28 Negara Sepakat Pengembangan AI Harus Dahulukan Keamanan

Pengembangan Ai

Tepat pada tanggal 1 November ini, sebanyak 28 negara sepakat kalau kedepannya pengembangan teknologi kecerdasan buatan harus mendahulukan keamanan dan pertanggung jawaban.

Beberapa negara adikuasa ikut sepakat dalam konferensi tingkat tinggi yang diprakarsai oleh Inggris Raya ini. Seperti apa keputusan yang mereka ambil?

28 Negara Hadir di Bletchley Park AI Summit, Sepakat Regulasi Pengembangan AI

Bletchley Park

Langsung dari laman resmi pemerintah Inggris Raya, sebanyak 28 negara sepakat kalau pengembangan AI harus mendahulukan keamanan. Pengembang kecerdasan buatan juga harus hati-hati atas konsekuensi sengaja maupun tidak disengaja yang ditimbulkan oleh AI.

Deklarasi yang dilaksanakan di Bletchley Park  pada tanggal 1 November ini diketuai oleh perdana menteri Inggris, Rishi Sunak. Deklarasi yang digadang sebagai “pertama kali di dunia” ini mengikut sertakan beberapa negara adikuasa.

28 Negara hadiri konferensi AI Safety Summit

Dari 28 negara yang ikut serta, ada nama besar seperti Amerika Serikat, China, Inggris Raya, Brazil, Jepang, Perancis, Arab Saudi, India, Kenya, Irlandia, Nigeria, dan Uni Emirat Arab. Ada juga beberapa negara lain dari benua Afrika, Timur Tengah, Asia, dan Uni Eropa.

Deklarasi ini berisikan kesepakatan bersama antar negara untuk dengan bijak mengembangkan AI agar terhindari dari potensi penyalahgunaan. Sebagai contohnya di bidang keamanan siber, bioteknologi, dan penyebaran informasi palsu.

Bakal Bertemu Lagi Tahun Depan

Berjanji bakal ketemu lagi tahun depan

Perdana menteri Inggris mengatakan kalau ini adalah markah pencapaian dimana beberapa negara paling berkuasa di dunia sepakat terhadap kegawatan dalam pemahaman kita terhadap AI. Hal ini bertujuan pula agar keselamatan generasi penerus kita tetap terjaga.

Bersama-sama, ke-28 negara ini setuju untuk bersama-sama mencari solusi terhadap kekhawatiran pada keamanan siber agar keamanan masyarakat di seluruh dunia tetap dapat dipertahankan.

Tidak berhenti sampai disana, peserta konferensi Bletchley ini juga setuju untuk bertemu lagi di tahun 2024. Meski masih belum diputuskan akan dalam format seperti apa, yang jelas mereka terlihat cukup peduli terhadap isu tentang kecerdasan buatan ini.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version