10 Karakter Game yang Sempat Mampir ke Video Game Lainnya


Follow Us

Video game zaman now sepertinya memang sudah cukup sering kedatangan para karakter game garapan developer lainnya, atau mungkin lebih kita kenal dengan istilah crossover. Entah itu sekedar mampir ataupun menjadi karakter spesial dan disisipi sebagai easter egg, terlepas dari ada atau tidaknya kerjasama antara pihak pihak yang bersangkutan atau memang sang developer hanya iseng saja. Dan biasanya hal ini dilakukan untuk memberikan sedikit hype kepada para fans.

Mungkin bisa dianalogikan seperti mie goreng yang ditambahkan bakso atau sosis, agar rasa yang didapat lebih mantap.

Terlepas dari itu semua, trend ini memang menjadi gimmick tersendiri dalam industri video game. Maka dari itu, inilah deretan karakter game yang pernah muncul atau sekedar mampir ke video game lainnya.


1. Spider-Man di Tony Hawk’s Pro Scater 2


Karena ketika para penjahat sudah dikalahkan, apa yang lebih baik dilakukan Spider-Man saat lowong? Yep, bermain skateboard dalam Tony Hawk’s Pro Skater 2.

Untuk membuka si ‘tetangga yang baik hati ini’, pemain harus menyelesaikan permainan hingga 100% dengan custom skater, dan kemudian karakter Spider-Man akan terbuka untuk dimainkan. Doi juga punya gerakan-gerakan spesial tersendiri lho!


2. Donkey Kong di Wii Punch Out

Kameo 3

Game gelud mungkin akan mengingatkanmu pada game seperti WWE misalnya, namun game gelud garapan Nintendo ini mencoba kreatif dengan mendatangkan karakter ikonik Donkey Kong untuk pemain lawan dalam Wii Punch Out Remake.

Hadir sebagai lawan rahasia, pemain harus terlebih dahulu menyelesaikan Title Defense, kemudian Last Stand Mode akan terbuka, dan Donkey Kong akan hadir dalam mode tersebut secara random untuk pemain lawan.

BACA JUGA  Nintendo berencana membangun “Nintendo World Theme Park” sebelum Olimpiade 2020!

3. Doomguy di Duke Nukem 3D

Kameo 1

Kalian para gamer zaman old mungkin pernah memainkan game Duke Nukem 3D garapan Gearbox Software, dimana dalam game shooter ini kamu bisa menemukan The Marine atau mungkin lebih populer dipanggil sebagai Doomguy dari serial game Doom.

Jika biasanya sesosok karakter mampir ke game lain diperlakukan seperti tamu terhormat, dalam game ini sang Marine justru diperlakukan sebaliknya, yaitu diletakkan sebagai mayat pada sebuah area dengan portal neraka. Diduga hal ini sang developer Duke Nukem lakukan karena game Doom lebih sukses dan populer dibandingkan game mereka.


4. Duke di Bulletstorm: Full Clip


Masih satu developer dengan game sebelumnya, kali ini giliran sang Duke dari Duke Nukem yang muncul dalam game Bulletstorm: Full Clip Edition sebagai salah satu dari sekian banyak playable character.


5. Creepers di Borderlands 2

Masih dari Gearbox Software, kali ini game Borderlands 2 juga tidak ingin ketinggalan mengundang karakter dari game lain. Namun kali ini bukan karakter dari franchise mereka sendiri, melainkan sang Creeper yang suka meledak-ledak dari Minecraft garapan Mojang.

Serial Borderlands memang terkenal akan gameplay shooter yang kacau balau dan diselingi cerita nyeleneh para karakter-karakternya. Dan mungkin dengan menghadirkan Creeper dari Minecraft, game ini akan semakin nyeleneh dan bertambah sedikit bumbu ledakan. Tapi untung saja Enderman nggak ikut dimasukkan.


6. Sam Fisher (dan Snake) di Ghost Recon: Wildlands


Banyak bukti-bukti kongkrit bahwa game-game garapan Ubisoft berada dalam satu universe dan memang seringkali mereka menampilkan cameo antar karakter dalam game-game mereka. Sam Fisher misalnya, tokoh utama Splinter Cell ini sempat mampir kedalam Ghost Recon: Wildlands untuk sebuah misi tertentu.

BACA JUGA  Spider-Man Takkan Miliki Perubahan Siang dan Malam

Namun yang lebih menarik adalah Sam menyebutkan salah satu pria yang mirip dengannya dalam game tersebut, dimana ciri-cirinya yaitu sangat mengarah kepada Snake dari Metal Gear Solid garapan Kojima. Banyak yang beranggapan bahwa hal ini dilakukan karena Snake atau Metal Gear Solid tidak lagi berada ditangan Kojima, yang berarti kemungkinan besar tidak akan pernah ada lagi game Metal Gear Solid dengan karakter Snake didalamnya.


7. Dante di Shin Megami Tensei: Nocturne


Dante, karakter idola para remaja yang sedang memasuki masa puber ini menjadi fenomena meme internet karena sebuah video game yang justru bukan Devil May Cry yaitu, Shin Megami Tensei: Nocturne.

SMT: Nocturne merupakan game garapan Atlus yang juga populer akan serial game Persona. Entah ide gila siapa yang memutuskan Atlus untuk mengundang Dante, pihak Capcom pun mengijinkan hal tersebut, dan menghadirkan Dante sebagai salah satu lawan yang bisa pemain rekrut nantinya. Maka dari itu terciptalah sebuah meme internet dan sebuah badge yang bertuliskan ‘featuring Dante from Devil May Cry Series’.


8. Wesker, Marcus & Dom di Lost Planet 2

Kalau biasanya sebuah game hanya kedatangan satu karakter, Lost Planet 2 justru membawa lebih banyak karakter, bahkan dari dua serial yang berbeda, yaitu Marcus dan Dom dari Gears of Wars serta Wesker dari Resident Evil.

Walau memang game third-person shooter ini sendiri tidak terlalu menarik perhatian banyak fans saat perilisannya, ketiga karakter tersebut hadir dalam game sebagai unlockable character.


9. Leon dan Claire di Trick N’ Snowboarder

Baru saja diumumkan remake Resident Evil 2 pada E3 beberapa minggu yang lalu, tapi tahukah kamu bahwa dua sejoli si Leon dan Claire sempat hadir dalam sebuah game tentang snowboarding?

Resident Evil merupakan salah satu dari banyak game yang booming pada tahun 90 an. Dan tidak sedikit developer yang ingin mencicipi sedikit dari kesuksesan Capcom. Maka dari itu game seperti Trick N’ Snowboarder sempat mengundang dua karakter tersebut untuk berseluncur dan beraksi dalam sebuah pegunungan bersalju.

BACA JUGA  Inilah "Wajah Asli" Dante & Nero Dalam Devil May Cry 5

10. Andika Kangen Band aka Noctis di Tekken 7

Ah, si pangeran tampan Andika Kangen Band aka Noctis dari Final Fantasy XV, selain kesehariannya memburu monster, menghindari kejaran empire dan terus berjuang untuk menikahi sang putri Lunafreya, dirinya juga sempat diundang kedalam Tekken 7 untuk ikut gelud.

Hadir sebagai karakter DLC, dirinya dilengkapi dengan Engine Blade dan Royal Arms layaknya di Final Fantasy XV. Tekken 7 nampaknya juga memberikan Noctis sedikit backstory yang menceritakan hubungannya dengan Lars. Namun yang jelas Noctis merupakan karakter yang pastinya memeriahkan Tekken 7.


Itulah beberapa karakter game yang pernah mampir ke video game lainnya. Terlepas dari ini sekedar gimmick belaka atau tidak, nampaknya hal ini memang bisa menjadi angin segar ataupun hiburan sesaat bagi para fans dari karakternya maupun video game itu sendiri. Kamu juga bisa cek beberapa game yang memang khusus crossover disini.

Nah, apakah kamu memiliki karakter favorit tersendiri atau tahu lebih banyak karakter-karater yang juga pernah hadir dalam video game lainnya? Yuk share pendapatmu di komentar!


Like it? Share with your friends!