4 Eksistensi RNG Dalam Evolusi Video Game Yang Wajib Kamu Tahu!

ludo king

RNG atau random number generator pada basisnya adalah sebuah algoritma yang memunculkan angka secara random. Dalam video game RNG telah diimplementasikan dalam berbagai bentuk sehingga secara luas RNG bisa diartikan sebagai random factor yang sangat bergantung pada keberuntungan pemain dari suatu game.

Dalam beberapa tahun terakhir ini RNG mengalami kepopuleran implementasi yang begitu signifikan, hampir seluruh aspek populer di industri game menyentuk aspek RNG. Berikut contoh eksistensi RNG dalam evolusi video game yang telah kami kompilasi buat kamu!


1.  Mobile Games

Kesuksesan Mobile Gaming dalam beberapa tahun terakhir tidak dapat diragukan lagi. Raksasa seperti Moonton dan Tencent adalah sedikit dari banyaknya contoh suksesnya Mobile Games di industri gaming. Tidak hanya game dengan genre familiar seperti FPS, Single Player, MMORPG, ataupun Moba, game dengan engagement level yang lebih santai juga memiliki fanbase yang massive, kemunculan game sehari-hari seperti Ludo, Poker, dan Casino Online juga sangat populer, dan dalam implementasinya game-game tersebut menerapkan RNG dengan sangat erat.

2. Browser Game

Kamu pasti pernah lihat iklan browser games yang kadang nyebelin banget kan ya. Nah game yang based di browser ini cukup populer banget di kalangan orang yang suka game tanpa harus repot install, terlebih lagi pengunjung warnet yang suka tipe game yang no-string-attached gitu. Nah, browser games ini juga salah satu yang paling banyak mengimplementasikan RNG loh.

3. Anime Games

Bisa dibilang gamifikasi anime adalah satu metode pemasaran yang sangat populer dan berhasil. Banyak game populer yang diangkat dari anime terkenal seperti Dragon Ball, One Piece, Naruto Universe, dan juga Pokemon serta Digimon yang fanbasenya sangat besar di Indonesia. Game bertema anime ini tidak jarang melibatkan unsur RNG karena budaya jepang yang sangat erat dengan gacha.

4.  Simulator Games

Simulator games adalah game yang populer dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak jenis game simulator yang sangat populer, mulai dari life simulator (the SIMS), bus simulator, speaking simulator, goat simulator dan lain-lain. Simulator games adalah bentuk game yang cukup unik dan boleh dibilang sangat membutuhkan unsur random, oleh karena itu RNG sangat berperan penting dalam simulator games ini.


Bonus: Game Jodoh-Jodohan

Kamu pasti pernah cobain game yang dimana kamu input nama kamu dan nama orang yang kamu taksir trus bakal keluar kecocokan kamu dan doi berapa persen kan? Nah, itu make RNG loh, jadi jangan baper ya! wkwkwkw.

Exit mobile version