5 Game yang Secara Tidak Langsung Dapat Memicu Batalnya Pahala Puasa

in ,

Bulan Ramadhan tentu dikenal sebagai masa-masa dimana umat Muslim sedunia menjalankan ibadah puasa secara serentak demi mendulang pahala. Tidak hanya sekadar menahan rasa haus dan lapar tentunya, tapi juga meredam segala jenis nafsu seperti berahi dan amarah, maupun perbuatan-perbuatan yang bisa merugikan orang lain.

Bermain video game tentunya bisa menjadi salah satu alternatif medium hiburan ataupun distraksi sampai waktu berbuka puasa. Walau memang bermain video game sendiri tidak dipermasalahkan saat berpuasa, namun tidak sedikit di antaranya yang secara tidak langsung dapat menjadi pemicu batalnya dan hilangnya pahala puasa.

Maka dari itu, berikut 5 video game yang sejatinya lebih baik dihindari agar pahala dan puasamu berjalan dengan lancar.

1. Soulsborne / Soulslike

Bagi kamu yang susah git gud, mungkin harus menghindari game-game seperti Dark Souls, Bloodborne dan Sekiro. Game-game garapan FromSoftware tersebut cukup terkenal akan membuat para pemainnya meluapkan amarah tak terkendali karena dianggap terlalu sulit.

Walau memang marah sendiri tidak membatalkan puasa (via Kompas), hal tersebut tetap dapat mempengaruhi kualitas ibadah puasa, seperti membuat hati tak tenang dan menjalar menjadi pemicu perbuatan yang sejatinya dapat membatalkan pahala.

Selain game-game buatan FromSoftware, beberapa game berikut juga perlu kamu hindari jika tidak ingin marah-marah saat bermain video game; Hollow Knight, Nioh, Hades, Cuphead dan lain-lain.

2. Dead or Alive

Game garapan Team Ninja satu ini tentu saja merupakan satu dari sekian banyak game yang harus dihindari jika kamu lemah syahwat. Dead or Alive, terutama spin-off Extreme yang bisa dimainkan secara gratis, dimana mengumpulkan para karakter wanita menawannya untuk berlibur dan melakukan aktivitas penuh keringat dalam balutan pakaian minim ini sejatinya harus kamu hindari.

Selain Dead or Alive, beberapa game populer serupa berikut juga lebih baik dihindari jika tidak ingin memicu hasrat ‘mengocok’ saat berpuasa; Huniepop, Subverse, Atelier Ryza, Koikatsu, Honey Select, Nekopara, hingga game-game Visual Novel secara umum.

3. Among Us

Sebagai Crewmate, mungkin tidak terlalu bermasalah karena salah satu objektif permainannya adalah menemukan sang Impostor. Namun ketika menjadi Impostor, dimana membuatmu harus berbohong kepada pemain lain agar tidak ketahuan dan memenangkan permainan, tentu akan mengurangi dan membatalkan pahala puasa.

Apalagi jika bermain bersama teman dekat. Jika salah satu dari antara kalian adalah Impostor, maka bersiap-siaplah akan pertengkaran-pertengkaran kecil, terkadang besar, yang dapat mengurangi kualitas ibadah puasa.

Selain Among Us, berikut beberapa game serupa yang lebih baik dihindari jika tidak ingin berbohong saat bermain video game; Project Winter, Deceit, Town of Salem, Barotrauma dan lain-lain.

4. Game Kompetitif

Bermain game online kompetitif, terutama di server SEA mungkin lebih baik dihindari daripada memicu amarah dan darah tinggi selama bulan puasa. Tentu sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak sedikit pemain-pemain SEA, bahkan Indonesia kurang memiliki sportifitas. Sudah cupu, toxic pula, kamu yang berjuang mati-matian meng-carry para sampah tersebut namun kalah tentu akan menyisakan pahit mendalam, kemudian bisa saja ikutan berubah jadi toxic.

Beberapa game online kompetitif yang populer diantaranya seperti; Wild Rift, Mobile Legends, AoV, Dota 2, CS:GO, Overwatch, Valorant, Apex Legends dan lain-lain.

5. Game Bergacha

Semua hal yang bergantung sepenuhnya pada keberuntungan sejatinya adalah judi. Dalam hal ini, permainan yang memiliki sistem gacha juga perlu diperhatikan. Karena ketika kamu menggunakan uang sungguhan untuk menarik gacha, maka hal tersebut sudah masuk ke ranah judi. Walau demikian, selama gacha yang ditarik hanya melalui in-game currency yang didapat secara grinding seharusnya tidak masalah (red).

Tidak hanya aspek judi aja, kamu yang suka pamer hasil gacha bagus di media sosial juga perlu diperhatikan. Karena bisa saja hal tersebut memicu rasa iri dengki kawan-kawanmu, dan kamu sendiri telah melakukan riya yang dapat mengurangi pahala ibadah puasa.

Beberapa game gacha diantaranya tentu saja Genshin Impact, Arknights, Fate/Grand Order, Grandblue Fantasy, Uma Musume Pretty Derby, Azur Lane dan lain-lain.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bermain video game memang tidak membatalkan puasa, namun kamu tetap harus hati-hati dengan konten yang disajikannya. Jika imanmu kuat, maka silahkan saja dan menjadikan game-game di atas sebagai salah satu tantangan yang ingin kamu taklukan untuk Ramadhan tahun ini.

Nah, kira-kira kamu setuju gak brott dengan game-game di atas? Atau kamu justru tahu game lainnya yang nggak kalah berbahaya kala dimainkan saat berpuasa? Yuk, langsung share aja di kolom komentar yes!


Baca juga Listicle menarik lainnya atau artikel keren lain dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]