Snapdragon 675 Chipset ‘Kentang’ Tapi Komplit Siap Rilis Awal 2019

in ,

Hei sobat Kentang/Mid-ranger? atau apalah itu semua, ada info nih brott untuk kalian hehe

Qualcomm terus mengembangkan chipset kentang alias Mid-range nya sebagai andalan untuk merenggut pasar kelas ‘Kentang’ juga tentunya kesukaan rakyat Indonesia hehehe, mungkin sudah waktunya bagi penerus Snapdragon 670 untuk memberikan peningkatan fungsi AI, performa Game yang lebih baik, dan dukungan untuk sensor kamera yang lebih baik. Itulah sebabnya Qualcomm telah memperpanjang seri Snapdragon 600 mid-range dengan model terbarunya yaitu Snapdragon 675 untuk Mobile Platform.


hal Ini tentunya akan mengurangi tingkatan kinerja sebagai perbandingan antara Snapdragon seri 710 dan seri Snapdragon 800. Akhirnya, produsen akan memiliki lebih banyak kebebasan untuk berkreasi dan menetapkan harga perangkat mereka dengan cara yang kompetitif menurut kelasnya masing-masing, sementara itu pengguna Smartphone tentunya  akan dapat menikmati fitur premium tanpa mengeluarkan dana yang tergolong tinggi untuk mendapatkan fitur kelas premium dengan harga terjangkau berkat kebebasan kreasi dari setiap kelas Chipset yang Qualcomm kembangkan.

Snapdragon 675 Memiliki Arsitektur Custom Kryo 460, Bersamaan Dengan ‘Cutting-Edge- AI Photography

Chip terbaru ini menampilkan arsitektur Kryo 460 yang ditanam pada ARM’s Cortex-A76 core yang sudah disesuaikan. Satu-satunya chip di pasar yang memiliki CPU kelas ini adalah Huawei Kirin 980. CPU octa-core (2 x Cortex-A76 + 6 x Cortex-A55) dapat mencapai kecepatan clock 2GHz, yang meningkatkan kinerja keseluruhan sebesar 20 persen dibandingkan dengan seri generasi sebelumnya. The Snapdragon 675 Mobile Platform juga akan dapat menawarkan frame-rate tinggi dan pengalaman bermain yang lebih baik karena Adreno 612 GPU, karena didukung dengan RAM hingga 8GB.

SoC terbaru juga mendukung mesin game seperti Unreal, Unity, NeoX, dan Messiah.Hal Ini juga menyediakan dukungan untuk tools dan API seperti OpenGL 3.2, OpenCL, Vulkan, dan profiler Snapdragon untuk meningkatkan kinerja permainan pada perangkat yang tidak tergolong Flagship atau bisa kita bilang ‘Kentang’. Chip ini juga memiliki modem Snapdragon X12 yang dapat mencapai kecepatan download hingga 600Mbps.

Snapdragon 675 juga memiliki ISP Qualcomm 250L (Prosesor Sinyal Gambar), yang akan memungkinkan pengguna smartphone untuk mengambil foto tingkat studio. Support Tripple kamera. Chipset ini juga akan memfasilitasi mode potret yang ditingkatkan dan 3D Face Unlock. Perekaman video gerak lambat/Slow motion HD di 480FPS juga merupakan bagian dari paket yang ada dalam SoC, serta support Quick Charge 4+. Hmmmm…

Qualcomm juga mengklaim Chipset ini sudah teruji dibeberapa game mobile terkenal.

Salah satu highlights milik Snapdragon 675 Mobile Platform adalah mesin AI multi-core yang meningkatkan kinerja aplikasi AI hingga hampir 50 persen. Chip akan mempelajari dan merekam perilaku pengguna dari waktu ke waktu dan menyesuaikannya dengan kebiasaan sang pengguna. Karena dibuat pada node 11nm berarti fakta chipset terbaru ini akan lebih murah untuk diproduksi oleh produsen dibandingkan dengan Snapdragon 710.

Qualcomm telah membuat Snapdragon 675 tersedia untuk berbagai kalangan untuk bermitra, dan rencananya 2019 akan menjadi debut dari Snapdragon 675 ini brott, patut kita nanti.

Sumber: Qualcomm, WCCFTech, dan GsmArena