71 Tips yang Berguna Buatmu Saat Bermain Red Dead Redemption 2


Follow Us

Tepat seminggu sudah game Red Dead Redemption 2 garapan Rockstar Games resmi diliris secara mendunia. Kamu mungkin sudah menghabiskan waktu berjam-jam didalamnya dan telah mendapati berbagai hal-hal yang sungguh istimewa dari game bertemakan wild west ini.

Nulis artikel dibayar

Namun serial ketiga Red Dead Redemption ini bisa dikatakan kurang memberikan arahan bermain yang bisa langsung dipahami. Maka dari itu, buat kamu-kamu yang berencana memainkan game ini dalam waktu dekat atau kamu yang telah memainkan game ini tapi membutuhkan sedikit bantuan dalam berpetualang dalam Red Dead Redemption 2, berikut ini penulis deretkan 71 tips dan hal-hal berguna yang perlu kamu ketahui agar kamu siap mengarungi kerasnya dunia koboi.


1. Buka Map Lebih Cepat

Kamu bisa tekan dan tahan tombol Start/Option untuk langsung mengakses Map. Lebih cepat daripada kamu harus masuk ke menu pause dahulu.

2. Mengakses Log

Cukup tekan d-pad kiri sekali, maka kamu dapat melihat isi log yang terdiri dari task, challenge dan notification.

3. Mengakses Jurnal Milik Arthur

Tekan dan tahan d-pad kiri, maka kamu dapat melihat isi jurnal yang dimiliki Arthur selama kamu bermain RDR 2.

4. Baca Compendium

Aktivitas-aktivitas sampingan yang kamu lakukan nantinya akan terekam dalam menu Compendium. Selain itu Compendium juga berisi informasi-informasi berguna terkait dunia RDR 2. 100% Compendium menjadi salah satu syarat untuk kamu mendapatkan Platinum Achievement.

5. Lakukan Manual Save

Walau memang ada auto-save, ada baiknya untuk tetap lakukan manual save secara berkala, sehingga kamu bisa mengulang jika terjadi kesalahan fatal.

6. Disarankan Mulai Free-roam Saat Sebelum Chapter 2 Berakhir

Beberapa fitur dalam RDR 2 ini sayangnya baru dibuka dalam Chapter 2. Maka dari itu agar tidak sia-sia sudah menjelajah kemana-mana tapi nggak bisa ngapa-ngapain, kamu bisa mainkan dulu beberapa misi utama dan misi sampingan sampai menjelang misi terakhir Chapter 2 atau sebelum pindah camp lagi.

7. Misi Sampingan Bisa Hilang

Beberapa misi sampingan bisa hilang jika kamu terlalu cepat progress misi utama, maka dari itu disarankan menjalankan misi-misi sampingan dahulu hingga habis baru menjalankan misi utama.

8. Tidak Ada Level Karakter

RDR 2 tidak menggunakan sistem leveling karakter, namun terdapat tiga status utama yaitu Health, Stamina dan Dead Eye. Ketiga status tersebut dapat kamu kembangkan dengan melakukan berbagai aktivitas dalam RDR 2.

9. Sistem Cores dan Rings

Ketiga status tersebut memiliki simbol (Core) dengan bar cincin (Ring) yang melingkarinya. Tertembak (terkena damage), berlari (aktifitas menggunakan stamina), dan menggunakan Dead Eye akan langsung mengurangi bar dari cincin masing-masing status, namun bar cincin Health dan Stamina akan terisi kembali dengan sendirinya. Cores mempengaruhi seberapa cepat masing-masing ring melakukan isi ulang.

10. Dead Eye Sedikit Berbeda

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, bar cincin Dead Eye tidak bisa refill dengan sendirinya, namun kamu bisa mendapatkan kembali bar cincin tersebut dari membunuh orang maupun hewan. Core masih tetap mempengaruhi seberapa banyak bar cincin yang kamu dapatkan kembali.

11. Lakukan Challenge

Terdapat Challenge yang dibagi menjadi 9 kategori, dimana kategori-kategori tersebut akan mempengaruhi salah satu dari ketiga statusmu. Setiap Challenge yang kamu selesaikan akan memberikan experience untuk statusmu naik level.

12. Selalu Sedia Provision dan Tonic

Provision berfungsi untuk isi ulang Cores dan Tonic berfungsi untuk isi ulang Rings. Provision terdiri dari makanan dan minuman dan Tonic terdiri dari obat-obatan.

13. Arthur Bisa Underweight dan Overweight

Kebanyakan makan bisa membuat Arthur Overweight, dan dapat mengurangi efektiftas Stamina namun meningkatkan efektiftas Health. Kurang makan juga dapat membuat Arthur Underweight, yang nantinya mengurangi efektifitas Health namun meningkatkan efektiftas Stamina.

14. Kuda Juga Memiliki Status Stamina dan Health

Kuda yang kamu kendarai juga memiliki Core dan Ring untuk Health dan Stamina, status tersebut juga berfungsi sama dengan status yang dimiliki Arthur.

15. Rawat Kuda dan Tingkatkan Bonding Level

Kamu bisa mengelus-elus kuda, memberikannya makan dan membersihkannya dengan brush demi meningkatkan level bonding dengan kuda. Bonding level juga akan meningkatkan Speed dan Acceleration, serta Status Health dan Stamina sang kuda.

16. Cara Mendapatkan Brush

Bingung cara mendapatkan Brush? Tidak perlu khawatir karena Kamu baru mendapatkan Brush pada sebuah misi di Chapter 2.

18. Jangan Lupa Namai Kudamu

RDR 2 memperbolehkanmu untuk menamai kudamu sendiri agar kamu lebih sayang dengan kudamu.

19. Selalu Bawa Horse Reviver

Kalo kamu mengendarai kuda secara ugal-ugalan seperti penulis, sangat disarankan untuk setidaknya selalu membawa satu Horse Reviver, karena kudamu bisa mati secara permanen.

BACA JUGA  Update Pertama Red Dead Online, Pemain Beta Dapatkan Tambahan Uang dan Gold Bar
20. Gunakan Wheel Menu untuk Efisiensi

Selain memilih senjata (Weapon Wheel), kamu juga dapat mengakses dan memilih Provision dan Tonic (Item Wheel) yang ingin kamu gunakan melalui menu wheel. Hal ini tentunya lebih cepat daripada membuka satchel secara manual. Saat naik kuda (Horse Wheel) kamu juga dapat memberikan makan dan membersihkan kuda dan mengakses beberapa item yang tersimpan di kuda.

21. Arthur Bisa Membawa 4 Senjata Sekaligus

Terdiri dari 2 senjata ringan (Revolver atau Pistol) dan 2 senjata berat (Repeater, Rifle dan Shotgun). Senjata berat biasanya tersimpan pada kudamu, sehingga pastikan senjata berat tersebut sudah masuk dalam menu wheel milikmu sebelum turun dari kuda. Tapi kamu butuh off-hand Holster untuk dual-wielding pistol atau revolvermu.

22. Cara Mendapatkan Off-hand Holster

Kamu baru akan mendapatkan off-hand Holster saat Chapter 2 akan berakhir. Namu kamu bisa mendapatkannya lebih awal dengan melakukan Challenge kategori Master Hunter, kemudian membelinya di Trapper.

23. Tidak Perlu Beli Senjata di Gunsmith

Hampir semua senjata yang kamu bisa beli di Gunsmith bisa ditemukan dimana saja, terutama musuh-musuhmu atau bahkan kamu curi dari suatu tempat. Namun kamu bisa membeli Varmint Rifle untuk keperluan berburu hewan, dan juga keperluan upgrade ataupun memberikan desain untuk senjata-senjatamu.

24. Gunakan Warning Shot

Saat membidik, tekan d-pad atas untuk mengarahkan senjatamu ke langit, tembak untuk keluarkan warning shot. Berguna untuk memberikan peringatan atau membuat kaget para calon korbanmu, atau mungkin sekedar untuk buat kekacauan.

25. Terdapat Beberapa Jenis Ammo dalam Tiap Tipe Senjata

Selain Regular Ammo, kamu juga dapat membeli atau melakukan crafting jenis peluru lain untuk efek yang berbeda-beda, seperti jarak yang lebih jauh atau damage yang lebih besar.

26. Selalu Siap Sedia Gun Oil

Makin buruk kondisi senjata yang kamu gunakan, semakin kurang juga efektiftas dan damage yang dikeluarkannya. Gunakan Gun Oil untuk lakukan perawatan pada senjata-senjatamu.

27. Kamu Bisa Disarm Musuhmu

Kamu bisa mengarahkan bidikanmu pada tangan atau senjata musuhmu untuk melakukan disarm dan terkadang membuat mereka lari ketakutan. Namun beberapa NPC nampaknya tetap kebal akan disarm karena masih tetap menembak walau sudah kena tangannya.

28. Mengejar Musuh yang Lari

Tembak kaki musuhmu untuk membuatnya jatuh sehingga memberikan waktu untukmu memperkecil jarak diri dengan musuh yang kamu kejar.

29. Gunakan Lasso untuk Menangkap Musuhmu

Beberapa aktivitas ataupun misi utama membutuhkanmu untuk menangkap orang hidup-hidup. Gunakan Lasso sebelum orang tersebut mengeluarkan senjata untuk mencegahnya menyerang balik. Kamu juga bisa iseng menyeret orang-orang sampai mati.

30. Jangan Lupa Loot Musuh-Musuhmu

Dalam beberapa chapter awal kamu mungkin memerlukan banyak uang, maka dari itu loot menjadi salah satu sumber pendapatan kamu dalam game ini. Tidak hanya uang kamu bisa saja mendapatkan perhiasan, makanan dan obat-obatan.

31. Kuda Juga Bisa Kamu Loot

Namun hanya kuda yang memiliki saddle, terlepas kuda tersebut mati atau tidak.

32. Greeting atau Antagonise Orang-orang yang Kamu Temui

Greeting tentu buat kamu yang ingin Honor yang positif dan Antagonise jika kamu ingin Honor yang negatif. Melakukan hal tersebut di kota agar cepat naik karena jumlah orang yang banyak

33. Kamu juga Bisa Greeting, Mengelus dan Antagonise Anjing yang Berkeliaran

Jika kamu baik pada anjing yang kamu temui pada suatu tempat, saat kamu kembali ke tempat tersebut dilain waktu sang anjing akan mengejar-ngejarmu kegirangan.

34. Selalu Hitch Kudamu Sebelum Turun

Melakukan Hitch atau memakirkan kuda pada tempat-tempat tertentu akan menaikkan bonding level dengan kuda. Biasanya terdapat Hitching Post di depan bangunan. Namun saat di luar kota, kamu bisa hitching kuda mu pada sebuah pohon.

35. Kamu Bisa Beli Pakaian di General Store

Pakaian dalam RDR 2 tidaklah sekedar gaya untuk terlihat keren, pakaian-pakaian tersebut nantinya akan berpengaruh sesuai dengan temperatur lokasimu. Pilih pakaian minim dan tipis untuk temperatur panas dan pakaian tebal untuk temperatur dingin.

36. Kamu Bisa Cukur Rambut di Saloon

Saloon-saloon besar biasanya memiliki area untuk kamu cukuran. Namun karena gamenya yang semi realis, kamu tidak bisa bebas memilih gaya rambut ataupun kumis dan jenggot ketika rambutmu masih pendek.

37. Kamu Bisa Menginap dan Mandi di Hotel

Mandi sesekali agar Arthur terlihat segar ataupun menginap jika Arthur terlalu lelah dan kamu tidak ingin beristirahat diluar ataupun di Camp.

BACA JUGA  Guide Menjadi Pro Player: Tips Agar Dilirik Tim Esports!

38. Kamu Bisa Ganti Pakaian di General Store dan Hotel

Daripada jauh-jauh balik ganti baju di Camp, kamu bisa mengakses Wardrobe di beberapa General Store dan Hotel.

39. Kudamu Tertinggal Jauh dan Tidak Bisa Dipanggil?

Kunjungi Stable terdekat dan kamu bisa mendapatkan kudamu kembali.

40. Topi Kesayanganmu Terjatuh dan Hilang?

Tenang, kamu bisa mendapatkan topimu kembali dari menu Horse Wheel.

41. Cari Informasi ‘Menarik’ di Kota

Sekedar jalan-jalan di kota mungkin kamu akan menemukan informasi-informasi menarik yang bisa kamu manfaatkan. Seperti mendapatkan uang lebih, mendapatkan senjata baru dan berbagai hal bermanfaat lainnya.

42. Pakai Bandana Sebelum Melakukan Kejahatan

NPC di RDR 2 ini bisa dikatakan punya indera ke-6, mau sediam apapun dirimu melakukan kejahatan seseorang akan mengetahuinya. Sehingga Bandana berfungsi adalah agar para saksi dan penegak hukum tidak mengetahui siapa pelaku kejahatan tersebut, dan dirimu tidak akan mendapatkan bounty.

43. Nggak Usah Takut untuk Berbuat Jahat

Mungkin hanya di RDR 2, menjadi jahat justru terasa lebih asik dan menyenangkan daripada jadi orang baik, maka dari itu kamu nggak usah takut jika ketauan saat berbuat kejahatan dan mendapatkan jumlah bounty yang besar.

44. Bounty Bisa Kamu Bayar di Post Office

Semakin besar bounty yang kamu miliki, frekuensi bounty hunter muncul akan semakin besar. Kamu bisa bersihkan namamu melalu Post Office yang ada ditiap kota.

45. Sesekali Kunjungi Fence

Kamu juga baru membuka fitur Fence pada pertengahan Chapter 2. Fence atau toko yang mirip black market ini jadi tempat kamu untuk menjual hasil rampokan seperti perhiasan maupun stagecoach (kuda dengan gerobak) dan beberapa item lainnya. Kamu juga bisa beli berbagai resep berguna disini.

46. Jangan Nafsu untuk Langsung Jual Perhiasan

Walau memang dapat dijual dengan harga yang lumayan, beberapa perhiasan nantinya bisa kamu crafting menjadi Talisman yang bisa memberikan efek tambahan untuk Arthur.

47. Fence Tidak Menerima Stagecoach Milik Penegak Hukum

Gerobak kuda milik penegak hukum biasanya dibuat dari besi, maka dari itu cukup incar gerobak-gerobak yang dipakai oleh rakyat.

48. Beli Lock Breaker

Sesuai namanya, benda ini berfungsi untuk membuka gembok pada suatu peti, brankas ataupun tempat penyimpanan lainnya secara diam-diam. Kamu cukup membelinya sekali di Fence.

49. Selalu Bawa Dinamit

Apa gunanya penjahat tanpa bawa bom? Selain untuk melukai dan membunuh, kamu juga bisa menggunakan dinamit untuk membuka brankas besi yang tidak bisa dibuka dengan lock breaker ataupun senjatamu.

50. Jelajahi Berbagai Tempat Terencil

Sesekali cek lokasi-lokasi kecil yang tersebar di peta, kamu bisa menemukan berbagai hal yang pastinya berguna, seperti bertemu orang-orang menarik, mendapatkan senjata langka, temukan aktivitas sampingan yang baru, map harta karun, bahkan easter egg.

51. Sesekali Gunakan Senjatamu Untuk Menembak Burung

Kamu bisa mengambil bulu dari burung-burung tersebut yang bisa kamu gunakan untuk membuat anak panah dengan efek yang berbeda-beda. Seperti Small Game Arrow, Improved Arrow dan Poison Arrow.

52. Jangan Lupa Bahwa Ada Fitur Memancing

Kamu dapat memancing di sungai, danau dan pinggir pantai.

53. Beli Pancingan Dimana ya?

Kamu baru akan mendapatkan pancingan pada pertengahan chapter 2.

54. Tapi Kamu nggak Harus Pake Pancingan

Kamu bisa saja langsung menggunakan pistol atau senjata lainnya untuk berburu ikan. Namun ikan tersebut baru bisa kamu angkat setelah mencapai perairan yang lebih dangkal atau perariran yang tidak membutuhkanmu untuk berenang.

55. Lakukan Quest Legendary Animal (dan Legendary Fish)

Kamu akan dapatkan quest ini di pertengahan Chapter 2. Salah satu bahan untuk membuat Talisman adalah bagian-tubuh seperti Pelt dan Carcass dari binatang Legendary. Sehingga luangkan waktumu sesekali untuk memburu hewan-hewan tersebut.

56. Notifikasi Area Legendary Animal (dan Legendary Fish)

Tiap hewan-hewan legendary mempunyai lokasinya masing-masing, dan saat kamu memasuki area tersebut akan muncul notifikasi bahwa kamu memasuki daerah hewan legendaris. Gunakan Eagle Eye untuk mencari petunjuk dan jejak hewan tersebut untuk mulai perburuan.

57. Incar Hewan dengan Kualitas Bintang 3

Hanya Perfect Pelt yang didapatkan dari hewan bintang 3 yang bisa digunakan untuk crafting. Kamu juga perlu melakukan Clean Kill jika ingin mendapatkan Pelt kualitas bintang 3.

58. Gunakan Binocular Saat Berburu

Kamu bisa mempelajari spesies hewan apa yang sedang kamu intai dengan Binocular, demi mengetahui kualitas bintang hewan tersebut dan senjata apa yang cocok untuk melakukan Clean Kill.

BACA JUGA  Fans Klub Sepak Bola Austria Hadirkan Koreografi Suporter ala Red Dead Redemption 2
59. Cek Compendium Hewan

Kamu juga bisa mengetahui informasi dan senjata lainnya yang juga bisa digunakan untuk suatu hewan melalui compendium. Namun kamu tetap harus mempelajari hewannya terlebih dahulu sebelum informasi hewan tersebut terbuka compendium.

60. Gunakan Item Pendukung dalam Berburu

Seperti predator bait untuk hewan karnivora dan herbivore bait untuk hewan herbivora. Kemudian gunakan Cover Scent Lotion untuk menghilangkan baumu agar hewan-hewan yang kamu incar tidak mengetahui keberadaanmu. Beberapa hewan tidak terpengaruh bait kecuali kamu membuat versi potennya melalui crafting.

61. Tidak Harus Selalu Incar Kepala Hewan

Walau memang bidikan ke kepala hampir selalu memberikan Clean Kill, beberapa Hewan justru tidak mati saat ditembak di kepala. Namun saat Dead Eye kamu sudah level tinggi, kamu bisa melihat beberapa Weakspot yang dimiliki hewan tersebut. Tembakan ke Jantung juga bisa langsung Instant Kill atau terkadang sekedar melumpuhkan hewan yang kamu incar.

62. Stack Beberapa Pelt Sekaligus Pada Kudamu

Pelt ukuran kecil otomatis tersimpan dalam inventorymu dan beberapa Pelt ukuran sedang bisa kamu simpan (stow) pada kudamu sekaligus. Namun Pelt ukuran besar hanya memiliki satu ruang pada kudamu dan tetap bisa kamu simpan bersama Pelt ukuran sedang.

63. Buat Camp Jika Jauh dari Peradaban

Kalau Arthur merasa lelah dan ingin beristirahat saat berada jauh dari peradaban, kamu bisa membangun camp untuk beristirahat. Selain itu kamu juga bisa membuat makanan dari daging hewan hasil buruanmu ataupun crafting perlengkapan-perlengkapan lainnya.

64. Sesekali Kunjungi Trapper

Walau Pelt dan Carcass bisa kamu sumbangkan untuk Camp, kamu juga bisa jual Pelt pada Trapper untuk dapatkan uang lebih. Trapper juga menjual beberapa barang untuk berburu dan mereka juga bisa membuat pakaian hangat dari pelt dan carcass hewan-hewan legendary maupun hewan-hewan biasa. Pelt dan Carcass dari hewan Legendary hanya bisa kamu jual di Trapper.

65. Sumbangkan Daging Hasil Berburu Untuk Camp

Kamu bisa sumbangkan daging-daging ataupun bagian-bagian lain hasil buruanmu melalui meja milik Pearson di Camp (simbol daging ayam paha bawah). Honormu akan meningkat setiap kamu melakukan hal ini.

66. Santap Stew dan Kopi di Camp

Semakin kamu sering menyumbangkan daging, semakin sering Pearson akan membuatkan Stew yang akan meningkatkan drastis tiga statusmu. Namun kamu hanya bisa menikmati santapan tersebut setiap beberapa hari sekali, sebagai penggantinya kamu bisa menikmati kopi yang siap sedia tiap saat.

67. Tidak Diwajibkan Nyumbang Uang untuk Camp

Kamu tidak perlu khawatir jika kamu jarang nyumbang karena hal tersebut tidak akan mengurangi nilai Honor atau hal lainnya, kecuali ditanyain apakah kamu nyumbang oleh kerabat-kerabat Camp mu. Cukup sumbangkan uangmu ketika kamu mau melakukan upgrade Camp.

68. Membuka Fitur Fast Travel dari Camp

Selain Fast Travel dengan kereta dan Stagecoach, kamu bisa melakukan Fast Travel satu arah dari Camp. Pertama kamu harus melakukan upgrade pada bagian Dutch Lodging sebesar $225, baru membeli fitur Fast Travel seharga $325.

69. Sering Ngobrol dan Main Sama Kerabat Camp

Walau memang terkadang cuman komentar-komentar sebagai bagian dari latar cerita, sesekali mereka akan memberikanmu quest untuk mencarikan suatu benda atau bahkan tumbuh-tumbuhan. Kamu tentunya akan menerima imbalan yang ada.

70. Misi Perampokan Bersama Kerabat Camp

Terkadang kerabat-kerabat camp memiliki rencana untuk merampok stagecoach hingga merampok bank. Biasanya ditandai dengan simbol uang lingkaran. Kamu bisa saja mengabaikannya, namun misi sampingan tersebut akan hilang sementara dan kamu harus menunggunya lagi.

71. Gunakan Hair Tonic untuk Mempercepat Tumbuhnya Rambut

Rambut, kumis dan jenggotmu akan berhenti tumbuh pada suatu level, namun kamu bisa gunakan Hair Tonic untuk lebih memperpanjang rambut, kumis dan jenggot, serta mempercepat pertumbuhannya. Terutama jika kamu ingin tampil keren seperti Arthur dibawah ini.


Sekian puluhan tips yang bisa penulis bagikan kepada kalian. Mungkin memang tidak lengkap karena penulis sendiri selalu menemukan hal-hal baru saat bermain Red Dead Redemption 2. Kamu yang juga sudah main dan punya tips sendiri boleh banget dibagikan di bagian komentar ya!

Red Dead Redemption 2 telah rilis pada 26 Oktober 2018 yang lalu untuk PS4 dan Xbox One. Kamu yang tertarik untuk melihat review dari game ini bisa langsung mengunjungi halaman ini.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+