 dan PS2 yang perlu di remake terpopuler pada era-nya lalu melakukan improvisasi seperti peningkatan visual grafis, mengubah sedikit jalan ceritanya, atau tetap mempertahankan cerita asli dan berfokus pada peningkatan visual grafis.

Walau game – game PS1 dan PS2 yang perlu di remake banyak yang berkualitas, tentu masih ada beberapanya yang menurut penulis belum layak mendapatkan remake. Kira – kira game PS apa saja yang layak dapatkan hal tersebut? Berikut penulis berikan 10 Game PS1 dan PS2 yang Perlu di Remake versi Gamebrott!

1. Silent Hill series

Sumber: Pinterest

Berbasiskan survival-horror, game ini menceritakan Harry Mason dan Cheryl, seorang Ayah dan anak ingin menghabiskan waktu dengan pergi berlibur. Namun, akibat sebuah bayangan yang tiba – tiba saja bergerak di jalur mobil membuat Mason terkejut dan banting setir hingga mobil terguling. Lama tidak sadarkan diri, ia kaget begitu mengetahui Cheryl hilang, dan satu – satunya di depan mata hanyalah sebuah kota penuh kabut bernama Silent Hill.

Diketahui sebelumnya bahwa salah seorang fans mencoba membuat remake dari seri pertama game PS Silent Hill menggunakan Unreal Engine terbaru. Hal ini sukses membuat kalangan gamer auto hype, karena game PS1 dan PS2 yang perlu di remake ini menurut penulis sangatlah worth it. Jalan cerita seru, atmosfir horor yang menegangkan, musuh berwujud menakutkan, dan berbagai puzzle di dalamnya tentu layak mendapatkan improvisasi lebih.

2. Raw Danger

Sumber: Twitter

Salah satu game PS2 yang perlu di remake selanjutnya adalah Raw Danger, alias Zettai Zetsumei Toshi: Itetsuita Kiokutachi. Bertemakan bencana alam, game ini mempunyai nilai tersendiri dalam kancah game menurut penulis. Yang membuat Raw Danger ini menarik adalah kalian akan menghadapi beragam karakter yang ceritanya saling berhubungan. Selain itu, setiap mereka juga punya pilihan dan mempengaruhi cerita bahkan karakter yang dimainkan selanjutnya.

Pada game ini, pemain akan menggunakan sumber daya alam seadanya akibat bencana banjir bandang. Caranya dengan menggunakan penghangat, mencari makanan/pakaian kering, dan tentunya menghindari rintangan yang ada.

3. Bloody Roar series

Sumber: Twitter

Selain Tekken dan Street Fighter, game PS1 yang perlu di remake selanjutnya adalah Bloody Roar series. Bagi para gamer, beberapa darimu tentu mengenali game fighter unik ini, karena para petarungnya dapat berubah menjadi seekor hewan dan punya kekuatan luar biasa. Terobosan baru inilah menjadikan Bloody Roar jaya pada era-nya, dan alasan ini pula yang membuat penulis ingin memasukkan game ini ke dalam list karena keunikannya tersebut.

Zoanthropes, sebutan untuk para petarung Bloody Roar bisa berubah menjadi hewan karena dapat berubah secara alami maupun hasil eksperimen. Contoh yang berubah alami adalah Yugo (Werewolf) didapat dari keturunan Ayahnya, sedangkan hasil eksperimen adalah Alice (Rabbit), Stun (Beetle, hasil eksperimen gagal yang menjadikan wujudnya seperti kumbang dan harus meminum darah manusia agar mampu bertahan hidup), dan banyak lagi.

4. Legacy of Kain: Soul Reaver

Sumber: Fanatical

Game PS1 yang perlu di remake selanjutnya adalah Legacy of Kain: Soul Reaver. Hingga saat ini, bagi penulis game ini merupakan salah satu judul petualangan third-person action yang paling menarik berkat penulisan, cerita, dan karakternya yang luar biasa. Walau telah di porting ke dalam PC, penulis masih berharap game ini mendapatkan improvisasi visual grafis agar dapat dimainkan di konsol kekinian.

Cerita dimulai oleh Raziel yang dihidupkan kembali berabad – abad setelah peristiwa Soul Reaver oleh The Elder God, entitas kuno terkuat. Ketika ia hidup, Nosgoth berada di ambang kehancuran badai gurun dan gempa bumi akibat tanahnya membusuk oleh ketiadaan siklus reinkarnasi oleh para vampir (diketuai oleh Kain, pilar terakhir Nosgoth yang menolak korbankan diri demi penyembuhan pilar Nosgoth) yang tidak mempunyai jiwa.

5. 102 Dalmatians: Puppies to The Rescue

Sumber: CDRomance

Cerita dimulai ketika Dottie dan Dipstick bertujuan ingin menyelamatkan anak – anak Dalmatians lainnya setelah Oddball dan Domino keluar ke halaman belakang dengan tujuan mencari harta karun. Namun, mereka malah menemukan mainan buatan pabrik mainan Cruella De Vil, di mana terkuak fakta bahwa Cruella membuat ulang mainan – mainannya sebagai mesin penangkap para hewan peliharaan, membekukan mereka dalam Super-Gloop dan menjualnya sebagai mainan hewan realistik.

Dalmatians Series adalah salah satu serial Disney yang diangkat ke dalam game. Judul ini pantas menjadi game PS1 yang perlu di remake karena menyuguhkan gameplay dan cerita menyenangkan. Selain itu, keunikan senjata – senjata ketika melawan Cruella De Vil dan ragam mini – games juga menjadikan game ini layak dapatkan peningkatan visual grafis tanpa meninggalkan unsur cerita aslinya.

6. Tenchu series

Sumber: Gameindo

Seri Tenchu menjadi salah satu game PS1 dan PS2 yang perlu di remake menurut penulis. Tenchu mempunyai elemen stealh-assassins ala ninja yang kuat pada masanya. Selain itu, cerita di dalamnya, gameplay, latar tempat, dan para boss unik juga menjadi alasan kenapa game ini membutuhkan remake. Belum lagi beberapa gaya ketika Rikimaru dkk melakukan stealth, semakin menjadikan game ini sebuah masterpiece pada masanya.

Para pemain bermain sebagai Rikimaru dan Ayame, anggota klan ninja Azuma berfokus di bidang pelayanan dan secara langsung bergantung oleh Goda Matsunoshin, penguasa provinsi. Tugas mereka berdua adalah sebagai mata – mata dan pembunuh demi berikan keamanan dan kehormata di wilayah Koda. Meskipun secara teknis Sekiro: Shadows Die Twice pada awalnya mau dibuat sebagai game Tenchu, namun pada akhirnya game tersebut dijadikan game baru. Itu karena “game Tenchu” buatan FromSoftware terlalu identik dengan game souls-like buatan mereka. Karena itulah, Sekiro: Shadows Die Twice tidak termasuk dari game Tenchu menurut para gamer.

7. Max Payne 1&2

Max Payne

Seri pertama dan kedua Max Payne juga menjadi salah satu game PS2 yang perlu di remake bagi penulis. Karena mekanisme gameplay yang diberikan oleh game ini cukup unik, termasuk slow motion ketika Payne melakukan tembakan pada musuh – musuhnya. Selain itu, pembawaan narasi ala komik mampu menjadikan kedua seri ini menjadi ikonik pada masanya.

Game tersebut menceritakan tentang seorang detektif bernama Max Payne yang berniat ingin balas dendam atas kematian istri dan anaknya yang dibantai oleh mafia obat – obatan terlarang. Kedua seri ini dikabarkan sedang dalam tahap pengembangan remake oleh Rockstar dan Remedy.

8. Tom & Jerry: In House Trap

Sumber: IDGB

Siapa yang tidak kenal dengan Tom & Jerry? Kedua karakter yang kadang akur kadang tidak ini dulu eksis di era game PS1 berjudul Tom & Jerry: In House Trap. Game ini menurut penulis pantas memasuki list game PS1 yang perlu di remake karena mekanisme gameplay sangatlah mirip dengan serial kertunnya. Hal ini menjadi keunikan tersendiri apabila dihadirkan dalam konsol kekinian nantinya.

Para pemain akan berperan sebagai Tom dan Jerry dalam splitscreen dan diharuskan mencari barang atau jebakan apapun agar dapat menang dalam permainan.

9. Def Jam: Fight for NY

Def Jam Fight for NY

Game ini sempat dibahas oleh seorang rapper terkenal yang ikut berkontribusi dalam game ini, yaitu Ice-T. Pendapat penulis bagai diwakilkan oleh sang rapper, karena ia juga ingin Def Jam: Fight for NY patut menjadi game PS2 yang perlu di remake ke dalam konsol kekinian. Selain menghadirkan ragam karakter dari rapper dan artis terkenal, cerita dan mekanisme yang disuguhkan juga tak kalah menarik dari game fighter lainnya.

Berceritakan tentang D-Mob yang ditangkap oleh kepolisian namun diselamatkan oleh seseorang yang tak dikenal dengan cara menabrakkan mobil polisi tersebut hingga terguling. Seorang saksi melihat kejadian itu dan menunjukkan ciri – ciri orang tersebut, di mana hal ini mengharuskan kita membuat original character (OC) sebagai karakter utama sepanjang jalan cerita permainan nanti.

10. Resident Evil: Code Veronica X

Sumber: A Footprints

Dan game PS1 yang perlu di remake versi penulis terakhir adalah seri Resident Evil: Code Veronica X. Penulis berharap game ini dapatkan remake karena jalan cerita yang disuguhkan masih menjadi ikonik tersendiri. Selain itu, fitur first-person shooter yang mirip seri Survivor dan Biohazard menjadikan atmosfir horornya semakin mencekam, karena pemain tidak tahu disudut mana zombie atau monster datang menyergap kita.

Certia dimulai tiga bulan setelah Chris Redfield selamat dari insiden Raccoon City. Claire, adiknya melanjutkan pencarian Kakaknya di salah satu cabang perusahaan farmasi Umbrella di Paris. Kacaunya, Claire ditahan oleh Umbrella dan dibawa paksa ke sebuah pulau. Di sanalah Claire kembali bertarung melawan monster – monster hasil percobaan Umbrella dan mencari keberadaan Chris.

Game PS1 dan PS2 yang Perlu di Remake Lainnya Versi Gamebrott

Legend of Legaia

Selain 10 game PS1 dan PS2 yang perlu di remake di atas, masih ada lagi game PS1 dan PS2 lainnya yang layak dapatkan remake, di antaranya adalah:

Oke, Brott! Itu dia 10 game PS1 dan PS2 yang layak mendapatkan remake versi Gamebrott. Kira – kira game mana nih yang kamu tunggu – tunggu banget remake-nya?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version