8 Hardware Terbaik untuk Komputer di Tahun 2021

Hardware Tahun 2021

Tidak terasa sebentar lagi kita akan sampai pada penghujung tahun 2021 dan menyambut tahun baru 2022. Bila manusia berusaha untuk menjadi lebih baik di kesempatan berikutnya, sama halnya dengan teknologi yang makin lama makin advanced saja. 8 hardware terbaik untuk komputer di tahun 2021 ini seakan jadi bukti nyata perkembangan dunia teknologi.

Memang, ada banyak sekali hambatan, termasuk ‘chip shortage’ di sana-sini seakan berusaha untuk hambat perkembangan teknologi. Membuat sebagian orang tak bisa mencicipi implementasi teknologi terbaru yang menjadi sebuah tuntutan zaman modern ini.

Namun hal tersebut seakan tak menjadi penghalang dibuatnya deretan hardware terbaik untuk komputer demi menyambut tahun baru nanti.

Nah, buat kalian yang penasaran apa saja hardware terbaik untuk komputer di tahun ini, berikut adalah list-nya.

Disclaimer:

Semua data yang kami tuliskan pada artikel ini berdasarkan data tom’sHardware, dan tidak bermaksud untuk mempromosikan brand apapun.

1. Prosesor: Intel Alder Lake

Sebelumnya, kami memang sempat membahas bagaimana Intel takkan bisa susul AMD dalam waktu dekat bila ternyata prosesor terbarunya masih jalan di tempat. Namun, pada akhirnya raksasa biru Intel berhasil keluar dari zona nyaman dan membuktikan bahwa mereka masih bisa deliver.

Teknologi baru bernama hybrid architecture sangat mungkin menjadi juru selamat bagi kubu biru tersebut. Implementasi performance cores dan efficiency cores pun agaknya berhasil membalap kubu merah AMD dalam skenario single-thread maupun multi-thread.

Selain itu, disematkannya teknologi PCIe 5.0 dan DDR5 menjadi sebuah kelebihan tersendiri mengingat AMD baru akan mengimplementasikannya pada tahun depan.

2. GPU: NVIDIA RTX 3060 12GB

Berkat cryptocurrency dan ‘chip shortage’ yang melanda seluruh dunia saat ini, harga komponen untuk olah grafis ini naik setajam silet. GPU ini dibekali dengan video ram (VRAM) sebesar 12GB GDDR6 untuk memastikan game kesayanganmu berjalan sempurna.

RTX 3060 12GB memiliki performa mirip dengan RTX 2070, mengukuhkannya sebagai salah satu hardware terbaik untuk komputer di tahun 2021.

Tak hanya sekedar besaran memory, RTX 3060 ini diklaim memberikan performa ray tracing yang lebih baik bila dibandingkan dengan kompetitornya.

3. NVMe M.2: Kingston KC3000

Selain dua komponen vital di atas, NVMe M.2 ternyata memiliki peranan yang tak kalah penting, terutama bila berbicara tentang performa.

Usung teknologi PCIe Gen 4, sebenarnya ada banyak kompetitor yang mampu berikan performa sama, kami mendapati di antaranya WD_BLACK SN750. Selain itu, terdapat brand Samsung yang cukup terkenal berkat seri 980 Pro miliknya yang menawarkan performa berimbang pula.

Besaran read speed dan write speed yang ditawarkan terbilang sudah sesuai dengan interface Gen 4 yang merupakan standar zaman now. Dengan kecepatan yang ditawarkannya, kami jadi tidak sabar bagaimana dengan performa NVMe M.2 dengan interface Gen 5 di tahun mendatang.

4. PC Case: Lian Li PC-011 Air Mini

Sekilas, casing komputer ini memiliki bentuk dan ukuran yang cukup ringkas. Namun, setelah amati dengan cukup seksama, ukuran ringkas ini tercipta berkat sistem dual-chamber hasil ide dari Lian Li.

Dibuat dengan menggunakan bahan aluminium dan disempurnakan dengan kehadiran tempered glass, membuatnya terkesan kokoh dan berikan kesan clean pada komputermu. Tak heran bila casing yang memiliki konsep menarik ini mampu mengamankan posisinya sebagai salah satu hardware terbaik di tahun ini.

5. Motherboard: Gigabyte Z690 Aorus Pro

Bila berbicara harga, Z690 Aorus Pro didapati menawarkan harga yang cukup bersaing ketimbang motherboard kategori flagship (Z690) lainnya. Berdasarkan data tom’sHardware, motherboard yang kerap dipanggil ‘manuk’ ini menawarkan fitur yang tak kalah banyak.

Mengacu pada manual, motherboard ini menawarkan 13 USB Port, 90A VRM, 4 M.2 Slot, DDR5, dan berbagai macam kelebihan lain.

Peluncuran motherboard ini dirancang sedemikian rupa untuk menjadi rumah bagi prosesor Intel Alder Lake yang merupakan Generasi Ke-12.

6. Monitor: MSI OPTIX MPG321UR-QD

Salah satu brand gaming yang tak kalah dalam berinovasi adalah MSI, dengan monitor teranyarnya berukuran 32”. MSI klaim bahwa mereka gunakan quantom dot technology pada monitornya untuk berikan pengalaman yang benar-benar berbeda.

Monitor ini tawarkan kecerahan sebesar 600 Nits pada mode HDR, dan bisa manfaatkan AMD FreeSync dan NVIDIA G-Sync. Selain itu, MSI OPTIX MPG321UR-QD ini menawarkan refresh rate sebesar 144Hz untuk manjakan matamu ketika gunakannya.

7. Keyboard: Akko 3098B

Untuk kamu yang hobinya koleksi keyboard, tentu akan senang melihat bahwa Akko ternyata berhasil menjawarai hardware terbaik di kategori keyboard.

Berikan sensasi old-school punya, keyboard besutan Akko ini dibalut dengan perpaduan warna hitam dan emas, menjadikannya terlihat elegan. Meski terlihat old-school, namun kehadiran RGB dapat membuatnya terlihat menyala-nyala.

Selain itu, 3098B tawarkan hot-swappable switches, n-key rollover, extra keycaps, yang bersemayam dengan layout berukuran 96%. Untuk koneksinya sendiri, Akko percayakan wireless 2.4GHz beserta dongle, Bluetooth 5.0, atau melalui USB-C.

8. Mouse: Razer Basilisk V3

Sebagai brand yang cukup dikenal di kalangan gamer, Razer berhasil menempatkan mouse salah satu hardware terbaik untuk komputer tahun ini.

Fitur terbaru pada mouse terbaik bernama hyperscroll tilt wheel mampu berikan sensasi berbeda untuk memudahkanmu ketika scroll. Hadirnya fitur ini dikatakan mampu deteksi apakah kamu hanya scroll secara ringan, atau ingin lakukan infinite scroll.

Tak hanya itu, mouse terbaik Basilisk V3 pun berikan penambahan pada optical mechanical switches yang berikan sensasi tactile. Meski terdapat kekurangannya di mana mouse ini sedikit keras ketika ditekan, hal tersebut bukan masalah besar bagi mouse terbaik tahun 2021 ini.

Verdict

Ternyata, tak mudah bahkan bagi situs sekelas tom’sHardware dalam memutuskan siapa yang berhak menjawarai setiap kategori yang tersedia. Namun, untuk hasil yang lebih memuaskan, tentu kami akan mengembalikan jawabannya kepada para pembaca sekalian.

Tentu hal ini dikarenakan preferensi dan kesukaan masing-masing individu yang bisa saja berbeda dan tak akan sesuai dengan list ini. Dan inilah merupakan akhir dari deretan hardware terbaik untuk komputer tahun di penghujung tahun 2021 ini.

Kalau menurut brott semua, apakah list ini sudah cukup informatif? Dan apakah hardware yang brott miliki berhasil menempati urutan pada list ini? Yuk, share komentar kalian di bawah.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version