6 Alasan Mengapa Smartphone Xiaomi Murah

xiaomi thumbail

Siapa sih yang ngga tau Xiaomi, dimanapun kamu berada pasti disana ada pengguna merk ini karena selain harganya yang murah Vendor ini juga membawa spesifikasi yang dibilang mumpuni, bagaimana tidak dengan harga yang begitu miring namun spesifikasi yang dibawa seperti spesifikasi Smartphone dengan harga  atasnya, bisa dibilang ini adalah saingan terberat bagi Vendor kompetitor lain. Xiaomi sendiri adalah Smartphone pabrikan asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia mulai tahun 2014 melalui Flash Sale di Lazada yang memecahkan rekor dimana ludes terjual hanya dalam 30 detik. Nah bagaimana nih strategi xiaomi mempunyai harga murah, nih 6 alasan mengapa ponsel Xiaomi murah.

Minim iklan

Apakah kalian pernah melihat iklan Smartphone merk Xiaomi di tv? Mungkin kalian akan bilang tidak karena kenyataanya memang xiaomi tidak pernah mengiklankan produknya pada media-media stasiun tv. Tidak seperti vendor lain Xiaomi bisa dibilang tidak pernah mengiklankan produknya secara massive untuk menggaet pembeli, kalian setuju pasti apabila sebuah vendor smartphone akan menyediakan budget besar-besaran untuk mempromosikan produknya bahkan ada yang dalam peluncuranya menyewa 11 stasiun Tv dan launching di candi Borobudur, tentunya ini akan memperbesar cost yang menurut xiaomi itu kurang relevan dengan begitu maka budget xiaomi untuk iklan bisa dibilang sangat minim jika dibanding vendor kompetitor.


Kerjasama strategis dengan Qualcomm

Semua ponsel yang xiaomi buat pasti kebanyakan akan menggunakan SoC dari Qualcomm. Ternyata Xiaomi menjalin kerja sama dengan vendor pembuat SoC atau procecor asal California Amerika ini. Dengan begitu maka Xiaomi bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari Qualcomm tentu saja ini akan memangkas cost dalam pembuatan sebuah Smartphone dari Xiaomi.

Penjualan secara Online

Mungkin saat ini xiaomi sudah mulai membuka gerai resmi mereka di Indonesia, namun tetap saja gerai resmi yang saat ini ada di Indonesia terbilang sangat sedikit dan hanya ada dibeberapa kota besar saja tentunya. Maka dari itu bisa dibilang xiaomi masih mengandalakan penjualan secara online terbukti dimana dia masih mengandalkan Flash Sale untuk produk-produk terbaru mereka terutama Smartphone.


Komunitas dan Fans yang besar

Jangan bilang kamu tahu xiaomi jika tidak mengenal Mi Fans. Mi Fans adalah sebuah julukan bagi mereka yang menyukai xiaomi dan tergila-gila dengan produk dari xiaomi dan membuat xiaomi menjadi besar seperti sekarang. Komunitas Mi Fans yang tersebar di berbagai kota membuat mereka menjadi salah satu media promosi dari xiaomi dan itu terbukti sangat bekerja bagi promosi xiaomi.


Keuntungan yang sedikit

Presiden Xiaomi Lei Jun pernah berkata bahwa keuntungan dari satu ponsel xiaomi itu hanya sekitar 5% saja. Dengan begitu maka xiaomi menekan keuntungan dari setiap ponsel mereka. Namun dengan keuntungan yang sedikit tapi target penjualan yang besar sepertinya ini tidak begitu masalah bagi xiaomi selama mereka berhasil menjual unit mereka dengan besar.


Pandai Membaca Pasar

 

Xiaomi sangat pandai dalam membaca pasar, alih-alih memperluas penjualanya ke berbagai negara. Xiaomi justru fokus terhadap penjualan mereka ke negara-negara yang memiliki minat besar dari produknya seperti Indonesia, mereka terus menggempur dengan produk-produk mereka sampai membuka gerai—gerai resmi diberbagai kota besar di Indonesia.


Pangsa Pasar

Untuk negara-negara berkembang seperti Indonesia Xiaomi memfokuskan produk seri redmi mereka yang dikategorikan ponsel untuk versi low end dengan begitu mereka menargetkan konsumen Indonesia adalah para keluarga dengan penghasilan menengah dan menengah kebawah yang ingin merasakan Smartphone kualitas bagus namun harga yang masih terjangkau di kantong.


Jadi itu adalah beberapa alasan mengapa ponsel keluaran Xiaomi harganya bisa murah versi kami, kalau kalian punya pendapat pribadi silahkan komentar di bawah ya brott.

 

*Dirangkum dari berbagai sumber

Exit mobile version