15 Game Paling Dinanti & Diharapkan Pada E3 2019 Mendatang!


Follow Us

Sudah menjadi rahasia umum, bila Electronic Entertainment Expo atau yang lebih akrab disebut E3, kerap kali menjadi ajang untuk menampilkan kejutan dari para developer & publisher raksasa. Kini tak terasa, tinggal menunggu kurang lebih seminggu sebelum pameran dagang video game tahunan terbesar tersebut terselenggara.

Nulis artikel dibayar

Bagi kalian yang mengikuti perkembangan industri dunia game, tentu tak asing dengan banyak rumor & game yang telah diumumkan, namun belum menunjukan detail yang lebih mengemuka. Pada ajang E3 bulan inilah banyak detail baru dari game yang telah diumumkan serta rumor-rumor yang telah mengemuka akan terungkap. Dan berikut ini adalah daftar 15 game yang dinantikan & diharapkan pada E3 2019!

15. Mount & Blade 2: Bannerlord

Mount & Blade jelas sebuah judul yang tak asing bagi para pecinta strategy – medieval RPG, ia terkenal sebagai sebuah franchise dengan gameplay adiktif. Dimana kalian tak hanya menggunakan strategi ala Stronghold Crusader saja, namun juga turut terlibat langsung dalam pertempuran. Pada tahun 2012, TaleWorlds selaku developer dari franchise Mount & Blade akhirnya mengumumkan kelanjutan dari franchisenya tersebut.



Mereka akhirnya mengumumkan Mount & Blade 2: Bannerlord, TaleWorlds rencananya akan merilis game tersebut di tahun 2014, namun tak jadi karena masih dalam masa pengembangan. Mereka akhirnya mengundur jadwal perilisan tersebut ke tahun 2015, namun kembali lagi tak terlaksana, dan hingga kini game tersebut tetap tak kunjung rilis juga. Tentunya pada ajang E3 mendatang, kita semua berharap agar TaleWorlds mengumumkan tanggal rilis pasti Mount & Blade 2: Bannerlord.

14. Control

Unik & terasa out of the box, itulah game racikan Remedy Entertainment, Quantum break, Max Payne, hingga Alan Wake terlahir melalui talenta handal developer tersebut. Sempat hadirkan gameplay & mekanisme uniknya melalui Quantum Break, mereka akan hadirkan inovasi yang tak kalah menarik melalui proyek terbarunya – Control.



Proyek terbarunya tersebut akan membawa petualangan kalian sebagai seorang gadis dengan kekuatan supranatural – Jesse Faden. Menariknya, selain mengadirkan gameplay unik penuh aksi, sang developer juga akan menyematkan tingkat kesulitan yang cukup menantang dalam Control. Tentunya akan sangat menarik melihat perkembangan terbaru proyek Remedy Entertainment pada ajang E3 mendatang.

13. New Splinter Cell

Splinter Cell memanglah sebuah franchise ikonik yang memiliki banyak fans setianya tersendiri, tak mengherankan bila game Racikan Ubisoft tersebut selalu dinantikan seri terbarunya. Namun sayangnya, berbagai rumor terkait seri terbaru SPlinter Cell yang telah berhembus dalam beberapa tahun belakangan ini masih tetap tak nyata.

Bila rumor tentang munculnya judul Splinter Cell terbaru akhirnya dikonfirmasi oleh Ubisoft pada ajang E3 mendatang, tentunya akan sangat menarik. Mengingat setelah kematian franchise Metal Gear racikan Hideo Kojima, jumlah franchise raksasa bertemakan spionase telah berkurang dan hanya menyisahkan franchise Splinter Cell saja. Bahkan Sam Fisher yang merupakan tokoh utama franchise Splinter Cell turut bersedih atas matinya franchise Metal Gear racikan Kojima tersebut.

12. The Outer Worlds

Tercipta melalui tangan handal dibalik kesuksesan Fallout: New Vegas, The Outer Worlds jadi salah satu game FPS paling dinantikan di tahun ini. Melalui gameplay & trailer yang telah dipamerkan, tampaknya Obsidian Games benar-benar serius menggarap game yang satu ini.



The Outer Worlds mampu terlihat menjanjikan dengan mekanisme gameplay yang terlihat bagai perpaduan Fallout, Deus Ex, & BioShock. Tentunya akan sangat menarik melihat perkembangan The Outer Worlds serta pengumuman tanggal rilis pastinya pada ajang E3 mendatang.

BACA JUGA  Days Gone Hadirkan Tangki Bensin Berbentuk BB Pod Dari Death Stranding

12. Halo Infinite

Sony memang tak akan unjuk gigi pada E3 tahun ini, dengan demikian, sang rival utama – Microsoft berjanji akan tampil habis-habisan pada ajang tersebut. Mereka telah mempersiapkan deretan line up yang cukup menjanjikan, salah satu diantaranya tentunya adalah Halo Infinite.



Setelah menampilkan sebuah cinematic trailer menawan pada E3 tahun lalu, tentunya kita semua berharap terkait gameplay baru yang disuguhkan pada judul terbaru Halo tersebut. Tak hanya Halo Infinite, tentunya deretan game eksklusif Microsoft lainnya juga sangat dinantikan para pemain Xbox One. Apalagi bila Microsoft memang benar-benar berniat mengejar Sony, yang saat ini masih jauh lebih unggul mengenai deretan game eksklusifnya.

10. Borderlands 3

Berangkat dari visualisasi kartunis yang unik dengan gameplay FPS yang unik & solid, Borderlands mampu membuat para gamer berakhir jatuh hati. 5 tahun telah absen, tentunya membuat para fans merasa rindu akan hadirnya seri terbaru franchise racikan Gearbox tersebut. Kabar baiknya, setelah menunggu penantian yang begitu panjang, akhirnya Gearbox resmi mengumumkan sebuah seri Borderlands baru, sebuah seri Borderlands yang menyandang angka 3 dibelakangnya.



Melalui beberapa trailer yang telah mereka pamerkan, Borderlands 3 akan menawarkan banyak aksi yang jauh lebih “gila” dibanding seri-seri terdahulu. Visualisasi karunis yang artistik tetap Gerbox pertahankan di seri terbarunya kali ini, namun tentunya dengan peningkatan yang membuat game tersebut terlihat lebih mempesona di platform generasi saat ini. Tentunya pada ajang E3 mendatang, banyak fans yang berharap agar Gearbox memberikan lebih banyak detail & progress baru terkait proyeknya tersebut.Gearbox sendiri saat ini hanya sekedar berbagi informasi melalui trailer perdananya tersebut, mereka berencana mengumumkan berbagai detail tentang Borderlands 3 pada tanggal 3 April mendatang.

9. Call of Duty Modern Warfare

Setelah berbagai rumor yang beredar, akhirnya hari ini Activision & Infinity Ward resmi mengkonfirmasi bahwa proyek ambisius yang tengah mereka persiapkan merupakan judul reboot dari salah satu seri legendaris Call of Duty, yaitu Modern Warfare. Bukannya menghadirkan seri keempat, mereka lebih memilih melakukan soft reboot dengan proyek yang mereka beri nama sebagai “Call of Duty Modern Warfare” seperti judul originalnya yang rilis 12 tahun silam.



Melalui trailer perdananya, seri soft reboot ini tetap akan menghadirkan sosok Captain John Price sebagai protagonis utamanya, yang kini juga tampil terlihat lebih muda. Kabar baiknya lagi, Activision & Infinity Ward telah siap untuk berbagai lebih banyak detail baru terkait proyek ambisiusnya tersebut pada ajang E3 mendatang.

8. Cyberpunk 2077



Telah sukses meracik mahakarya melalui franchise The Withcer, kini akhirnya CD Projekt Red memutuskan mengakhiri franchise tersebut. Namun tak berhenti sampai disitu saja, CD Projekt Red masih memiliki sebuah proyek ambisius yang telah mereka umumkan sejak tahun 2013 silam – Cyberpunk 2077.

Dijanjikan menjadi sebuah game open world dengan tema futuristik yang unik, Cyberpunk 2077 tentunya langsung menuai hype yang luar biasa. Apalagi setelah demo gameplay solid yang telah mereka tunjukan pada E3 tahun lalu, dan tentunya pada E3 tahun ini CD Projekt Red akan kembali membagikan progress dan berbagai detail terbaru terkait game ambisiusnya tersebut.

BACA JUGA  Tonton dan Dapatkan Charm Ekslusif Final Tom Clancy’s Rainbow Six Siege Pro League Season X

7. Watch Dogs Legion

Tampil hadirkan sebuah konsep open world yang unik, franchise bertemakan para hacker ini memang punya daya tarik yang tak biasa. Walaupun sempat menuai kontroversi pada seri pertamanya, Ubisoft akhirnya mau belajar dari kesalahan dan tunjukan permintaan maaf melalui seri keduanya.

Sebuah rumor terbaru mengatakan bahwa seri ketiga ini akan menyandang judul “Legion” dibelakangnya dengan setting lokasi London sebagai pondasinya. Seri ketiga tersebut pernah dirumorkan akan tampil pada E3 tahun lalu, namun ternyata tak terbukti terealisasi, pada E3 tahun ini, tentunya kami berharap hal rumor tersebut benar-benar dikonfirmasi oleh Ubisoft.

6. Final Fantasy VII Remake

Menghilang bagaikan hembusan angin, itulah Final Fantasy VII Remake, sempat diumumkan pertama kali di tahun 2015 silam, proyek remake ambisius tersebut sama sekali tak memberikan informasi apapun selama bertahun-tahun. Namun akhirnya, melalui acara eksklusif milik Sony – State of Play, Square Enix memperlihatkan detail terbaru Final Fantasy VII melalui trailer gameplay terbarunya.



Buang mekanisme klasik turn based seperti di judul original, Final Fantasy VII Remake ini akan banting setir dengan sistem pertarungan langsung namun taktis ala Final Fantasy VII: Crisis Core. Penampilan trailer baru tersebut tentunya merupakan kabar menggembirakan, dimana selama bertahun-tahun, akhirnya para fans “sedikit” lega bahwa proyek remake ambisius ini tetap dalam proses development yang pasti. Kabar baiknya lagi, Square Enix siap memberikan informasi lebih detail terkait Final Fantasy VII Remake ini pada ajang E3 bulan depan.

5. Deep Down

Ciptakan antusiasme yang begitu luar biasa saat awal diperkenalkan 6 tahun silam, tepatnya pada awal eksistensi PlayStation 4. Deep Down yang disongkong Panta Rhei Engine benar-benar mampu hadirkan grafis yang sangat menawan di tahun tersebut. Dengan elemen gameplay RPG ala Dark Souls yang terlihat solid & sinematik, Deep Down menjadi sebuah game RPG ambisius yang sangat dinantikan. Namun ibarat seorang gadis yang “menggatungkan” pria yang mengaguminnya, Deep Down justru menghilang tanpa kabar dan kepastian sejak 4 tahun silam, setelah memperlihatkan gameplay terakhirnya.



Hal itu mungkin saja terjadi, mengingat hak merek dagang dari Deep Down yang dimiliki oleh Capcom telah habis waktu pada tahun 2016 silam. Namun pada Juni tahun lalu telah tersebar sebuah dokumen yang menyatakan bahwa, pihak Capcom telah memperpanjang hak merek dagang Deep Down di tahun 2017 silam.

Itu artinya, Capcom akan memiliki waktu hingga tahun 2020 untuk merilis Deep Down ke pasaran, besar kemungkinan mereka masih mengembangkan Deep Down agar mampu tampil dengan performa paling optimal pada PlayStation 4. Namun tetap saja, hingga kini Capcom tak pernah memberikan klarifikasi maupun detail apapun terkait game ambisiusnya tersebut. Tentunya akan sangat menarik sekaligus mengejutkan bila proyek ambisius tersebut bangkit dari kubur dan unjuk gigi pada ajang E3 mendatang.

4. The Elder Scrolls VI

Bila membahas deretan franchise RPG paling menarik, tentu tak lengkap rasanya bila tak memasukan judul The Elder Scrolls didalamnya. Tawarkan sensasi RPG penuh kebebasan, franchise racikan Bethesda ini memang mampu tuai kesuksesan yang sangat luar biasa. Bahkan, judul terakhir yang mereka rilis – The Elder Scrolls V: Skyrim telah mendapatkan porting ke berbagai platform dan masih memiliki banyak pemain aktif.

BACA JUGA  Kali dan Wamai Pastikan Jadi Operator Baru Rainbow Six Siege Season 4


Kabar baiknya, pada ajang E3 tahun lalu, Bethesda telah mengumumkan bahwa mereka tengah mengerjakan seri keenamnya. Bethesda sendiri memang mengatakan bahwa proyek ambisiusnya tersebut masih dalam tahap pengembangan yang cukup panjang untuk sepenuhnya siap. Namun tentunya akan sangat menarik bila melihat perkembangan proses development The Elder Scroll VI ini pada ajang E3 mendatang.

3. Marvel’s Avengers



Telah resmi jalin kerja sama, kini akhirnya Square Enix & Marvel tengah menggarap sebuah proyek game superhero ambisiusnya. Sebuah teaser singkat yang telah dirilis oleh Marvel pada awal tahun silam, telah mampu membangun hype yang sangat luar biasa.

Banyak yang menantikan informasi & detail terbaru terkait game The Avengers terbaru ini pada E3 tahun lalu, namun sayangnya proyek tersebut harus absen. Namun, dengan persiapan yang jauh lebih matang, tampaknya kini Square Enix & Crystal Dynamics siap untuk memamerkan proyek ambisiusnya tersebut pada ajang E3 mendatang. Trailer baru, detail baru, & tanggal rilis pasti tentunya akan sangat melegakan dahaga para gamer yang menantikan Marvel’s Avengers ini.

2. Assassin’s Creed Ragnarok

Rumor soal proyek Ubisoft terkait game Assassin’s Creed yang tengah mereka kerjakan saat ini memang sangat hangat untuk diperbincangkan. Ada banyak yang mengatakan China, ada pula yang mengatakan Romawi, bahkan ada pula yang mengatakan peradaban Viking sebagai latar cerita berikutnya.

Untuk opsi terakhir tersebut memang telah diperbinjangkan sejak beberapa tahun lalu, dan tampaknya rumor tersebut bisa berakhir menjadi sebuah kenyataan. Setelah beberapa concept art tersebar pada tahun lalu, kini ada beberapa gambar bocoran baru yang memperlihatkan proses development game Assassin’s Creed dengan tema Viking.

Proyek yang digadang-gadang bernama Assassin’s Crred Ragnarok tersebut akan membawa petualangan kalian pada era kejayaan bangsa Viking, tepatnya pada masa Ragnar Lodbrok. Melalui rumor yang beredar, game tersebut juga akan menghadirkan berbagai wilayah berbagai kerajaan ternama, yaitu Britania Raya, Denmark, Swedia, Norwegia, dan Finlandia. Tentunya akan sangat menarik bila Ubisoft mengkonfirmasi resmi rumor Assassin’s Creed Ragnarok pada ajang E3 mendatang.

1. Great Rune

Hadirkan berbagai tema unik dengan tingkat kesulitan super tinggi sebagai daya tarik utama, franchise souls-like racikan From Software memang jadi sesuatu yang brilian. Judul terakhir yang mereka racik – Sekiro Shadow Die Twice terbukti mampu menuai kesuksesan luar biasa, namun apakah mereka berhenti sampai disitu saja? tampaknya jawabannya adalah tidak.

Saat ini From Software dirumorkan tengah mengerjakan sebuah proyek baru dengan penulis seri novel Game of Thrones – George RR Martin. Game yang tengah mereka kerjakan ini tentunya merupakan game souls-like, namun dengan sebuah tema baru, sebuah tema yang mengangkat mitologi Nordik sebagai pondasinya.

Tentunya akan sangat menarik bila rumor tersebut menjadi sebuah kenyataan pada ajang E3 mendatang, dimana tema tersebut memang terlihat unik dan belum pernah diangkat oleh From Software sebelumnya. Apalagi dengan adanya campur tangan George RR Martin didalamnya, tentunya Great Rune bakal hadir dengan cerita yang sangat menarik.

Dari deretan 15 judul game diatas, manakah yang paling kalian nantikan/harapkan? atau kalian memiliki judul game lain yang tak kalah menarik untuk ditunggu?


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item