12 Emulator Android Paling Ringan dan Cepat 2021!

Android Emulator 2021

Android Emulator 2021

Banyaknya game – game dengan grafis tinggi di android tentu membutuhkan spesifikasi device yang tinggi pula. Tak hanya itu, kebanyakan dari device tersebut umumnya memiliki harga yang cukuup mahal, terutama jika digunakan untuk bermain game saja. Mengingat hal tersebut, tak jarang jika para kontent kreator ataupun pemain game beralih kepada Emulator di Android yang bisa digunakan untuk memainkan game – game berspesifikasi tinggi dengan grafis tak kalah dengan game PC.

Hal inilah yang membuat gamebrott untuk membuat list ataupun daftar rekomendasi emulator android ringan yang bisa digunakan untuk memainkan game – game tersebut. Berikut adalah beberapa rekomendasi tersebut!


1. MEmu


Satu dari beberapa emulator android yang cukup bagus dan ringan. MEmu software yang bisa digunakan untuk memainkan dan mengemulasikan beragam aplikasi android secara bersamaan. Kerennya lagi, Emulator ini mensupport AMD dan Intel CPU sehingga sangat bagus untuk memainkan game apapun tanpa kendala. Emulator ini memiliki software Android Nougat secara defaultnya, namun juga bisa menggunakan versi KitKat dan Lolipop secara bersamaan.

Spesifikasi:

Download!

2. LDPlayer


LDPlayer sendiri hanya dirilis beberapa waktu yang lalu dan sejak perilisannya berhasil menarik perhatian banyak orang karena performa dan kompatibilitasnya dengan beragam PC ataupun laptop yang ada. Dengan Android Nougat 7.1.2 LDPlayer bisa memainkan beragam game android dengan spesifikasi tinggi full dengan full 60FPS. Tak mengherankan bukan jika Emulator ini menjadi salah satu rekomendasi Emulator terbaik.

Spesifikasi:

Download!

3. NOX Player


NoxPlayer menjadi salah satu emulator android cukup baru yang bisa digunakan untuk memainkan game Android di PC. Dibandingkan emulator pada umumnya, NoxPlayer dibasiskan dari Android 5.1 dan 7.1 yang compatible dengan x86 atau AMD. Dibanggakan sebagai salah satu emulator dengan kompatibilitas yang tinggi dan stability serta framerate yang tinggi, NoxPlayer bisa digunakan untuk memainkan game Android kualitas tinggi tanpa lagi di PC maupun laptop.

Spesifikasi:

Download!

4. BlueStack


Menjadi salah satu emulator android yang paling tua, tidak menurunkan performa yang dimiliki oleh software Bluestack ini. Justru, software ini semakin stabil dan semakin bisa menjalankan beragam game dan aplikasi yang ada di Android sesuai dengan semestinya. Aplikasi ini memiliki fitur yang unik, serta kumpulan game yang kompatible yang bisa dijalankan tanpa lag. Terlebih lagi setelah update beberapa saat yang lalu, software ini semakin stabil untuk menjalankan game game android laiinnya

Spesifikasi:

Download!

5. Gameloop


Gameloop adalah emulator android yang umumnya digunakan untuk memainkan game. Beberapa game yang tersedia secara langsung dan sudah compatible merupakan game – game yang dikembangkan oleh Tencent yang sebelumnya telah mengumumkan bahwa emulator tersebut merupakan emulator resmi untuk hampir semua gamenya. Ada beberapa game seperti Fortnite yang bisa dimainkan di emulator tersebut dengan frame rate yang tentunya stabil tanpa gangguan.

Spesifikasi:

Download!

6. Andy


Andy atau Andyroid merupakan salah satu emulator di android yang memberikan customisasi yang cukup keren untuk penggunanaya. Pengguna bisa menggunakan smartphone sebagai controller di andy dengan menghubungkannya secara langsung melalui koneksi bluetooth ataupun wifi

Spesifikasi:

Download!

7. MuMu Player


Emulator yang dibuat oleh NetEase yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk memainkan game android dengan fitur yang sama dengan kompetitornya. Emulator ini menggunakan sistem android 6.0 ataupun dibawahnya dengan boot time serta fitur yang cukup banyak untuk memainkan game – game yang tersedia di pasaran.

Spesifikasi:

Download!

8. Phoenix OS


Phoenix OS merupakan emulator yang tergolong cukup baru di pc. Seperti kebanyakan emulator tersebut, mereka membanggakan stabilitas untuk pemain game tersebut. Namun mereka juga mengedepankan desktop like experience untuk meningkatkan produktifitas yang ada dan kemudahan penggunaan emulator di PC. Phoenix OS juga menjalankan android 7.1 yang menjadi salah satu dari emulator android yang cukup modern. Cara installnya pun cukup berbeda dengan emulator pada umumnya, dan stabilitas yang cukup tinggi.

Spesifikasi:

Download!

9. PrimeOS

PrimeOS bisa disebut emulator karena mensimulasikan Sistem operasi Android di PC. Namun mekanisme yang digunakan PrimeOS cukup berbeda dari kebanyakan emulator lainnya. PrimeOS sendiri akan mengganti sistem operasi PC kalian menjadi PrimeOS sehingga tampilan serta cara kerjanya akan menyerupai Android. PrimeOS sendiri sangat cocok buat kalian yang membutuhkan produktifitas dan juga maniak gaming terutama FPS, karena pada emulator ini menyediakan fitur krusial seperti Gaming center yang dapat mendetek Mouse dan juga Keyboard, multi tasking juga akan teraasa lebih mudah dengan PrimeOS.

Spesifikasi:

Download!

10. GenyMotion

Berada di list kami pada edisi tahun 2020, GenyMotion masih langgeng bertengger sebagai emulator android yang bisa kalian install. GenyMotion sendiri bisa dibilang versi advanced dan lebih terpoles daripada emulator lainnya, kalian yang berencana menggunakannya secara personal.

Spesifikasi:

Download!

11. Bliss ROM


Emulator android yang cukup menarik di PC dengan kemampuannya untuk menjalankan game – game maupun aplikasi yang ada di Android. Pengguna bisa secara langsung menggunakan emulator ini hanya dengan menggunakan USB saja, Namun tentu step-step untuk menjalankan emulator tersebut dengan USB perlu kalian pelajari lagi, ditambah kalian perlu memiliki spek PC yang sesuai mungkin kalian tak terlalu memikirkan fitur ini. Bliss sendiri juga sudah support dual Boot jadi jika kalian ingin kembali menggunakan windows kalian tinggal men-switchnya kembali ke OS Windows.

Spesifikasi:

  • Memory:1 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce 6100
  • CPU: Intel Pentium 4 2.00GHz
  • Bliss File Size:1 GB
  • OS:Microsoft® Windows® XP / Vista / 7

Download!

12. Droid4x


Droid4x merupakan emulator yang masih bisa digunakan sampai tahun 2020. Emulator ini menjadi salah satu emulator favorit pada jamannya. Banyak sekali game – game simple yang bisa dimainkan disini. Walaupun begitu, Droid4x sudah dilepas dan sudah tidak ada update lagi.

Spesifikasi:

Download!


Itulah beberapa rekomendasi emulator android yang bisa kalian gunakan sampai sekarang. Jika tertarik kalian bisa mendownloadnya diatas. Selain itu jika tertarik, kalian juga bisa melihat daftar emulator tahun 2019 dan tahun 2020 lalu di Gamebrott!


Baca lagi artikel menarik lainnya dari penulis kita Jay, dan artikel lain seputaran game Mobile! Tertarik melakukan kerjasama? Kontak kita di Author@Gamebrott.com

Exit mobile version