5 Emulator PS3 Terbaik untuk PC yang Pernah Dikembangkan

PS3 Emulator

Perkembangan video game konsol agaknya cenderung diikuti dengan perkembangan emulator yang dihadirkan oleh komunitas konsol itu sendiri. Seperti ePXSe untuk PlayStation pertama, PCSX2 untuk PlayStation 2, PPSSPP untuk PSP dan masih banyak lagi. Namun, semakin maju teknologi konsol, semakin sulit juga komunitas menghadirkan emulator yang mampu memainkan game-game zaman now dengan lancar.

Sebagai contoh, PlayStation 3 yang sudah hampir 15 tahun meluncur, baru bisa memainkan beberapa game-game PS3 dengan lancar dalam beberapa tahun belakangan, dan itupun memerlukan PC dengan spesifikasi tinggi. Salah satu alasannya adalah karena konsol PS3 memiliki arsitektur mesin yang cukup rumit, bahkan membuat para developer game kewalahan dalam membawa gamenya ke konsol tersebut.

PlayStation 3

Setidaknya penulis menemukan eksistensi 5 emulator yang dikembangkan untuk meng-emulate mesin PS3 di dalam PC. Dan sebagai informasi, beberapa emulator PS3 yang penulis deretkan disini mungkin sudah tidak di update atau memang telah berhenti perkembangannya. Penulis akan sertakan link jika kamu tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam.


1. Nucleus

Nucleus merupakan open source emulator PS3 yang dikembangkan seorang diri oleh pria bernama Alexandro Sanchez atau lebih dikenal sebagai AlexAltea. AlexAltea juga diketahui tengah mengembangkan emulator PS4 bernama Orbital yang kamu bisa cek pada halaman ini.

Emulator Nucleus sendiri sayangnya tidak dilanjutkan lebih jauh dan sang pengembang juga nampaknya lebih fokus dalam mengerjakan emulator Orbital nya. Kamu yang tertarik untuk mengetahui emulator Nucleus lebih lengkap bisa mengunjungi halaman ini.


2. Short Waves

Short Waves merupakan emulator PS3 yang dikembangkan semenjak tahun 2012 oleh InoriRus dan memiliki lisensi Freeware. Sama seperti sebelumnya, Short Waves bisa dikatakan berada di tahap awal, dimana emulator tersebut baru bisa menjalankan beberapa homebrew apps.

Namun yang membuat emulator ini sempat jadi perbincangan adalah kemampuannya yang mampu menjalankan tes-tes yang cukup kompleks, dimana pada saat itu RPCS3 pun (yang kini paling depan dalam menghadirkan emulator PS3) belum mampu menandinginya. Kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut pada halaman ini.


3. PS3F

PS3F merupakan emulator PS3 yang dibuat oleh Shima, pengembang yang juga menghadirkan closed-source emulator SSF atau yang dikenal sebagai emulator untuk memainkan game-game Sega Saturn yang paling mumpuni.

Namun sayang, seperti dua emulator sebelumnya, pengembangan emulator PS3F sendiri tidak sesukses SSF, dimana masih berada di tahap awal dan masih belum mampu memainkan game. Kamu yang bisa berberhasa Jepang bisa cek pengembangannya pada halaman ini.


4. ps3emu

Setelah 3 emulator sebelumnya masih berada di tahap awal dan belum bisa memainkan game, ps3emu jadi salah satu emulator PS3 yang sudah bisa menjalankan game. Emulator satu ini bertujuan menghadirkan framework untuk porting game-game PS3 menuju x86_64 Linux dan berusaha untuk recompile sebanyak mungkin coding PS3 ke sistem x86.

Namun perlu diketahui juga bahwa ada beberapa user yang mengatakan bahwa ps3emu ini terdapat virus di dalamnya. Sehingga kamu yang mencobanya harap untuk menanggung sendiri resikonya. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut ps3emu pada halaman ini.


5. RPCS3

RPCS3 mungkin satu-satunya emulator PS3 terbaik saat ini. Sudah cukup terbukti dapat memainkan setidaknya lebih dari 1000 game dengan cukup lancar, walau pemain masih akan menemui banyak bug dan glitch saat bermain.

Penulis sangat menyarankan untuk menggunakan emulator RPCS3 ini jika kamu memang ingin bermain game-game PS3. Kamu bisa cek emulator RPCS3 selengkapnya pada halaman ini.

Exit mobile version