7 Game RPG dengan Mekanisme Pertempuran Turn-based Terunik


Game-game RPG terutama JRPG mungkin terkenal akan pertarungan ataupun pertempurannya yang menggunakan mekanisme turn-based. Dimana sesuai namanya, karakter yang kamu gunakan akan menyerang ataupun melakukan sebuah aksi secara bergiliran dengan musuh-musuhmu.

Walau memang elemen storytelling dikedepankan dalam genre ini, seiring perkembangannya, mekanisme turn-based yang sering dianggap membosankan tidak lagi sekedar saling tunggu-tungguan giliran untuk menyerang atau sekedar bertahan.

Semakin banyak mekanisme baru yang diaplikasikan kedalam sebuah game turn-based, seperti status kecepatan yang mempengaruhi siapa yang akan menyerang lebih dulu, hingga mekanisme seperti memberikan karaktermu serangan bonus jika berhasil mengenai kelemahan lawan.

Namun beberapa diantara game tersebut bisa dikatakan memang memiliki mekanisme yang sangat unik dan mungkin benar-benar tidak terpikirkan. Maka dari itu, di bawah ini telah penulis deretkan beberapa game RPG yang memiliki mekanisme pertempuran turn-based yang paling unik dan pastinya sangat menarik untuk dicoba.


1. Legend of Legaia

Kamu yang pernah memiliki konsol PlayStation generasi pertama mungkin pernah melihat atau bahkan memainkan game Legend of Legaia. JRPG garapan Contrail ini menjadi salah satu JRPG dengan mekanisme pertempuran turn-based terunik di masanya.

Legend of Legaia menghadirkan sebuah twist saat akan menyerang dengan menambahkan input d-pad yang bisa kamu pilih untuk menciptakan combo. Dan banyak dari combo tersebut akan berubah menjadi Arts, dan anggota partymu akan mengeluarkan serangan yang lebih keren dan tentunya lebih mematikan.



Namun Arts juga tergantung pada mekanisme Spirit bar, dimana bar tersebut mengindikasikan seberapa banyak combo yang bisa kamu keluarkan. Semakin panjang Spirit bar, semakin banyak juga combo yang bisa kamu hasilkan, dan hal tersebut membuat anggota partymu bisa mengeluarkan kemampuan Super Arts hingga Miracle Arts.

Satu fitur yang tak kalah menarik adalah sistem Magic yang juga tidak biasa, dimana dalam game ini kamu berkesempatan untuk mendapatkan kemampuan Seru dan Ra-Seru (sebutan untuk nama monster dalam game ini) setelah mengalahkannya. Partymu kemudian bisa memanggil mereka untuk mengeluarkan kemampuan yang nggak kalah sakti.


2. The Last Remnant

Jika game RPG lain membawa party yang terdiri dari perorangan, The Last Remnant garapan Square Enix ini akan membawa beberapa union atau party yang juga terdiri dari beberapa unit sekaligus. Sehingga hingga maksimal 18 karakter dengan kemampuan uniknya masing-masing dapat kamu bawa ke medan pertempuran.

Satu hal yang cukup menarik dari game ini adalah memiliki pilihan komando aksi yang tidak lagi sekedar Attack, Defense, atau Magic. The Last Remnant menggunakan variasi komando serangan berupa kalimat, seperti ‘Attack with combat arts!‘, ‘Attack with mystic arts!’, ‘Give it all you’ve got!’, ‘Heal the others!’ dan sebagainya.



Serangan yang dikeluarkan juga cenderung variatif tergantung dari kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing unit dalam partymu. AP atau Action Points juga mempengaruhi serangan yang dikeluarkan, misal, jika memilih komando untuk menyerang dengan Arts saat AP rendah, tidak semua unit partymu akan menyerang menggunakan Arts, dan beberapa diantaranya hanya akan menggunakan serangan biasa saja.

Kemudian hadirnya sistem morale juga mempengaruhi jalannya pertempuran, dimana semakin tinggi morale partymu, semakin besar juga kesempatan untuk melakukan critical offense yang nantinya memperkuat serangan partymu. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah morale partymu, semakin sulit juga pertempuran yang kamu hadapi.


3. Resonance of Fate

Menggunakan pedang, tameng, busur dan tongkat mungkin sudah biasa dalam game fantasy. Namun Resonance of Fate garapan tri-Ace mencoba menghadirkan mekanisme turn-based yang dipadukan oleh senjata api, yaitu pistol, submachine gun dan granat. Game JRPG satu ini mungkin memiliki mekanisme turn-based terkompleks dari semua game yang hadir di list ini.

Dalam pertempuran, ketiga karakter utamamu memiliki dua jenis serangan, yaitu scratch damage (SMG) dan direct damage (pistol dan granat). Scratch damage berfungsi untuk mengikis pertahanan lawan, dan direct damage untuk menyerang langsung HP lawan. Semakin terkikis pertahanan lawan, semakin mudah juga lawanmu untuk dikalahkan.