9 Game PC Ringan Terbaik Tahun 2018

in , ,

Perkembangan video game dari tahun ke tahun mengalami perubahan, namun yang paling terlihat secara kasat mata adalah perubahan secara visual yang semakin kesini semakin terlihat memukau apalagi dengan dukungan teknologi graphic card yang juga semakin canggih sehingga memungkinkan para developer game mengadaptasi teknologi terbaru, seperti “ray tracing” untuk game yang tengah dikerjakannya.

Namun penilaian atau bagus tidaknya suatu game juga tidak hanya dari visual/grafiknya saja. Selama gameplay-nya memberikan pengalaman yang unik dan menyenangkan untuk para gamers “visual” bukanlah sesuatu yang menjadi prioritas untuk mereka memainkan game tertentu. Terlebih lagi platform yang kita miliki seperti PC jika kalian tidak melakukan upgrade terhadap perangkat yang ada di PC kalian sudah bisa dipastikan tidak akan bisa memainkan game-game terbaru. Dan pada akhirnya PC kalian akan mendapatkan gelar “PC Kentang”. Tenang saja, bahasan kali ini tak jauh dari seputar PC Kentang dan ekosistemnya. Kali ini kita akan membahas “10 Game PC Ringan Terbaik di Tahun 2018” versi Gamebrott. Langsung saja selengkapnya simak di bawah ini :

1.Into The Breach

Mungkin jika dilihat dari visual-nya saja bagi kalian yang biasa memainkan game AAA dengan kualitas grafis “super wow” melihat Into The Breach bukanlah sesautu yang menarik. Memang dari segi graphic bukanlah sesuatu yang menjadi nilai utama dari game ini. DIkembangkan oleh kreator Faster Than Ligth, visual yang ditawarkan tampaknya tidak terlalu berbeda dengan game pendahulunya tersebut. Sementara itu, gameplay-nya lebih condong ke arah turn-based strategy dengan pendekatan karakter mecha atau unit unit berbentuk mesin/robot. Fitur yang ditawarkan juga cukup menarik, mulai dari kustomisasi mecha, mengatur strategi hingga mempertahankan kota yang diserang makhluk raksasa yang datang ke bumi. Perlu di perhatikan setiap keputusan yang kalian buat sangat berpengaruh dalam game ini. Gamebrott juga telah memberikan review untuk game ini dengan nilai yang fantastis. Melihat spesifikasi minimumnya, Into The Breach menjadi game ringan seru yang rilis di tahun 2018 ini.


2.The Banner Saga 3

Melanjutkan cerita dari mitologi Nordik, seri The Banner Saga telah mencapai iterasinya yang ke-3. Meskipun mengusung gameplay turn-based strategy ala ala Final Fantasy Tactics, visual yang ditawarkan begitu menggoda dengan animasi-animasi unik saat unitnya dalam kondisi idle. Selain itu, The Banner Saga 3 juga diterima dengan berbagai review positif. Selain itu, untuk memainkan dan mengikuti perjalanan cerita seru dari The Banner Saga 3 juga tidak membutuhkan spesifikasi yang berat. “PC Kentang” kalian dijamin masih sanggup untuk memainkan game yang rilis di tahun 2018 ini.


3.Dragon Spear

Melihat judul game ini tampaknya tidak asing bagi kalian yang lebih dulu memainkan game ini di smartphone. Game yang mengusung genre side-scroll action RPG membuat Dragon Spear menarik untuk dimainkan. Sebagai game yang sebelumnya rilis di smartphone yang kemudian hadir di PC tentunya tidak mengusung spesifikasi yang begitu berat. Bahkan “PC Kentang” dengan RAM 1GB masih bisa memainkan game ini. Sedikit berbeda dari versi mobile-nya Dragon Spear versi PC-nya hadir dengan fitur yang berbeda, seperti tidak adanya energi serta fitur “auto” yang juga dihilangkan untuk memaksimalkan pengalaman bermain. Dengan beberapa pertimbangan tersebut juga membuat Gamebrott memasukkan Dragon Spear dalam daftar “Game Ringan Terbaik di Tahun 2018”.


4.Dead Cells

Jika kalian termasuk salah seorang yang suka dengan tantangan, game yang satu ini cocok untuk kalian. Selain tantangan, Dead Cells juga menawarkan tingkat kesulitan yang tinggi. Terlebih untuk kalian penggemar franchise Dark Souls yang hanya bisa melihat serunya game tersebut melalui video review/gameplay karena “PC Kentang” kalian tidak mampu untuk menjalankan seri Dark Souls, Dead Cells menjadi pilihan yang tepat. Meskipun begitu, Dead Cells pada dasarnya lebih mengadaptasi gameplay dari beberapa game roguelite, seperti Binding of Isaac serta perpaduan game old-school seperti Castlevania Sympony of The Night. Di sisi lain atmosfir layaknya Dark Souls melekat dalam game ini, kalian pasti akan menemukan sebuah siklus yang akan terulang mulai dari membunuh-mati-belajar dari kesalahan-dan diulangi seperti itu siklusnya.


5.Two Hospital

Game yang satu ini tidak akan membuat kalian terjebak dalam siklus kesulitan yang luar biasa. Two Point Hospital akan mengajak kalian menjadi seorang pemilik Rumah Sakit, mulai dari memikirkan akan seperti apa bangunannya, fasilitas pendukung serta pekerjanya seperti Dokter, Karyawan, Apoteker dan lain sebagainya. Game ini juga digadang-gadang menjadi penerus dari game legendaris Theme Hospital. Tak perlu lagi dipertanyakan mengapa game yang rilis pada bulan Agustus lalu ini masuk dalam daftar, pastinya sudah jelas bahwa spesifikasi PC untuk memainkan game ini cukup ramah untuk “PC Kentang” kalian.


6.Moonlighter

Game ringan yang satu ini cukup unik dengan mengadaptasi pendekatan cerita seorang penjaga toko yang memiliki mimpi sebagai pahlawan. Meskipun visual yang diusungnya 2D, namun semua animasi yang ada didalamnya terlihat begitu smooth. Gameplay-nya juga cukup unik dimana kalian akan terjun di dalam sebuah dungeon yang nantinya akan menemukan berbagai macam halangan serta musuh. Disana kalian harus mengumpulkan item yang kemudian akan dijual nanti di toko dan kalian bisa mengatur berapa harga jualnya. Selain itu, kalian juga dapat membuat senjata yang kalian inginkan. Game ini juga ramah untuk “PC Kentang” kalian di tahun 2018 ini.


7.Overcooked 2

Berbeda dari beberapa game ringan diatas yang mengusung gameplay yang cukup serius saat dimainkan, Overcooked 2 hadir sebagai game kasual yang seru dan menyenangkan baik dimainkan sendiri maupun bersama teman-teman. Mengadaptasi pendekatan ala Diner Dash”, Overcooked 2 juga mengajak kalian untuk saling berkoordinasi antar juru masak untuk mengerjakan menu makanan tertentu. Kalian bisa berkonsentrasi untuk mengerjakan tugas memotong bahan makanan, memasak nasi hingga meraciknya menjadi sebuah menu yang siap dihidangkan. Tak perlu jauh bahas spek untuuk memainkangame ini, yang jelas “PC Kentang” kalian masih kuat untuk memainkan Overcooked 2.


8.Mega Man 11

Game ini baru saja rilis beberapa hari yang lalu, namun yang menarik berbagai review postitif telah muncul setidaknya di Steam sendiri sudah ada 411 user yang memberikan review positifnya. Masih mengadaptasi gameplay yang lama dari seri Mega Man pada jaman dahulu, di Mega Man 11 juga menghadirkan perkembangan yang cukup signifikan hingga hadirnya mode Multiplayer. Meskipun masih mengusung gameplay yang sama dengan pendeketan side-scrolling, Mega Man 11 yang notabene rilis di tahun 2018 ini juga mengadaptasi visual yang kekinian. Mulai dari efek projectile yang kekinian hingga desain tokoh utama serta boss hadir dengan 3D yang menawan. Capcom sendiri juga merilis Mega Man 11 sebagai bentuk perayaan franchise yang telah berumur 30 tahun ini. Kalian yang kangen dengan franchise ini tak perlu terlalu memikirkan soesifikasi yang berat, “PC Kentang” kalian masih bisa kok memainkan game ini.


9.Stardew Valley

Ini dia game terakhir di listicle kali ini. Stardew Valley memang rilis di tahun 2017 yang lalu, namun game ini masuk dalam list karena mempertimbangkan hadirnya update Multiplayer yang baru saja rilis bulan Agustus yang lalu. Game yang mengajak kalian bertani dan beternak ini memang cukup adiktif meskipun mengusung pendekatan visual sederhana dengan sprite ala konsol jadul 8-bit. Namun dengan hadirnya fitur Multiplayer membuat pengalaman bermain semakin seru, terlebih kalian bisa bercocok tanam serta beternak bersama teman-teman kalian.


Demikian listicle tentang “Game PC Ringan Terbaik di Tahun 2018” yang bisa dimainkan tentunya di “PC Kentang” tersayang yang masih bisa kalian gunakan saat ini. Se-”kentang-kentangnya” PC kalian setidaknya mereka selalu menemani kehidupan hingga sampai saat ini. Jika sudah mampu upgrade jangan lupakan jasa mereka, best regards Gamebrott.

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.