7 Boss di Video Game yang Susah dan Lama Untuk Dikalahin

Bos Video Game Yang Susah dan Lama Untuk Dikalahkan

Kita semua tahu sekali kalau main video game adalah kegiatan yang bisa membuat kita bahagia. Hal ini dikarenakan ketika kita main video game, seluruh stres yang sedang kita rasakan bisa langsung mereda bahkan, hilang.

Namun tak memungkiri bahwa seringkali juga kita merasakan yang sebaliknya. Ya, tidak jarang juga kita justru malah puyeng binti stress sendiri ketika main video game-nya.

Dan biasanya, hal ini difaktori oleh kesulitan yang amat sangat baik dari level-nya, maupun dari bos-bos yang kita hadapi. Dan faktanya, memang banyak sekali bos video game yang sangat susah dan memakan waktu sangat lama untuk dikalahkan.

Namun dari semua, rasanya hanya 7 bos inilah yang saking susahnya, membuat kita stres habis-habisan.

1. The End (Metal Gear Solid 3: Snake Eater)

Oke, mungkin beberapa dari kalian bisa dan gampang-gampang saja dalam mengalahkan si kakek tua sniper ini. Tapi semudah-mudahnya kalian mengalahkan, pasti kalian melalui beberapa kali trial & error dulu bukan?

Karena seperti kita ketahui, ketika menghadapinya, kita tidak bisa melihat secara persis posisinya. Sedangkan ia bisa. Sehingga sekali lagi, tak heran jika kitapun sering langsung tewas ditembak olehnya.

Nah sebenarnya, terdapat beberapa trik untuk menghadapinya. Seperti, kita mencari jalan pintas untuk sampai ke Ponizovje Warehouse dimana The End sedang duduk santai bersama anak buahnya lalu, kita menembaknya dengan sniper milik kita.

Atau kalau mau yang lebih menantang, kita cari dan bidik saja dengan sniper kita di lokasi boss battle-nya. Namun ada lagi cara yang lebih gampang dan membuat kita tidak terus-terusan frustasi. Dan cara ini bisa kita katakan the ultimate cheat.

Spesifiknya, adalah dengan memajukan waktu di jam console PS kita. Jadi begini, pertama kita save dulu tepat sebelum checkpoint level bertemu The End. Kalau sudah lepas dulu DVD MGS3, dan nyalakan console tanpa DVD di dalamnya.

Setelah itu langsung atur ulang hari dan jam console kita. Spesifiknya, atur menjadi 7 atau 8 hari kemudian. Contoh, misalkan sekarang tanggal 18 September, maka atur ke tanggal 25 atau 26 September.

Setelah itu, load lagi data save tersebut. Nantinya ketika kita sampai di level-nya, kita akan melihat The End telah tewas karena usia sudah tua.

Cara mengalahkan bos dengan melakukan aktivitas / perintah real-life ini, mengingatkan kita ke bos Psycho Mantis di Metal Gear Solid (1998) di console PS1 dulu.

Kalau kita masih ingat, untuk mengalahkan Mantis, pertama-tama kita harus mencabut controller kita dari port-nya, lalu memindahkannya ke port controller kedua. Elemen gameplay realistis seperti inilah yang membuat franchise MGS, begitu dicintai hingga sekarang.

2. Shao Khan (Seluruh Mortal Kombat)

Mau itu di debut game Mortal Kombat-nya, Mortal Kombat II (1993), atau di reboot-nya, Mortal Kombat (2011), yang jelas Shao Khan adalah bos paling ribet dan susah di franchise MK.

Hal ini dikarenakan ia memiliki tubuh yang tinggi, intimidatif, namun di saat yang sama sangat gesit gerakannya. Selain itu ketika menyerang, ia sangat agresif dan bertubi-tubi. Mau menggunakan tangan, kaki, kekuatan sinar energi, bahkan palu, semuanya memakan bar helath yang sangat signifikan.

Bahkan, walau sudah menggunakan si ninja es, Sub-Zero pun, potensi untuk langsung tewas itu masih ada. Jadi bagaimana untuk mengalahkannya? Sebenarnya memakai siapapun tidak masalah.

Yang penting ingat 2 kunci ini saja: Gunakan kombinasi atau jurus yang kita anggap sangat jitu untuk mengalahkannya, dan yang terpenting adalah rajin-rajin menghindar dan menangkis. Jangan gegabah langsung serang saja. SABAR. Kalau dirasa memang sudah waktunya untuk menyerang, baru kita serang.

3. Nemesis (Resident Evil 3: Nemesis)

Baik di versi orisinil tahun 1999 PS1 atau versi remake PS4, sosok mimpi buruk Jill Valentine ini memang sangatmengerikan. Bukan hanya karena wajah dan sikap stalking-nya, namun untuk mengalahkannya pun juga tidak semudah menembak pasukan zombie-zombie kecil itu.

Jadi untuk bisa mengalahkannya, kita harus memiliki stok medis (first aid kit dan herbs) serta peluru yang banyak. Dan tentunya sebisa mungkin, kita sudah memiliki persenjataan yang mumpuni seperti shotgun dan magnum.

Namun semua perlengkapan tersebut akan percuma saja jika kita malas untuk menghindar. Jadi rajin-rajinlah melakukan trik tembak-menghindar ketika menghadapi sosok bos Resdient Evil yang super ikonik ini.

4. Azazel (Tekken 6)

Selain karena gameplay tarungnya yang asyik, faktor lain yang membuat franchise Tekken begitu disukai hingga detik ini adalah pertarungan dengan bos di tiap serinya.

Pertarungannya tetap menantang, namun secara general, sangat mudah untuk dieksekusi. Namun pernyataan ini langsung sirna ketika kita menghadapi bos Tekken 6 (2009) ini.

Satu kata: GILA! Ya, itulah 1 kata yang pas untuk mendeskripsikan pertarungan kita dengan monster ini. Mau pakai Jack-6 atau Kazuya Mishima pun, melawan sosok ini benar-benar membuat jari-jari menjadi sakit dan kepala pusing tujuh keliling sendiri.

Kita main serang terus, ia akan langsung berontak dan mengeluarkan sinar laser-nya, kita banyak menangkis, tetap saja ia akan mencari cara untuk bisa mempenetrasi pertahanan, melakukan banyak side-step pun juga terkadang masih bisa fatal.

Belum lagi ketika ia bertransformasi ke wujud keduanya di ronde 2. Jadi bagaimana cara untuk mengalahkannya? Ya, satu-satunya cara harus bisa mengingat semua pola (pattern) gerakan dan momen yang pas untuk menjatuhkannya.

Namun perlu saya ingatkan lagi, walau sudah melakukan langkaj tersebut, tetap saja kita masih kesulitan menghadapinya. Azazel tak memungkiri, adalah bos tersulit di franchise game Tekken sejauh ini.

5. Mike Tyson (Punch Out!!)

Kalau kamu sampai belum pernah merasakan atau paling tidak mendengar kelegendarisan game tinju Mikle Tyson NES ini, entahlah saya harus bagaimana lagi.

Karena, bahkan mereka-mereka yang gamer biasa-biasa saja sekalipun, tahu dengan game ini. Hal ini dikarenakan bos terakhir game-nya, si Mike Tyson sendiri, yang sangat susah sekali untuk kita knockout.

Terbukti semenjak game-nya dirilis di bulan Oktober 1987, semua gamer dari generasi tersebut hingga generasi kekinian yang baru memainkan, gagal total untuk meninju si petinju berjulukan leher beton ini.

Bahkan Tyson sendiri juga kalah untuk mengalahkan versi game-nya ini ketika ia memainkan game-nya di episode program The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, akhir Oktober 2014 silam.

Walau demikian, bukan berarti kita tidak bisa mengalahkannya. Kunci utamanya adalah menghindari pukulan-pukulannya dan yang paling utama, kita harus memiliki timing yang benar-benar pas untuk bisa memukulnya.

Jangan terlalu lambat atau terlalu cepat. Dan untuk bisa melakukan ini, kita memang harus berkali-kali game over dulu. Well, di kehidupan nyata saja kita harus gagal dulu berkali-kali sebelum akhirnya berhasil bukan?

6. Senator Armstrong (Metal Gear Rising: Revengeance)

Sebenarnya kalau kita lihat secara kasat mata, Senator Armstrong sama saja seperti kita-kita yang manusia biasa. Namun sayangnya, ia melakukan kecurangan dengan menanamkan chip nanoteknologi di dalam tubuhnya.

Chip inilah yang akhirnya membuat kekuatan dan ketahanan tubuhnya meningkat drastis. Sehingga kita sebagai Raiden, menjadi super kerepotan untuk mengalahkannya.

Jadi kunci utama untuk mengalahkannya adalah dengan bersabar. Lakukan serangan normal kepadanya dan menghindar terus saja. Nah nanti, ketika sudah memasuki tahapan akhir kedua, baru kita serang dengan serangan-serangan super spesial yang kita miliki.

7. The Nameless King (Dark Souls III)

Rasanya bukanlah hal yang berlebihan jika mengatakan franchise Dark Souls, adalah salah satu franchise game yang sangat sulit. Karena kenyataannya memanglah demikian. Silahkan kalian tanya saja sendiri ke mereka-mereka yang sudah memainkannya.

Nah, dengan pernyataan tersebut, maka tidaklah mengherankan juga apabila bos-bos game-nya pun juga sangat sulit. Dan The Nameless King di Dark Souls III (2016), adalah salah satu bos teruslit di franchise-nya ini.

Selain memiliki banyak ide serangan dari berbagai sisi, ia juga memiliki naga peliharaan. Nah, kita juga harus mengalahkan naganya ini. Sehingga, melawannya ini benar-benar merupakan perjuangan yang berekstra-ekstra beratnya.

Satu-satunya jalan untuk mengalahkannya, adalah dengan mengingat (memorize) semua serangan dan gerakannya. Tangkis sebanyak mungkin dan, langsung serang ketika melihat kesempatan yang pas.

Itulah tadi 7 bos game yang susah dan lama untuk dikalahkan. Semoga pembahasan ini bisa membantu kalian untuk mengalahkan mereka ya guys!

7 Boss di Video Game yang Susah dan Lama Untuk Dikalahin 12

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Video Game atau artikel lainnya dari Marvin Emir Ciputra. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version