11 Karakter Wanita Dalam Video Game yang Layak Mendapat Predikat “Terbaik”

in , , , , ,

Berbagai judul video game yang telah hadir tentunya memiliki karakter menarik tersendiri, tak hanya para karakter pria saja yang mampu mengatasi berbagai rintangan yang mereka hadapi. Namun banyak juga para karakter wanita tangguh yang layak untuk mendapatkan perhatian lebih, mulai dari pesonanya, kemampuan yang ia miliki, hingga kepribadiannya yang menarik. Dan berikut ini adalah 10 karakter wanita yang layak mendapatkan predikat “terbaik”.

11. Ciri (The Witcher)

Tumbuh besar bersama seorang Witcher sekaliber Geralt of Rivia, tentu saja menjadikan gadis berambut ashen ini memiliki ketangkasan sehebat ayah angkatnya tersebut. Keberanian & tekadnya benar-benar sebuah contoh positif yang patut ditiru para wanita muda masa kini, sifat kepedulian terhadap sesama yang tinggi menjadikan Ciri tampil sebagai salah satu karakter terbaik sepanjang franchise The Witcher, terutama di seri ketiganya.


10. Freya (God of War)

Hadir dengan tema & konsep baru, tentunya God of War juga menyelipkan segudang tokoh baru yang menarik, salah satunya adalah Freya. Walaupun tampil sebagai wanita tangguh dengan berbagai kemampuan yang ia miliki, namun Freya jugalah seorang ibu, dan ia mampu menunjukan naluri keibuannya yang kuat terhadap sosok Atreus yang bukan anaknya dan Baldur yang merupakan anak kandungnya. Walaupun Baldur sendiri membenci & ingin membunuhnya, Freya tetap membuktikan loyalitasnya sebagai seorang ibu dengan tetap tulus menyayangi & melindungi anaknya tersebut. Poin lain yang membuat Freya semakin spesial adalah desain karakternya yang terlihat menarik, bahkan tampilannya terlihat jauh lebih muda dari anak durhakanya tersebut.


9. Samus Aran (Metroid)

Memakai Armor power suit yang super solid dipadu dengan ketangkasan yang luar biasa, kita tentunya pasti menebak bahwa karakter yang kita mainkan dalam Super Metroid adalah seorang pria perkasa. Namun ternyata di ending game tersebut terungkap bahwa karakter Samus yang kita gunakan sepanjang permainan adalah seorang wanita, nama “Samus” sendiri juga terdengar seperti nama lelaki bukan? Namun kenyataannya Samus Aran merupakan seorang wanita cantik dengan tubuh ideal, jelas karakter yang satu ini mengagetkan kita di ending dan sekaligus membuktikan bahwa seorang wanita cantik bisa setangguh para pria, bahkan malah lebih tangguh.


8. Nadine Ross (Uncharted)

eh salah masukin foto
nah ini baru bener

Wanita berambut curly ini terbukti memiliki kemampuan bela diri yang tinggi, buktinya? ia mampu mengalahkan duet kakak beradik sekaliber Nathan Drake & Samuel Drake sendirian dengan tangan kosong. Walaupun hadir sebagai antagonis dalam Uncharted 4: A Thief’s End, namun ia hadir sebagai seorang protagonis dalam Uncharted Lost Legacy, dalam game tersebut terlihat bahwa sebenarnya Nadine memiliki rasa setia kawan yang tinggi. Selain itu ia terbukti memiliki intelegensi tinggi dengan mampu menyelesaikan berbagai puzzle yang ada di sepanjang perjalanannya bersama Chloe.

Simak aksi greget Nadine menghadapi Drake bersaudara lewat video berikut:




7. Aloy (Horizon: Zero Dawn)

Sejak kecil hidup terasingkan, Aloy tak mengerti kenapa ia diasaingkan, ia tak mengetahui siapa keluarganya, ia juga tak mengerti kenapa orang-orang melempar batu padanya. Namun walaupun demikian, ia tak menyerah untuk diterima dilingkungan yang ia tinggali, Aloy memiliki sifat baik terhadap orang-orang yang ia temui, ia mampu mengerti perasaan orang lain dan mampu membangun persahabatan dengan banyak orang. Tak hanya itu, Aloy sendiri juga merupakan seorang wanita kuat & pintar, ia mampu memanfaatkan lingkungan sekitarnya untuk selalu lolos dari bahaya. Aloy benar-benar merupakan karakter yang mampu menjadi contoh bagi para korban bully untuk tak mudah menyerah & putus asa.

6. Senua (Hellblade: Senua’s Sacrifice)

Berbekalkan ketangkasan & keberanian demi mendapatkan kembali sosok yang paling ia cintai, Senua berani melawan takdir & nasib yang terdengar sangat mustahil untuk ditentang. Berbagai rintangan yang ia lalui dalam dunia Helheim (Neraka dalam mitologi Nordik) benar-benar tidak mudah, apa lagi dengan derita psikologis yang ia alami sepanjang perjalanannya. Kehadiran Senua dalam jagat industri dunia game secara tidak langsung mampu merepresentasikan perjuangan para orang yang menderita gangguan psikologis.


5. Elena Fisher (Uncharted)

Cantik, pintar, humoris, tangguh, & setia, kelima poin tersebut dimiliki oleh Elena Fisher, jurnalis sekaligus treasure hunter tersebut terbukti mampu buktikan ketangkasannya di berbagai seri Uncharted. Bahkan ia sangat mampu menjadi penyelamat bagi seorang Nathan Drake di banyak kesempatan, kesetiaan tertingginya terhadap Nathan terbukti dalam Uncharted 4: : A Thief’s End. Walaupun telah dibohongi oleh Nathan, Elena tetap mau datang dan menyelamatkan suaminya tersebut, menariknya lagi, Amy Hennig selaku sutradara Uncharted 1-3 sendiri tak ragu mengatakan bahwa Elena sejatinya merupakan Nathan Drake versi wanita.


4. Clementine (The Walking Dead)

eh salah lagi, bukan ini, bawahnya

Seorang gadis cilik yang harus menjalani penderitaan sejak usia dini benar-benar tak mudah bagi Clementine, Disaat banyak anak seusianya merasakan kehangatan & kasih sayang, Clementine harus merasakan kepedihan dengan harus tetap berusaha bertahan hidup. Kehidupan yang ia jalani dalam dunia yang keras penuh zombie & manusia barbar memaksa ia menjadi seorang gadis cilik yang tangguh. Kematian orang-orang yang ia kasihi & berbagai teror yang terlintas dimatanya tak membuat Clementine semakin tak berdaya, alih-alih menyerah, ia justru semakin memiliki tekad untuk terus berjuang. Perkembangan Clementine yang awalnya hanya seorang gadis yang tak bisa melakukan apapun hingga menjadi seorang pembunuh handal, menjadi sebuah daya tarik tersendiri dalam cerita yang disuguhkan dalam The Walking Dead.


3. Big Boss (Metal Gear Solid)

Pemimpin yang satu ini memiliki ketrampilan bela diri yang mempuni & pengetahuan yang luas, ia merupakan mentor dari Naked Snake (Big Boss), jelas kemampuannya tak dapat diragukan lagi. Selain itu ia juga memiliki rasa patriotisme yang tinggi, ia rela dimanfaatkan oleh pemerintah untuk membersihkan nama negara tercintanya tersebut dengan berpura-pura berkhianat. Hingga akhirnya ia harus tewas di tangan muridnya sendiri, jelas hal tersebut merupakan pengorbanan sekaligus salah satu momen paling emosional yang pernah tercipta dalam sejarah industri game.


2. Lara Croft (Tomb Raider)

Jelas kalian tak akan terkejut kenapa kami memasukan karakter ikonik yang satu ini, tak hanya bermodalkan paras  cantik & tubuh yang indah. Ia jugalah seorang gadis yang cerdas, pemberani, tangkas, & bermental baja, Lara yang awalnya seorang arkeolog biasa yang tiba-tiba harus dihadapkan dengan berbagai mara bahaya di pulau Yamatai. Berbagai bahaya & nearly death experience yang ia lalui tak membuatnya menyerah, justru malah membentuk dirinya sebagai seorang survivor dengan ketangkasan luar biasa.


1. Ellie Williams (The Last of Us)

Sama seperti Clementine, Ellie tak pernah merasakan kebahagiaan sejak kecil, yang ia ketahui hanyalah cara untuk bertahan hidup di dunia yang keras. Ketangkasannya dalam The Last of Us benar-benar terbukti saat ia merawat Joel yang tengah sekarat selama musim dingin. Ia juga mampu menghabisi kelompok kanibal yang coba mengincar nyawa Joel sendirian tanpa bantuan siapapun. Namun walaupun terlihat ganas & brutal, Ellie juga tetap memiliki sifat anak kecil seusianya, dimana ia akan terkagum saat melihat jerapah untuk pertama kalinya, atau mendapatkan pistol air pertamanya, sungguh sebuah character development yang luar biasa menarik dari Naughty Dog.


Itulah 10 karakter wanita yang perlu kamu perhatikan, banyak poin yang dipertimbangkan untuk membuat mereka menyandang predikat “terbaik”. Bagaimana menurut kalian? apakah setuju dengan list kami diatas, atau kalian memiliki kandidat lain yang tak kalah manarik dengan deretan karakter diatas, silahkan tulis di kolom komentar. Feel free to discuss lads.

Ernard Anky

Written by Ernard Anky