7 Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Mudah untuk Dilakukan

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Sampai saat ini, masih banyak orang yang cari Cara Mengatasi Laptop Lemot. Meski laptop tersebut tergolong ‘baru’, namun tak jamin bahwa laptop tersebut dapat bebas dari masalah yang ada, di antaranya lemot.

Ya, kami paham betul bahwa ada banyak sekali faktor yang dasari masalah yang seolah tak ada habisnya ini. Bahkan, beberapa orang ada yang lebih memilih untuk berpuas diri padahal laptop tersebut menjerit karena kemampuannya tak memadai.

Nah, lalui bahasan ringan kali ini, berikut adalah Cara Mengatasi Laptop Lemot yang tentunya mudah untuk dilakukan oleh pemula sekalipun.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Lalui Cara Mengatasi Laptop Lemot kali ini, kami harap brott semua dapat memaksimalkan potensi dari laptop yang temani aktivitas sehari-hari. Intinya, cara yang kami maksud ini tak hanya tawarkan kecepatan, melainkan kepuasan ketika gunakannya.

Namun, kalian semua harus paham betul bahwa untuk dapatkan performa yang diinginkan akan butuhkan alokasi dana. Tenang, biasanya untuk memaksimalkan potensi dari sebuah laptop takkan kuras isi dompetmu sampai kering kok, brott!

1. Tambah Kapasitas RAM Sesuai dengan Kebutuhan

Kebanyakan laptop yang beredar di pasaran saat ini masih didominasi 4GB, namun eksistensi memory 8GB mulai jadi standar masa kini. Artinya, mulai banyak orang yang melek betapa pentingnya kapasitas memory meski hanya digunakan untuk office sekalipun.

Harus dicatat bahwa Cara Mengatasi Laptop Lemot satu ini harus berpedoman pada spesifikasi awal kamu membeli laptop tersebut. Di mana beberapa brand akan batasi kapasitas maksimal dari laptop dengan nomor seri tertentu. Ini sedikit tricky untuk dilakukan, namun lebih baik daripada sesal di kemudian hari, brott.

Tak lupa kami sertakan contoh untuk dapat kamu jadikan referensi:

Sumber: Lenovo

Idealnya, menambah kapasitas RAM setidaknya 4GB (bila sebelumnya hanya 4GB) terbukti akan buat sistem laptop-mu dapat lebih responsif untuk sehari-hari.

2. Masalah di Hard Disk

Cara Mengatasi Laptop Lemot kedua yang bisa kamu praktekkan adalah dengan cek apakah ada masalah di media penyimpanan. Terlepas kamu gunakan hard disk konvensional ataupun SSD (NVMe atau SATA), umumnya laptop akan terasa lemot ketika digunakan.

Mulai dari menipisnya kapasitas yang tersedia maupun permasalahan lainnya yang cukup serius, tentu butuhkan penanganan yang berbeda pula. Faktor lainnya adalah penyimpanan yang bad sector, buat masalah akan makin rumit bila tak segera ditangani.

Kendati demikian, pemakaian SSD untuk laptop di zaman now adalah sebuah kewajiban untuk muluskan semua aktivitas yang kita lakukan sehari-hari.

3. Terlalu Banyak Memasang Aplikasi

Faktor lain yang dapat buat laptop-mu lelet adalah terlalu banyak memasang aplikasi. Selain habiskan kapasitas media penyimpanan, kami merasa bahwa tak semua aplikasi akan digunakan secara berdampingan oleh user tersebut.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Foto: Dokumentasi Pribadi Penulis

Kebanyakan orang hanya jalankan satu atau dua aplikasi di saat yang sama, buat aplikasi lain tak terlalu dibutuhkan. Jadi, Cara Mengatasi Laptop Lemot lainnya tentu hapus aplikasi yang sekiranya tak digunakan, karena umumnya bisa buat laptop-mu lemot masuk ke dalam sistem operasi.

4. Hapus atau Pindahkan File yang Tak Digunakan

Percaya atau tidak, Cara Mengatasi Laptop Lemot berikutnya adalah dengan hapus atau pindahkan file yang tak digunakan tadi.

Untuk file sampah, biasanya dapat kita temui di Recycle Bin, atau Temporary File yang mana merupakan wujud dari sampah komputer. Bila sampai tertumpuk cukup lama, besar file sampah tersebut bisa saja untuk jadi modal install satu dua aplikasi.

Alternatif lainnya ialah dengan memindahkan file yang tak digunakan tadi ke hard disk eksternal atau lalui penyimpanan cloud.

5. Terkena Serangan Virus atau Malware

Sebenarnya terkena serangan virus atau malware miliki dampak yang kurang lebih sama, di mana laptop bakalan jadi lemot. Tak jarang ‘mengobati’ laptop yang terkena virus atau malware tersebut akan jadi sangat sulit karena lambatnya eksekusi yang dilakukan laptop.

Ilustrasi Malware

Cara satu-satunya untuk atasi ini adalah dengan tabah bersihkan virus atau malware dari laptop, atau semudah ‘install ulang’.

Penulis sempat membahas malware dari sebuah emulator Android, yang mana malware tersebut kala itu dinamakan ‘Segurazo’. Niatan untuk mainkan games yang kala itu booming pupus sudah, karena banyak sekali data yang seharusnya dipindahkan malah lenyap bak ditelan bumi.

6. Terlalu Banyak Anti-Virus

Jangan salah, Cara Mengatasi Laptop Lemot yang mudah dilakukan oleh pemula sekalipun ini adalah dengan menyadari bahwa makin banyak anti-virus justru malah beratkan sistem. Eksistensi dari Windows Defender sendiri sudah lebih dari cukup, namun tak ada salahnya untuk tambahkan anti-virus yang sekiranya tak memberatkan.

Kebetulan kami ada beberapa anti-virus yang bisa kamu coba, selengkapnya di sini. Pilih salah satu saja ya brott, karena ditakutkan laptop-mu justru makin berat bila gunakan beberapa anti-virus.

7. Kurangi Panas dari Laptop

Sebenarnya, kami telah membahas cara ini sedari lama yang bisa brott baca di sini. Dari artikel sebelumnya, dapat kita simpulkan bahwa Cara Mengatasi Laptop Lemot yang mudah untuk dilakukan adalah dengan awasi suhu laptop.

Faktanya, suhu laptop yang terlalu panas dapat membuat performa menurun drastis karena terjadinya throttle pada prosesor dan memory. Cara Mengatasi Laptop Lemot untuk atasi hal ini adalah dengan mematikan laptop tersebut, dan biarkannya dingin sembari dikipasi.

Itulah dia beberapa cara mudah yang dapat kamu praktekkan untuk atas masalah laptop lemot. Kalau cara-cara di atas sekiranya masih kurang, boleh banget kok buat bantu nambahin!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version