7 Easter Egg di Game Cyberpunk 2077, Ada ‘Zhang Purnama’

in

Easter egg secara tidak langsung menjadi sebuah cara bagi para kreator game untuk mengapresiasi karya garapan developer lainnya atau sekadar keisengan belaka. Ada yang memang diperlihatkan secara terang-terangan, namun ada juga yang disembunyikan begitu dalam dimana membutuhkan modder untuk mengotak-atik gamenya, bahkan terlewat bertahun-tahun baru ditemukan.

Game terbaru dari CD Projekt Red — Cyberpunk 2077 tentu juga hadir dengan berbagai easter egg yang terbilang mudah ditemukan dan dipahami, terutama jika kamu mengikuti sepak terjang berbagai game selama satu dekade terakhir ini. Tanpa berlama-lama berikut 7 easter egg yang muncul di dalam Cyberpunk 2077.

1. Ciri dari The Witcher 3 sebagai sampul majalah Retro Game

Jika memilih lifepath sebagai Corpo di awal permainan, pada rangkaian prolognya kamu bisa menemukan sebuah majalah bertajuk Retro Game dengan cover karakter Ciri dari The Witcher 3 di laci ruang kerja karaktermu.

2. Pose-pose referensi di Photo Mode

Sumber: ZaFrostPet

Fitur Photo Mode dalam Cyberpunk 2077 tentunya menghadirkan berbagai setting ala kamera sungguhan yang bisa kamu otak-atik untuk menciptakan screenshot yang ciamik. Tersedia juga berbagai pilihan gaya ikonik agar karaktermu terlihat lebih keren, atau nyeleneh dengan pose ala Jojo’s Bizarre Adventure, pose Praise the Sun ala Dark Souls, hingga pose sang gadis-gadis Sailor Moon.

3. Ikon ‘Ghost in the Shell’

Saat menelpon Judy Alvarez — NPC Cyberpunk 2077 yang juga merupakan salah satu romance interest pilihan, akan muncul sebuah ikon yang memperlihatkan sesosok hantu lucu di dalam sebuah kulit kerang. Ikon tersebut tentunya merupakan referensi dari manga atau anime Ghost in the Shell.

4. Mesin arcade Roach Race

Salah satu mesin arcade yang hadir di dalam dunia Cyberpunk 2077 memiliki nama Roach Race. Roach tentunya mengacu pada kuda kesayangan Geralt of Rivia di serial The Witcher. Sayangnya, mesin tersebut tidak bisa kita mainkan, namun kamu bisa melihat orang lain memainkannya, mengendalikan sang kuda menghindari berbagai rintangan.

5. Meme “follow the damn train, CJ!”

via Reddit

Menjadi meme yang tak lekang oleh waktu, momen kegagalan misi Wrong Side of the Tracks pada game Grand Theft Auto: San Andreas juga sambangi Cyberpunk 2077 sebagai Shards atau semacam catatan. Seperti pada gambar di atas, nama JC dan Little Smoke tentunya mereferensikan CJ dan Big Smoke di game populer Rockstar keluaran 2004 tersebut.

6. Zhang Purnama aka Hideo Kojima

SIapa tidak kenal dengan salah satu sosok penting dalam industri video game ini? Zhang Purnama (panggilan lokal) aka Hideo Kojima juga hadir sebagai easter egg dalam Cyberpunk 2077. Kamu dapat menemuinya sebagai karakter bernama Oshima saat menjalankan misi The Heist, dimana ia sedang duduk-duduk pada area bar di Arasaka Tower.

7. Bridge Baby dari Death Stranding

Masih sedikit berhubungan dengan Hideo Kojima, game terbarunya — Death Stranding juga turut hadir menghiasi secuil dunia Cyberpunk 2077. Terdapat misi sampingan bernama The Hunt dimana kamu akan memasuki suatu laboratorium milik Night City Police Department. Pada salah satu ruangannya, kamu dapat melihat BB (Bridge Baby) yang dibawa oleh Sam Porter di sepanjang permainan dalam Death Stranding.

Tentu masih ada berbagai easter egg lainnya yang tidak masuk ke list ini. Salah satunya yang cukup menarik seperti hadirnya Keanu Reeves lain di dalam dunia Cyberpunk 2077. Tentu bukan mengacu pada karakter Johnny Silverhand, melainkan seorang aktor yang kurang terkenal bernama Keanu Reeves namun sering dikira sebagai sang Rockstar berlengan perak tersebut.

Nah, apakah kamu tahu easter egg lainnya yang hadir dalam Cyberpunk 2077? Share pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Cyberpunk 2077 atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.