10 Masalah Gaming yang Untungnya Sudah Punah Sekarang


Add Friend

Bahkan untuk bermain game pun gamer harus dihadapi berbagai masalah sendiri. Untungnya dengan perkembangan teknologi, beberapa masalah tersebut sudah punah di era gaming modern sekarang. Berikut adalah 10 masalah gaming yang sudah punah.


10. Mouse bola

Apabila kamu komplain mouse optik yang kamu pakai sekarang gak terlalu presisi, coba mainkan dengan mouse mekanikal atau sering disebut mouse bola. Mouse bola untuk bermain game khususnya FPS adalah mimpi buruk. Bola yang dipakai untuk deteksi pergerakan mouse terlalu mudah kotor dan harus dibersihkan dari debu dan benda-benda kecil lainnya. Dan jika dibersihkan pun terkadang masih tidak presisi pergerakannya. Mungkin ini salah satu alasan kenapa game first person zaman dulu miliki opsi keyboard untuk aim.


9. Harus selesaikan game dalam sekali duduk

Kebanyakkan game era NES didesain untuk diselesaikan sekali duduk karena keterbatasan hardware saat itu untuk fitur save. Tetapi agar game tidak terkesan cepat tamat, developer selalu membuat game menantang dan juga sulit. Dengan game yang sulit ini, tentu kita tak mau progress kita musnah begitu saja dan harus ulang dari awal, membuat kita ingin harus selesaikan game tersebut dalam sekali main karena tak bisa di-save.

BACA JUGA  15 Kebiasaan Aneh yang Pernah Kamu Lakukan di Game [Part 2]

Beberapa developer kemudian mulai gunakan trik password sebagai sistem save dulu. Sayangnya password ini terkadang panjang minta ampun dan harus dicatat di kertas. Apabila catatan tersebut hilang, maka sampai jumpa dengan progress-mu.


8. Meniup cartridge dengan harapan gamenya lancar

Kembali di era NES, game terkadang tak mau jalan atau terjadi glitch saat bermain. Solusi paling mudah dari masalah ini adalah mencabut cartridge game, meniupnya kuat-kuat, dan pasang kembali dengan harapan sudah lancar kembali. Dan tentu saja, tidak 100% hal ini berhasil.

BACA JUGA  15 Kebiasaan Aneh yang Pernah Kamu Lakukan di Game [Part 2]

Dari sini kita harus apresiasi Sony yang perkenalkan CD untuk menaruh file game. Kini kamu tak perlu lagi tiup-tiup cartridge disaat kamu sedang asik bermain.


7. Mencari guide/ cheat di buku guide ataupun majalah

Yup, sebelum Internet menjadi mainstream seperti sekarang apabila kamu tersesat di game kamu hanya punya dua opsi, cari tahu sendiri sampai ketemu atau beli majalah gaming atau buku guide dengan harapan didalamnya membahas game yang kamu mainkan.

Kini, jika kamu tersesat di game, kamu hanya perlu membuka Google ataupun Youtube dan mengetik judul game serta dimana letak level kamu tersesat. 99,9% akan ada orang yang menanyakan hal yang sama dan ada orang yang memberikan jawabannya nanti. Thanks, Internet.


6. Perlu CD tiap bermain dan copy protection rempong lainnya di game PC

Jika kamu pernah membeli game PC seperti Diablo, Warcraft, Sim City dan lainnya sebelum Steam dan DRM lain populer, maka kamu tahu jika game sering meminta kamu masukan disc tiap kali kamu mau bermain. Hal ini dilakukan agar game tidak dibajak secara online pada saat itu.

BACA JUGA  15 Kebiasaan Aneh yang Pernah Kamu Lakukan di Game [Part 2]

Yang lebih parahnya lagi adalah pada game PC tahun 90an dimana gunakan copy protection yang memintamu membaca buku manual. Kamu sebelum mengakses level tertentu akan ditanyai sebuah pertanyaan yang jawabannya hanya akan ada di dalam buku manual game. Jika buku manualmu hilang atau rusak, ya kamu tidak bisa lanjut main.

Page 1 | Page 2