13 Mobil Paling Ikonik dan Keren dalam Video Games Sepanjang Masa

in , , , , , ,

Kehadiran mobil dalam video game tentunya sudah ada sejak lama. Ia pun mengisi bermacam-macam ruang dalam video game mulai dari NPC yang menemani atau berkeliaran, alat transportasi dari pemain, hingga bahkan menjadi pahlawan dari video game itu sendiri. Lebih daripada hal itu, beberapa mobil juga bahkan menjadi ikon dari video game tersebut yang dikenal dan bahkan digemari oleh banyak gamer di seluruh dunia.

Dalam daftar ini Gamebrott telah merangkum 13 mobil paling ikonik yang muncul di video game. Dan seperti yang kami bilang tadi, mobil-mobil ini menjadi ciri khas atau setidaknya sangat mudah dikenali dan mudah untuk direferensikan ke video game – video game yang membawanya. Dan daftar ini tidak tertutup pada game bertema balap saja, melainkan mencakup semua game yang memiliki mobil di dalamnya.


13. Hornet – SEGA Daytona USA

Mungkin bagi para gamer yang kini masih belia agak asing dengan mobil yang satu ini. Namun bagi gamer jaman dulu, terlebih yang sempat merasakan hingar bingar tempat game arkade macam Timezone, Amazon, dan semacamnya pasti mengenal mobil yang berasal dari salah satu game legendaris ini. Karena selain menjadi salah satu game balapan paling tua, game ini juga memiliki soundtrack yang sangat khas.

 

Dan Hornet yang tentunya menjadi salah satu ikon dari game ini karena dia sendiri menjadi mobil default serta mobil yang muncul di trailer maupun intro dari gamenya. Mobil nascar berwarna merah-biru-putih bernomor 41 ini juga menjadi perwakilan dari game Daytone untuk muncul di game-game lain seperti Ridge Racer dan Mario Kart.


12. Karts – Mario Karts Series

Membicarakan Mario Kart, kart alias gokart dalam game ini juga menjadi salah satu mobil balap yang menjadi ikon gamenya. Penggunaan gokart ketimbang mobil juga membuat sebuah genre balap unik tersendiri dan menjadikan Mario Karts menjadi pionir untuk game-game karting lain seperti Crash Team Racing (CTR), Nicktoons Racing, Nickelodeon Kart Racers, dll.

 

Kart yang digunakan oleh Mario sendiri sebenaranya terus berubah seiring serinya yang dari tahun ke tahun terus keluar. Namun tentunya kita bisa mengapresiasi kart sederhana dengan model seperti gokart asli tersebut yang menjadi cikal bakal sebuah tren game balap yang keluar dari resep tradisionalnya.


11. Ferrari Testarossa Spyder – Outrun

Salah satu game klasik yang juga berkembang di era game arkade. Namun lebih tua daripada SEGA Daytona USA, Outrun muncul sejak tahun 1986 dan langsung membawa mobil-mobil keren pada jamannya meskipun masih terbatasi dengan grafik yang masih 2 dimensi. Game ini sendiri ketimbang dibilang sebagai balapan lebih cocok game perjalanan/mengemudi karena misimu sendiri adalah melakukan perjalanan dengan jalur berbeda yang memiliki tantangan yang meningkat tiap levelnya.

 

Dan membicarakan Outrun tentunya tidak lepas dari sosok mobil Ferrari Testarossa yang merupakan mobil utama yang kamu pakai selama perjalanan dalam gamenya. Mobil ini sendiri sebenarnya telah terkenal sebelum gamenya karena selain memang menjadi salah satu model Ferrari yang laris pada era tersebut, mobil initelah sudah sering muncul di film maupun serial televisi jaman dulu. Dan ketika masuk ke dalam Outrun, mobil ini otomatis menjadi ikon dari gamernya.


10. Warthog M12 – HALO Series

Mungkin di Indonesia hanya segelintir gamer yang mengikuti atau bahkan memainkan seri game HALO, karena memang mayoritas serinya merupakan seri eksklusif Xbox yang notabene kalah mainstream ketimbang Playstation di sini. Namun meski begitu pastinya lebih banyak gamer yang mengetahui atau setidaknya pernah melihat sosok mobil yang satu ini.

 

Warthog sendiri memang muncul dari awal seri HALO dan segera mendapat status ikoniknya karena memang menjadi kendaraan utama dalam mode multiplayernya. Warthog sendiri dalam gamenya terus mengalami pengembangan dari segi desain maupun kelengkapan tempur yang ia bawa. Namun tentunya Warthog klasik dengan senjata terpasang di atasnya adalah satu yang menjadi paling ikonik dari seri gamenya.


9. Sweet Tooth’s Ice Cream Truck – Twisted Metal Series

Jauh sebelum genre battle royale muncul sebenarnya sudah banyak game serupa, bahkan yang menggunakan mobil sekalipun. Ya, di game Twisted Metal ini kamu akan menjadi karakter-karakter gila yang mengemudikan mobil-mobil tak kalah gila dengan sang karakter. Menuju arena melawan mobil-mobil lain, mencari senjata di sekitar arena, dan bertahan hingga akhir.

 

Dan tentunya tidak ada yang lebih layak menjadi ikon dari game ini selain mobil truk van es krim dengan kepala badut besar terbakar di atas milik Sweet Tooth. Dimodifikasi layaknya mobil dari Death Race dan Mad Max, mobil yang satu ini memang tampil mencolok karena ia juga muncul di cover-cover game Twisted Metal sejak awal. Di seri-seri berikutnya desain truk ini memang mengalami perubahan, namun tetap mempertahankan ciri khas truk es krim dan kepala badut ikoniknya.


8. B.D. Joe’s taxi – Crazy Taxi

Berikutnya kita kedatangan mobil dari game arkade lainnya. Dan kemungkinan besar kalian pasti mengenal mobil klasik panjang berwarna kuning dengan atap terbuka ini. Atau bahkan dulu sempat punya kenangan mengendarainya dan mengantarkan para penumpang ke tujuannya dengan ugal-ugalan. Namun anehnya, semakin cepat dan ugal-ugalan semakin senang juga para penumpangnya.

https://www.youtube.com/watch?v=ZNHsHzDA2AI

 

Dalam game ini sendiri sebenarnya ada banyak pilihan mobil yang bisa digunakan, begitu juga dengan beberapa karakter yang bisa kamu pilih. Namun dengan adanya variasi-variasi mobil yang hadir dalam game ini, kelihatannya tetap aja tidak dapat mengalahkan ke-ikonik-an mobil-mobil konvertibel berwarna kuning tersebut.


7. Jet Car – Nascar Rumble

Maju ke masa Playstation 1 dan rentalnya yang menjamur di Indonesia, kehadiran game-game balapan yang “tidak umum” mencapai kejayaannya pada masa ini. Dan mungkin salah satu game balapan yang paling terkenal pada masa itu tentunya adalah Nascar Rumble. Karena game ini sendiri tidak menggunakan gameplay nascar konvensional seperti di game SEGA Daytona. Namun juga menambahkan aspek power up, variasi mobil, dan juga lintasan yang bervariatif yang membuatnya lebih seru.

 

Disamping itu, salah satu mobil yang kelihatannya menjadi favorit tentunya adalah Jetcar. Mobil yang mengambil desain dari batmobile pada masanya dan memang harus dibuka lewat progres terlebih dahulu. Atau dengan cara yang lebih mudah,yaitu menggunakan cheat legendaris “KMZWA8AWAA” yang membuka semua konten yang ada. Dan dengan banyaknya pilihan mobil dengan beragam desain ‘uniknya’, kelihatannya tahta mobil paling ikonik dari game ini jatuh kepada Jet Car.


6. Banshee – GTA Series

Grand Theft Auto alias GTA tentunya memiliki banyak seri dan mengambil latar yang berbeda-beda. Seperti judulnya, mobil menjadi salah satu item paling krusial dalam gamenya. Bahkan para pemain GTA mungkin paling banyak menghabiskan waktunya untuk mengemudikan mobil selama ia bermain game ketimbang mengemudikan kendaraan lain ataupun berjalan.

 

Dan dengan hal tersebut tentunya variasi mobil yang ada di dalam game ini begitu beragam karena perbedaan lokasi dan juga masa yang menjadi latar belakang gamenya. Namun bila kita meneliti ada satu mobil yang hampir selalu ada di hampir semua seri GTA. Tepatnya ia telah ada sejak GTA bertransformasi ke 3D yaitu GTA III. Mobil tersebut adalah Banshee, yang mengambil desain utama dari Dodge Viper dan terus setia selalu hadir di setiap seri GTA. Saking ikoniknya, Rockstar sampai membuat versi asli dari mobil Banshee ini.


5. UAZ – PUBG

Battle royale sekarang memang menjadi genre paling populer saat ini. Meskipun game pionirnya yaitu PUBG yang ada di PC kini mulai turun, namun popularitasnya di platform lain kini masih di atas. Game ini sendiri memang memfokuskan pada pertempuran di atas kaki, bukan dari atas mobil. Namun PUBG Corp tetap menyediakan beragam kendaraan yang tersebar acak untuk dapat digunakan oleh para pemain.

 

Membicarakan mobil dari PUBG, bila kita harus memilih mana yang paling ikonik maka kami menyerahkan tahtanya kepada UAZ, khususnya varian open-top dan armored yang kelihatannya juga menjadi favorit para pemain PUBG untuk menjelajah ataupun melakukan pengejaran terhadap pemain lain. Mobil berbentuk jip kotak kuno ini memang bisa diandalkan sehingga tidak salah menjadi salah satu mobil ikonik dari game PUBG.


4. Nissan 350z – Need For Speed Underground 2

Banyak yang mengatakan bahwa titik tertinggi yang pernah dicapai oleh EA terhadap seri Need For Speed adalah ketika mereka mengambil keputusan untuk mengambil tema balapan liar dengan mobil-mobil tuner-nya lewat Underground. Dan seri keduanya merupakan seri penyempurnaan dimana NFS memperkenalkan dunia open world yang bisa dijelajahi para pemain serta modifikasi yang lebih lengkap dan gila.

 

Kami memilih Nissan 350z, terutama versi full modif yang ‘dipinjami’ kepadamu di awal permainan sebagai mobil paling ikonik dari game ini. Bagaimana tidak, tidak akan ada yang akan melupakan mobil pertama yang kamu gunakan untuk balapan di awal-awal permainan, meskipun hanya beberapa saat saja dan kamu tidak akan menemuinya lagi. Kecuali membuat tiruannya.


3. Quartz Regalia- Final Fantasy XV

Seri Final Fantasy sebenarnya hampir tidak pernah memfokuskan gamenya ke pengalaman mengemudi karena memang mereka lebih berfokus penuh pada aspek RPG dan pertarungan yang diusung. Namun lewat seri XV ini akhirnya Square Enix dapat menyuntikkan pengalaman mengemudi ke dalam gamenya karena map yang dibawa juga terhitung luas untuk dijelajahi dengan kaki.

 

Apalagi mobil yang diberikan, yaitu Regalia tidak hanya menjadi alat transportasi semata. Namun juga memiliki latar belakang cerita dan bahkan kedekatan khusus terhadap sang karakter utama – Noctis. Regalia sendiri telah muncul sejak awal marketing Final Fantasy XV diluncurkan, dan bahkan menjadi bagian dari permainan sejak awal permainan. Tentunya tidak salah bila Regalia mendapat tahta ikoniknya.


2. Batmobile – Batman Arkham Knight

Bila kita mengatakan salah satu superhero yang mendapat adaptasi video game terbaik pastinya akan memberikannya kepada Batman Arkham series yang dibuat oleh Rocksteady. Dan dalam 3 seri yang mereka kerjakan mereka selalu membuat gebrakan baru di tiap serinya. Dan di seri terakhirnya yaitu Arkham Knight Rocksteady akhirnya mampu memasukkan kendaraan ikonik superhero ini, yaitu Batmobile ke dalam gamenya.

 

Bagi para pecinta Batman tentunya telah paham bahwa Batmobile sudah ada sejak lama, namun salah satu yang membuat Batmobile dari seri Arkham ini ikonik adalah bentuknya yang berbeda dari Batmobile – Batmobile yang ada. Ia tentunya mengambil inspirasi inovasi brutal Batmobile yang dibuat di film The Dark Knight. Namun Rocksteady membuatnya lebih “Batman” dan personal di dalam gamenya. Kamu tentunya akan segera mengetahui bahwa Batmobile yang satu ini berasal dari video gamenya.


1. BMW M3 GTR – Need For Speed Most Wanted 2005

Apakah kalian sudah menduganya? Bila sudah maka selamat karena kamipun sependapat dengan kalian bahwa mobil paling ikonik dalam video game berhak disandang oleh BMW M3 GTR dari game Need For Speed: Most Wanted. Yaa, mungkin status ini sedikit overrated namun kami tidak bisa menyangkal bahwa BMW M3 yang direbut oleh Razor ini mengubah presepsi terhadap mobil yang kamu miliki di seri Need For Speed, dan bahkan menjadi ikon utama dari NFS semenjak itu.

 

Hampir tidak akan ada yang salah menebak bila melihat mobil yang satu ini di dalam video game, maupun di dunia nyata karena banyak orang yang sangat terinspirasi dari mobil ini hingga merealisasikannya ke mobil dunia nyata. Memori yang dimiliki para gamer sendiri yang ada ketika merebut kembali BMW tersebut di Most Wanted dan berpisah di Carbon sendiri terus diberikan oleh EA di seri-seri terbaru NFS sebagai salah satu mobil hadiah paling kencang yang ada. Dan tentunya BMW M3 GTR ini memang pantas menjadi mobil paling ikonik dalam video game.


Dan itulah tadi daftar mobil-mobil paling ikonik dalam video game versi Gamebrott. Mungkin tidak semua mobil yang ada di daftar ini sesuai dengan pendapatmu. Atau bahkan kamu memiliki daftar versimu sendiri untuk mobil paling ikonik dalam video game? Coba tuliskan di kolom komentar dan kita diskusikan dengan yang lain.

Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang G-List  atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A. For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]