7 Hal Mengecewakan dari Black Desert Mobile

bdmobile 1

Black Desert Mobile akhirnya dirilis. Game yang dibuat oleh Pearl Abyss ini tetap pertahankan tampilan visualnya yang menawan dengan engine mereka. Buat gamenya menjadi salah satu game dengan tampilan visual terbaik di sepanjang sejarah game mobile. Namun, sayang, sepertinya mereka mau tak mau harus memberikan perubahan tertentu di versi mobilenya. Melahirkan beberapa kekecewaan saat perilisan awalnya di Android maupun iOS yang telah kami rangkum di bawah.

Disclaimer: Yang dikeluhkan tak sepenuhnya membuat gamenya “broken”, namun dalam kategori yang bisa dibilang “terlalu disayangkan” untuk game sebagus ini.

7. Tidak Shared Server

Yes, tepat sekali, jika kamu memiliki karakter di salah satu server, maka karaktermu ngga bakal bisa diakses ke server lain. Berbeda dengan versi PCnya yang shared server di mana ia bisa diakses ke server lain, versi mobile tidak. Jadi kalau kamu memilih server Serendia, maka selamanya karaktermu akan di server Serendia, tidak bisa pindah ke Dandelion dsb.

6. Auto

Sebenernya ini adalah fitur yang harusnya dihilangkan sih, terutama untuk sekelas Black Desert Mobile. Karena ya seperti yang dibilang sama artikel sebelumnya bahwa auto itu menghilangkan esensi dalam bermain MMORPG. Buat apa dong ada banyak fitur menarik di Black Desert Mobile, kalo ujung-ujungnya pake auto? Esensi gameplaynya jadi ngga ada men, dapet item rahasia, tempat rahasia, trik, dsb. Ngapain dong main game kalo auto? Emang, ini berguna banget bagi kamu yang sibuk kerja atau mungkin lagi belajar salto buat melewati 9 gunung. Tapi ya secara desain game, jadi kerasa kurang ada harganya aja. Ohya fitur ini baru bisa dipake kalo kamu udah lanjutin cerita.

5. Fokus Quest Based

Quest Black Desert Mobile memang didesain dengan jauh lebih baik menurut saya dibanding versi PCnya. Menariknya adalah fitur voice acting, yang nyaris jarang absen di setiap questnya. Tapi sayangnya, balancing antara grinding via hunting dan quest jadi terasa cukup jauh. Kamu ingin naik level cepat? Quest lah, jangan grinding. Karena grinding di sini cukup bisa dibilang seret XPnya, kecuali mob monster dalam jumlah banyak. Seharusnya sih, bisa agak dibalance sedikit lagi untuk kaum grinding mania yang ada di sana. Iya, kamu.

4. Beberapa Area Cukup Kecil

Area di Black Desert Mobile bisa dibilang termasuk cukup sempit. Buatmu dan player lain mau ngga mau harus rebutan mob monster. Karena game ini ngga bakal kasih XP banyak kalo kamu ngga ngemob, seperti yang telah dijelasin di poin sebelumnya. Buat kamu yang jalan ninjanya adalah grinding sampe mampus, ini bisa jadi salah satu rintangan sampai akhirnya bisa mengambil kitab suci. Eh, maksud saya sebuah rintangan yang harus dihadapin. Kalo lagi enak grinding dalam satu spot demi ngejar setoran level 40 semalam terus rebutan kan jadi terasa ga adil aja buat para player tipe grinding tanpa fitur auto. Monsternya emang cepet banget respawn, cuman kalo udah direbut ya mau gimana lagi? Yang sabar ya di awal-awal, ini ujian.

3. Skill Combo Minimalis

Combo menjadi salah satu andalan dari Black Desert. Di versi PC-nya, kamu bisa melakukan combo dengan skill unik, bahkan hanya dengan klik serangan saja. Terasa seamless tanpa harus ada delay sepersekian detik. Sementara versi mobilenya dibikin kayak game MOBA atau game RPG pada umumnya dengan tombol skill tertentu. Kamu bisa milih slot tertentu buat ngeluarin skill. Emang sih, ada dua layer skill, tapi menurut saya masih kurang. Bikin esensi seamlessnya seolah hilang. Padahal kalo mereka bisa praktekkin kayak di PC mungkin jadi lebih enak. Misalnya dengan menambahkan fitur kombinasi tombol arah dan serangan. Jadi, ketika kamu tekan tombol arah di beberapa sudut tertentu maka skill yang dikeluarkan karaktermu akan berbeda.

2. Tingkatkan Skill Pet dan Class Berbayar

Ngga, ngga berbayar pake duit asli kok, tapi mata uang in-game. Cari duitnya juga gampang. Tapi ya tetep aja kecewa. Karena seharusnya ini bisa pake mekanik yang sama kayak versi PC dengan cara grind-all-the-way. Belum lagi buat ningkatin skill butuh buku tertentu yang lagi-lagi cuman bisa didapetin dari quest. Jadi, misalnya kamu butuh ningkatin skill “Slash”, maka kamu butuh buku “Slash”. Udah bayar, pake buku lagi. Sementara skill pet bakal butuh energi dan duit.

1. Beberapa Movie yang diimpor Langsung dari Versi PC Jadi Kurang Representatif

Mengimpor aset PC ke versi mobile memang sebuah improvisasi yang menarik. Namun sayangnya, buat versi mobile Black Desert kurang representasikan situasinya. Hal ini dikarenakan dunia yang tengah dijelajahi dengan movienya jadi terasa ngga sinkron karena berbeda tampilan visualnya. Selain itu, gambar movienya jadi terlihat pecah dan sedikit kurang sedap dipandang. Seharusnya mereka membuat asetnya sendiri khusus untuk movie di versi mobile, jadi biar agak nyaman juga ngeliatnya. Saya tau saya manja, tapi kalo udah bagus dari tampilan visual, kenapa movienya ngga sekalian dibikin sendiri?

Itulah 7 hal yang mengecewakan dari Black Desert Mobile. Perlu diingat, ini adalah versi awal perilisan gamenya dan kemungkinan akan diupdate menjadi lebih baik di versi selanjutnya. Jadi, jangan jadikan patokan sepenuhnya curhatan beberapa kekurangan di atas. Atau mungkin kamu sendiri punya hal yang mengecewakan dari game tersebut? Silakan cantumin di kolom komentar.

Exit mobile version