10 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Jika Ingin Jadi Master Assassin di Game Stealth


Follow Us

Membunuh dan lakukan infiltrasi tanpa diketahui banyak orang, merupakan inti dari permainan game bergenre stealth seperti Hitman, Splinter Cell, atau Assassin’s Creed. Ketahuan musuh? Bisa jadi kamu bakal gagal dan mengulangnya lagi dan lagi. Kamu ngga mau ‘kan mengulangi misi yang sama terus-menerus? Tenang! Hari ini kami berikan beberapa tips yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi master assassin di game stealth.

Nulis artikel dibayar

10. Sembunyi dan Mengendap-endap

Tantangan paling utama di game Stealth adalah banyaknya  musuh yang harus kamu hadapi. Untuk mengatasinya, kamu harus tak terlihat oleh musuh dengan cara sembunyi. Bersembunyi bukan karena kamu cupu, namun karena memang sudah jadi keharusan jika kamu tak ingin mengacaukan semuanya. Ingin misimu sukses? Sembunyi. Cari spot-spot sembunyi yang baik dan mengendap-endaplah layaknya maling yang haus harta, niscaya kamu (mungkin) akan sukses menjalankan misimu.

9. Kuasai Map

Sama seperti game FPS, menguasai map merupakan sebuah keharusan demi memberimu berbagai keuntungan di game stealth. Kamu bisa mengetahui apa saja yang bisa kamu manfaatkan dengan menguasai map. Atau, kamu juga bisa mencari jalan pintas demi temukan targetmu lebih cepat jika kamu telah mengetahui seluk-beluknya.

8. Observasi

Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Hal inilah yang menjadi acuan observasi. Setelah kamu menguasai map, melakukan observasi bisa menjadi penyelamatmu di saat-saat genting. Kamu bisa ketahui kebiasaan musuh, benda apa saja yang berpotensi untuk membunuh musuhmu, hingga tempat mana saja yang berpotensi menghilangkan kemampuan musuhmu.

BACA JUGA  Pencipta Para Superhero Marvel - Stan Lee Meninggal Dunia

7. Manfaatkan Sekitar

Setelah kamu observasi, langkah yang wajib kamu lakukan selanjutnya adalah memanfaatkan sekitar. Kamu bisa menembak lampu, sembunyi di balik semak-semak, atau mengutak-atik peralatan elektronik yang ada agar terjadi kecelakaan yang berakhir dengan matinya musuhmu dalam jumlah banyak.

6. Sabar

Sebuah kebiasaan yang baik, namun sangat jarang bisa dilakukan oleh semua orang termasuk saya sendiri. Selalu tanamkan pada dirimu kalau kamu saat ini sedang bermain game stealth, bukan action. Jadi, ngerambo dengan bunuh semua musuh yang ada di depan matamu bukan solusi yang tepat buat menyelesaikan misimu. Meski terkadang ada misi yang menjadikan elemen stealth sebagai opsional, namun kamu harus tetap sabar mengingat kemampuanmu dari HP hingga peralatan yang serba terbatas. Sabar merupakan kunci untuk melakukan empat tips yang sebelumnya saya jelaskan.

5. Jangan Lari, Jalan dan Merunduk

Kesalahan terbesar yang biasa dilakukan player adalah lari di game stealth. Meski hal ini wajar di game action, namun semua yang berhubungan dengan kebisingan merupakan hal krusial di game stealth. Seperti yang telah dijelaskan di poin ke-10, mengendap-endap merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Berjalan sambil merunduk merupakan langkah terbaik untuk membunuh musuhmu dari belakang atau melewatinya begitu saja.

BACA JUGA  3 Alasan Mengapa Mobile Legends Akan Segera Mati

4. Sembunyikan Mayat Korban (Hanya Game Tertentu Saja)

Meski tak semua game mengharuskanmu untuk menyembunyikan mayat, namun game sekelas Splinter Cell, Dishonored, atau Hitman menjadikannya langkah wajib yang harus dilakukan. Membunuh dan meninggalkan mayat musuhmu begitu saja akan membuat penjaga lain yang cepat atau lambat mengetahuinya. Biasanya ia akan membunyikan alarm atau menghubungi penjaga lain untuk mencarimu selama beberapa waktu. Membuatmu menunggu lebih lama lagi untuk menyelesaikan misimu.

3. Alihkan Perhatian Musuh

Saat misi berlangsung, ada kalanya kamu menemukan situasi di mana kamu dikepung oleh musuh dan tak bisa keluar dari persembunyianmu. Mau jalan ke kanan, kiri, depan, belakang ada musuh, mau terjun ada musuh, mau nyelametin sandera tapi penjagaannya ketat. Mengalihkan perhatian musuh seperti menembak benda-benda yang ada di sekitarnya atau sekedar siul dan melempar batu bisa jadi solusinya. Namun, cara ini punya kelemahan, salah satunya adalah waktu pengalihan perhatian yang tak berlangsung lama. Kamu yang tak bisa mengambil langkah yang tepat saat pengalihan berlangsung, bisa jadi bulan-bulanan musuh apabila gagal memanfaatkannya.

2. Ngga Semua Harus Dibunuh

Satu lagi kesalahan yang dilakukan player baru kalo main game stealth, membunuh semua musuh. Memang menjadi hal yang sangat baik dan menarik karena semua musuh mati, namun tahukah kamu bahwa kamu bisa menyelesaikan misimu hanya dengan membunuh targetnya saja tanpa membunuh yang lain? Bisa? Sangat bisa. Cara itu memang bisa dibilang cukup advance, namun bagi pemula, kamu bisa membunuh beberapa musuh yang kamu rasa sangat menghambat misimu. Ngga, jangan bunuh semuanya.

BACA JUGA  10 Pemandangan Terindah yang Tersaji Dalam Video Game

1. Stealth Bukan Berarti Lambat

Dengan beberapa langkah yang telah saya tulis sebelumnya, tentu banyak yang mengasumsikan bahwa pace permainan game stealth lambat. Jawabannya, engga sama sekali. Memang akan sangat lambat di awal permainan jika kamu belum mengetahui semuanya, namun begitu kamu tahu langkah apa yang harus kamu lakukan, maka kamu bisa menyelesaikan misimu dengan cepat. Beberapa game juga terkadang didesain dengan elemen stealth yang lebih cepat, salah satunya adalah Dishonored dengan kemampuan sihir yang dimiliki karakter utamanya. Sekuelnya, Dishonored 2 bahkan berikanmu kemampuan untuk melenyapkan musuhmu hingga tak berbekas setelah kamu berhasil membunuhnya. Menjadikan permainan menjadi lebih cepat dan menyenangkan.

Itulah 10 hal yang wajib kamu ketahui jika kamu ingin menjadi master assassin di game bergenre stealth. Adakah tipsmu yang tak muncul dalam list di atas? Cantumin ke komentar yaa.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+