7 Alasan Lagu Indonesia Selalu Menjadi Playlist Andalan di Warnet

in ,
Lagu Indonesia Warnet

Kalau kita perhatikan secara seksama, seluruh warnet di negeri kita seringkali memutar lagu Indonesia sebagai lagu pengiringnya. Memang terkadang lagu asing juga diputar. Tapi apabila dibandingkan lagi, yang lebih sering  diputar adalah lagu Indonesia.

Memang hal ini tidaklah salah sama sekali. Namun kitapun menjadi penasaran dengan hal ini bukan? Mengapa lagu Indonesia yang lebih sering dijadikan playlist warnetnya? Berikut adalah 7 alasan utamanya.

 

1. Tidak Semua Bisa Berbahasa Inggris

Walaupun kita sudah berada di tahun 2021 yang super canggih dan instan, faktanya masih banyak orang Indonesia yang tidak bisa berbahasa Inggris. Jangankan untuk memahami sebuah lagu. Untuk melakukan percakapan sehari-hari saja sulit.

Ketika di warnet, pada dasarnya kita ingin fokus untuk mengerjakan pekerjaan kita. Tapi tak dipungkiri ketika mendengar lagu yang diputar, kita pun juga ingin menikmatinya. Nah bagaimana kita akan menikmati lagu berbahasa asing tersebut, jika kita saja tidak paham dengan bahasanya?

 

2. Gampang Dicerna

Karena kita paham dan bisa berbahasa Indonesia, otomatis kita menjadi mudah untuk mencerna lagu-lagu Indonesia yang sedang diputar. Bahkan tak jarang kita ikut bersenandung kecil-kecilan.

Lagipula rata-rata genre lagu Indonesia (apalagi dangdut), pada dasarnya jauh lebih enteng di kedua telinga. Tidak seperti genre lagu asing yang cenderung terasa lebih berat dan “sulit”.

 

3. Tidak Semua Berselera Dengan Lagu Asing

Semenjak beberapa dekade belakangan, lagu asing (terutama barat) adalah lagu yang lebih dominan di Indonesia. Walau demikian, toh tidak semua warga Indonesia juga berselera dengan lagu tersebut.

Hal ini bisa kita buktikan sendiri dengan lagu Pop, Melayu, dan Dangdut yang sangat besar penikmatnya. Sehingga tidak heran jika OP warnet lebih ingin “cari aman” dengan memutar lagu-lagu dari Indonesia saja.

 

4. Lebih Fokus Dalam Melakukan Aktivitas Warnet

Untuk poin ini ada 2 sisi yang bisa dilihat. Pertama adalah dari sisi mereka yang penggemar lagu Indonesia. Tentunya karena mereka penggemar, alhasil mereka pun menjadi lebih bersamangat untuk browsing atau kerja di warnetnya.

Sedangkan sisi kedua adalah dari sisi yang bukan penggemar lagu Indonesia. Secara logika, semesatinya kalau tidak suka, jadinya malah terganggu serta tidak bisa fokus dalam melakukan aktivitasnya

Namun tidak selalu begitu juga. Malah kalau menurut saya, karena tidak suka jadinya kita bisa dengan gampang mengacuhkan lagu Indonesia yang sedang diputar. Sehingga kita pun bisa berfokus secara maksimal terhadap aktivitas yang sedang dilakukan.

 

5. Pengaruh Strata Sosial

Poin ini bukan bermaksud menghina atau merendahkan dalam bentuk apapun. Melainkan, untuk menunjukkan kenyataan yang ada di lapangan. Jadi mohon jangan langsung trigger ya. Baca dan pahami dulu oke?

Maksud poin ini adalah mengacu ke rata-rata latar strata sosial OP dan pengunjung warnetnya. Faktanya rata-rata latar strata mereka adalah yang berasal dari kelas C dan D. Maksudnya?

Kelas C dan D adalah mengacu pada pembagian kelas atau strata sosial seseorang. Kelas C & D mengacu ke mereka yang memiliki latar belakang pendidikan serta taraf ekonomi yang sangat rendah.

Sehingga dengan latar belakang tersebut, maka selera musik merekapun juga cenderung yang super enteng dan mudah dipahami saja. Memang ada juga pengunjung dan OP dari kelas tersebut yang berselera dengan lagu asing namun, jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

 

6. Media Edukasi Musik Indonesia

Poin ini juga bisa diambil dari dua sisi yaitu: Mereka yang selalu update lagu-lagu Indonesia dan mereka yang tidak. Namun, poin ini memang lebih ditujukan ke pengunjung yang berselera musik asing.

Tipe pengunjung seperti ini, tak dipungkiri kurang update dengan perkembangan lagu-lagu baru dari Indonesia. Dan seperti kita ketahui, rata-rata warnet Indonesia selalu memutar lagu-lagu Indonesia yang sedang top dan hot.

Alhasil dengan kebiasaan yang dilakukan oleh OP-OP warnet kita tersebut, hal ini bisa membuat pengunjungnya tidak ketinggalan dengan lagu-lagu Indonesia yang sedang tren saat ini.

 

7. Kita Tinggal di Indonesia

Dan inilah alasan super logis dari seluruh alasan yang terdapat di dalam pembahasan ini. Logikanya, warnet beserta OP dan pengunjungnya berasal dan tinggal di Indonesia bukan. Jadi wajar kalau lagu Indonesia yang sering diputar.

Hal ini pastinya juga berlaku bagi warnet negara lain seperti di Jepang, Cina, Malaysia, atau bahkan mungkin Afrika. Mereka tentunya juga lebih sering memutar lagu yang berasal dari kampung mereka sendiri tersebut.

Itulah tadi 7 alasan utama mengapa rata-rata warnet di negeri kita lebih sering memutar lagu Indonesia sebagai playlist-nya. Bagaimanakah pendapatmu dengan pembahasan ini? Dan apakah kamu fans lagu Indonesia atau justru fans lagu asing?


Baca pula segala informasi lain terkait Lagu Warnet, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Marvin Emir Ciputra. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

 

Marvin

Written by Marvin

Pop Culture Freaks, Music Junkie, Singer, and everything in between.. :)