2K Games Minta Kamu untuk Bilang ke Pemerintah Setempat Bahwa Loot Boxes itu Baik

bioshock infinite elizabeth.jpg.optimal

Belgia memang saat ini sudah menjadi satu negara yang sangat begitu terang-terangan dalam memerangi keberadaan Loot Boxes. Tidak main-main, keputusan yang sudah mereka canangkan itu betul-betul telah sukses membuat sebagian publisher game raksasa keder dan mengalah. Blizzard dan Valve sudah menjadi “korban” dari ketegasan pemerintah Belgia dalam menegakkan kedaulatan hukum di negaranya. Sehingga mereka berdua pun akhirnya harus mencabut atau mengganti sistem loot boxes berbayar yang dipasangnya itu dengan sistem yang sama sekali tidak melibatkan isi dompet beserta dengan kartu kredit dari para playernya.

Tak lama berselang, 2K Games ternyata juga menambah daftar panjang dari suatu aturan baru yang mengawasi tindak-tanduk sistem perjudian di dalam video game. Dengan adanya fitur Loot Boxes berkedok Card Packs pada game NBA 2K19 milik mereka, pihak pemerintah Belgia pun akhirnya telah berhasil memaksa 2K untuk menghilangkan sistem pembelian Card Packs tersebut yang dapat dibayarkan dengan uang asli (khusus untuk para pemain NBA 2K19 yang tinggal di Belgia).

Sebenarnya bukan rahasia umum bila banyak publisher yang terkena imbas dari aturan terkait sangatlah kontra sekali dengan aksi yang diserukan oleh pihak pemerintahan Belgia. Namun, hanya 2K di sini yang nampaknya terlihat paling serius dalam memprotes kebijakan dari salah satu negara di benua Eropa tersebut. Selain dari usaha mereka untuk mengkomunikasikan kembali hal ini kepada pihak Belgia melalui Komisi Pengawasan Perjudian di negara mereka, yaitu BGC (Belgian Gambling Comission), 2K juga mengupayakan suatu langkah “ekstrim” yang melibatkan para playernya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

statement resmi 2K yang berisi sebuah seruan ?

Dilansir dari website resmi milik 2K yang membahas soal pelarangan sistem lootboxes berbayar di negara Belgia. Selain kamu bisa melihat bahwa 2K masih kukuh bergargumen bahwa sistem Card Packs yang mereka bawa itu dianggapnya sudah sesuai dan tidak melanggar ketentuan hukum manapun, 2K disana juga menyerukan kepada semua player yang setuju dengan mereka untuk ikut bersuara secara langsung ke pihak pemerintahan setempat. Meski secara khusus mereka mengamanatkan hal ini kepada seluruh gamer di kawasan Belgia saja, pihak 2K nampaknya pasti tidak akan menolak apabila seruan mereka tersebut juga dilaksanakan oleh para pemainnya di seluruh penjuru dunia.

Bersamaan dengan hal itu, fenomena Loot Boxes yang bermuatan microtransaction memang sudah menjadi suatu isu hangat yang selalu memunculkan pro dan kontra dari banyak pihak. Ketika Belgia dan Belanda telah resmi menganggap praktek semacam ini sangat melanggengkan tindak perjudian, hasil pengamatan yang ditinjau dari pemerintahan di negara Inggris dan Perancis justru malah menunjukan hal yang sebaliknya. Sedangkan untuk kalian sendiri, apakah kamu mau untuk mengikuti ajakan 2K tersebut ?

Sumber: 2K Games

 

 

 

Exit mobile version