10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang

Komunitas video game Jepang

Perkembangan industri video game tidak akan lepas dengan peran penting dari para komunitas penggemarnya. Setiap developer, publisher maupun seri game tidak bisa apa-apa tanpa dukungan dari gamer. Suatu video game akan sukses dan populer apabila game tersebut mendapatkan respon positif dari pemain dan terciptanya sebuah komunitas penggemarnya sendiri. Hal ini berlaku baik itu penggemar dari Indonesia, Amerika bahkan Jepang.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 10 komunitas video game terpopuler, terbesar dan paling ramai yang ada di negara Jepang. Daftar ini berdasarkan hasil pengamatan penulis selama mengikuti perkembangan suatu seri game buatan Jepang dari dulu hingga sekarang.

Sekadar mengingatkan, nomor pada daftar di sini tidak mewakili bahwa komunitas tersebut merupakan komunitas game terpopuler ataupun terbaik dibandingkan yang lain. Hal ini bertujuan agar tidak terjadinya sebuah persaingan antar komunitas satu dengan yang lain.

Inilah 10 komunitas video game terpopuler, terbesar dan paling ramai di Jepang!

1. Touhou Project

Jika berbicara mengenai komunitas video game di Jepang, hal pertama yang terbenak dalam pikiran penulis adalah komunitas game Touhou Project. Komunitas ini sudah ada sejak lama bahkan sebelum saya mencoba bermain video game untuk pertama kali ataupun memiliki hobi sebagai pecinta pop kultur Jepang.

Touhou Project atau Touhou merupakan sebuah franchise dengan berbagai genre game yang berfokus pada bullet hell shoot ’em up. Game ini dibuat oleh Jun’ya Ota atau akrab dipanggil ZUN. ZUN membuat game-nya pertama kali pada 15 Agustus 1997 dalam acara Comiket 52 yang berlangsung di Jepang. Game dengan judul Highly Responsive to Prayers (Touhou Reiiden) menjadi awal dari perjalanan seri Touhou.

ZUN terus mengembangkan game ini secara independen mulai dari mengerjakan skenario, cerita, musik, programming, grafis dan lainnya. Game ini dirilis setiap acara Comiket sebagai sebuah game doujin soft.

Butuh waktu yang cukup lama untuk ZUN bisa mempopulerkan franchise miliknya ini dari awalnya bekerja sendiri secara independen. Dan pada akhirnya dia mendapatkan sebuah kesemptana bekerja sama suatu perusahaan developer game. Setelah proses panjang, akhirnya game Touhou sukses serta memiliki banyak penggemar seperti saat ini. Bahkan kepopuleran Touhou Project ini sampai ke para penggemarnya yang ada di luar Jepang bahkan di Indonesia.

Touhou Project bahkan menjadi sebuah cult tersendiri bagi para penggemarnya. Tidak hanya itu saja, ada banyak sekali daftar judul game Touhou yang telah rilis saat ini. Mulai dari game yang merupakan plot utama seri Touhou yang dibuat oleh Zun sampai sebuah fangame yang dibuat oleh penggemarnya sendiri berdasarkan seri game favorit mereka.

2. The Idolmaster

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 18

Selanjutnya ada franchise seri game populer yang masih eksis dalam persaingan dunia idol anime di Jepang, yaitu The Idolmaster. Seri ini pertama kali dibuat oleh Bandai Namco Entertainment (dulunya Bandai) yang biasanya merilis game berupa simulasi idol dan juga game rhythm.

Game ini diawali dengan 10 para gadis idol dalam agensi 765 Production (765 Pro), yaitu Haruka Amami, Chihaya Kisaragi, Yukiho Hagiwara, Yayoi Takatsuki, Ritsuko Akizuki, Azusa Miura, Iori Minase, Makoto Kikuchi, Ami Futami dan Mami Futami. Kemudian ditambah 3 member lagi, yaitu Miki Hoshii, Hibiki Ganaha dan Takane Shijo.

Berawal dari game simulasi sebagai manager idol sampai game rhythm, game ini memiliki jejak perjalanan yang sangat panjang dan bisa populer dikalangan para penggemar pop kultur Jepang. Berkat kepopulerannya yang kian naik, akhirnya dirilis berbagai macam cabang agensi baru dan karakter baru, mulai dari The Idolmaster Cinderella Girls, The Idolmaster Shiny Festa, The Idolmaster SideM yang berfokus pada idol pria dan masih banyak lagi.

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 19

Meskipun saat ini sudah ada banyak sekali game ber-genre idol, franchise The Idolmaster masih sangat populer di berbagai negara. Bahkan ada juga sebuah joke tersendiri dimana penggemar The Idolmaster yang sudah lama mengikuti franchise game ini merupakan seorang sepuh dan suhu atau guru yang dihormati.

3. Tsukihime Series dan Fate Series (Nasuverse)

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 20

Kemudian ada franchise game yang lahir dari sebuah game doujin soft seperti Touhou Project dalam bentuk video game visual novel, yaitu seri Tsukihime dan seri Fate/Stay Night atau Fate Series. Kedua game tersebut menjadi awal kesuksesan Kinoko Nasu sebagai penulis cerita dan Takashi Takeuchi sebagai artist yang mendesain karakter.

Tsukihime adalah game visual novel eroge atau game dewasa pertama Kinoko Nasu dan Takeuchi yang rilis pada 29 Desember 2000 dalam acara Comiket. Menceritakan sebuah kisah hidup penuh bahaya Shiki Tohno yang mengalami berbagai macam insiden, mulai dari vampire sampai pembunuhan masal yang terjadi di kota tempat tinggalnya.

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 21

Sementara itu, Fate/Stay Night yang menjadi awal mula kesuksesan Fate Series berasal dari game visual novel eroge juga seperti Tsukihime. Fate/Stay Night menceritakan sebuah perang antar Magus dalam memperebutkan sebuah alat pengabul permintaan bernama Holy Grail War.

Protagonist Shirou Emiya terjebak dalam perang tersebut dan mau tidak mau ikut campur sebagai salah satu peserta. Dengan sosok yang disebut Servant yang berasal dari sosok karakter bersejarah dipanggil dalam perang ini, para Magus berperang satu sama lain dan saling membunuh untuk menjadi orang terakhir bertahan dan mendapatkan alat pengabul permintaan tersebut.

Tsukihime dan Fate/Stay Night menjadi awal mula kesuksesan penulis Kinoko Nasu dan Takashi Takeuchi sebagai perusahaan dibawah nama TYPE-MOON. Berbagai macam sekuel, prekuel, spin-off dan cerita baru yang masuk dalam dunia yang disebut dengan Nasuverse.

Tidak perlu ditanyakan lagi kepopuleran game seri Tsukihime terlebih seri Fate yang sudah ada banyak sekali game-nya dan juga adaptasi anime, film anime dan masih banyak lagi.

4. Kantai Collection

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 22

Game yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para pecinta pop kultur Jepang. Menjadi salah satu simbol yang disebut-sebut sebagai awal populernya sub-genre moefikasi benda yang biasanya memiliki sejarah seperti kapal perang. Game tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Kantai Collection atau biasa disingkat Kancolle.

Kantai Collection rilis pertama kali pada 23 April 2013 sebagai sebuah game browser yang dikembangkan oleh developer Kadokawa Games. Game ini menghadirkan berbagai moefikasi karakter berdasarkan kapal perang dunia dari Jepang, Amerika dan masih banyak lagi. Dengan populernya Kancolle menghadirkan banyak adaptasi mulai dari anime series, film anime dan dirilis juga untuk penguna Android dan juga PS Vita (Kancolle Kai).

Komunitas Kantai Collection memiliki jumlah yang sangat banyak dari berbagai negara bahkan di Indonesia. Meskipun saat ini game ini popularitasnya meredup, tetapi bukan berarti komunitasnya akan hilang begitu saja. Para penggemarnya masih setia bermain dan mengikuti event-event spesial yang dihadirkan dengan berbagai hadiah menarik, mulai dari equipment sampai kapal baru.

5. Granblue Fantasy

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 23

Kemudian ada game dimana komunitas pemainnya harus terus grinding dan farming 24-jam non-stop berjudul Granblue Fantasy. Game RPG buatan Cygames ini pertama kali rilis pada 10 Maret 2014 yang bisa dimainkan lewat browser dan fitur app pada perangkat Android dan iOS.

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 24

Granblue Fantasy atau biasa disingkat GBF sangat terkenal di Jepang berkat fiturnya yang berfokus pada progress build weapon, summon dan karakter yang memerlukan kerja keras. Selain itu, karakter-karakter dalam game ini hadir dengan penampilan dan kemampuan yang sangat menarik. Dengan karakter seperti itu, para pemain rela mengeluarkan uang dengan nilai yang tidak sedikit untuk membeli kristal gacha demi mendapatkan waifu ataupun husbando mereka.

Belum lagi game GBF sering membagikan banyak sekali sembako dan hadiah menarik kepada seluruh pemain seperti gacha gratis tarik x1 ataupun tarik x10. Jangan lupa dengan fitur Roulette Gacha dan juga Gachapin yang membangkitkan para Seasonal Player atau pemain musiman.

Tidak heran komunitas game ini terus ada, baik itu pemain setianya maupun pemain musiman yang muncul pada saat gacha gratis saja.

6. Dragon Quest

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 25

Lalu ada seri game RPG yang sudah sangat terkenal dari Square Enix (dulunya Enix) berjudul Dragon Quest. Jika kalian menduga game RPG dari Square Enix yang populer di Jepang adalah Final Fantasy, kalian salah.

Ternyata komunitas game Dragon Quest sangat besar dan populer bagi para gamer di negeri Sakura tersebut. Namun bukan berarti seri Final Fantasy tidak populer di Jepang. Game tersebut juga populer. Tetapi berdasarkan hasil investigasi penulis di beberapa forum dan komunitas di Jepang, Dragon Quest lebih diminati oleh gamer RPG di Jepang. Hal ini berbanding terbalik bagaimana gamer di luar Jepang justru lebih banyak yang suka Final Fantasy ketimbang Dragon Quest.

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 26

Ada banyak sekali list game seri Dragon Quest yang telah rilis hingga hari ini. Mulai dari game utama, spin-off sampai sebuah port. Terhitung ada 11 game utama seri Dragon Quest dirilis dari tahun 1986 hingga sekarang. Belum lagi dengan hadirnya game Dragon Quest XII yang telah diumumkan pada tahun 2021 yang lalu.

7. Tales Series

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 27

Masih seputar komunitas pemain game RPG yang ada di Jepang. Game selanjutnya berasal dari Bandai Namco (dulunya Namco Tales Studio), yaitu seri Tales. Game ini memiliki ciri khas yang sangat kental berupa petualangan fantasi dengan tampilan anime.

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 28

Seri Tales selalu menghadirkan berbagai karakter unik yang memiliki kesan luar biasa bagi para pemain. Bahkan masing-masing dari mereka hadir dengan sebuah background cerita yang menambah keseruan dalam petualangan dan juga sebagai development karakter mereka.

Meskipun sering kalah populer dengan video game RPG lain seperti Final Fantasy maupun Dragon Quest, seri Tales memiliki komunitas penggemarnya sendiri terlebih yang ada di Jepang.

8. Shin Megami Tensei

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 29

Masih ada satu lagi komunitas video game terpopuler yang ada di Jepang, yaitu seri Shin Megami Tensei. Game RPG brutal ini memiliki penggemar beratnya sendiri yang menyukai sebuah tantangan luar biasa dan berbeda dari game RPG lainnya.

Seri Shin Megami Tensei atau Megami Tensei ini memiliki jejak sejarah yang cukup lama dalam menghiasi industri video game seperti seri Dragon Quest sejak tahun 1987. Tidak heran jika kalian menemukan penggemar berat game-nya yang sudah tua apalagi yang berasal dari Jepang.

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 30

Selain memiliki gameplay yang sulit dan brutal terhadap pemain, game RPG Shin Megami Tensei ini memiliki cerita dengan berbagai macam tema yang menarik. Bahkan telah merilis berbagai macam sekuel, spin-off dan juga menjadi asal usul terlahirnya seri Persona.

Setiap game-nya pun memiliki plot cerita yang berbeda-beda. Biasanya berfokus pada seputar siklus kehancuran dunia dan membentuk kembali peradaban oleh banyak pihak termasuk para Protagonist. Karena siklus yang terus berulang, dunia baru akan selalu diciptakan terus dengan banyaknya pecahan garis timeline pada seri Shin Megami Tensei.

9. Street Fighter

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 31

Kemudian ada game fighting populer yang sudah berjalan sudah sangat lama sekali. Bahkan menjadi salah satu pioner dalam menghadirkan fitur combo di salah satu game pada genre-nya. Game tersebut adalah seri Street Fighter. Seri ini telah berjalan sangat lama dalam industri video game sejak tahun 1987 dimana game pertamanya rilis pertama kali.

Game buatan capcom ini telah merilis banyak sekali seri Street Fighter. Terhitung ada sekitar 38 game dari seri ini, baik itu main game, spin-off, port dan juga game fighting crossover dengan franchise lain. Belum lagi dengan seringnya game Street Fighter dirilis sebagai game Arcade yang hingga saat ini masih populer di Jepang.

10. Super Mario Series

10 Komunitas Video Game Terpopuler, Terbesar dan Paling Ramai di Jepang 32

Komunitas video game terpopuler, terbesar dan paling ramai di Jepang terakhir dalam daftar ini adalah seri Super Mario. Saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi apa itu seri Super Mario karena seri game ini sudah sangat terkenal. Tidak hanya di Jepang saja, bahkan di luar negeri seperti Amerika dan juga Indonesia, Super Mario sangat populer di berbagai kalangan gamer.

Untuk Jepang sendiri, seri Super Mario sudah tidak asing lagi bagi warga di sana. Tidak hanya dari kalangan gamer, bahkan para orang tua dan anak-anak tahu apa dan siapa itu Mario. Dengan besarnya pasar game buatan dan maskot utama perusahaan Nintendo, game yang telah berjalan sejak tahun 1985 sering menjadi berbagai perwakilan dan simbol dalam industri game mereka.

Itulah informasi mengenai 10 komunitas video game terpopuler, terbesar dan paling ramai yang ada di Jepang. Apakah game favorit kalian masuk dalam daftar komunitas game terpopuler di Jepang?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version