Ada 31 Celah CPU Ryzen Rentan Dibobol, AMD Sarankan Update BIOS Secepatnya

CPU Ryzen Rentan Dibobol

AMD memang punya jumlah kerentanan CPU lebih sedikit dibanding kompetitornya Intel. Biasanya kerentanan ini bisa mengundang masalah keamanan sistem yang lumayan serius. Jika kalian ingat pada dua insiden Meltdown and Spectre beberapa waktu lalu. Celah keamanan ini memang lumrah terjadi pada CPU modern namun tidak seheboh dua kasus tersebut.

Awal tahun ini, AMD baru saja mengumumkan beberapa CPU dari mereka yang ditemui kerentanan keamanan. CPU yang dimaksud itu berasal dari lini AMD Ryzen sampai ke EPYC sekalipun.

AMD Diam-diam Umumkan Ada 31 Celah CPU Ryzen Rentan Dibobol

Sebanyak 31 kerentanan ditemukan di lini AMD Ryzen

Uniknya AMD tidak mengumumkan secara terang-terangan terkait berita ini baik lewat konferensi pers atau klarifikasi lainnya. Biasanya AMD juga baru akan memberikan sejumlah list seperti ini di bulan Mei dan November. Mereka memilih untuk mempublikasikan di awal tahun berarti ada celah keamanan yang cukup serius atau dalam jumlah banyak.

Celah keamanan berpotensi berbahaya bagi pengguna

AMD sendiri menargetkan akan segera menyuruh pada vendor sistem atau motherboard untuk segera meluncurkan update AGESA terbaru sebagai tambalan celah keamanan tersebut. Namun seberapa cepat pengguna bisa mendapatkan update BIOS terbaru biasanya tergantung dari vendor masing-masing, kata AMD.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Daftar CPU Ryzen yang Kena Celah Kerentanan

Dua insiden kerentanan yang heboh beberapa waktu lalu

Pihak AMD juga tidak memberikan penjelasan apakah patch tersebut akan mempengaruhi performa layaknya kasus Meltdown dan Spectre. Sedangkan untuk prosesor yang terkena dampaknya adalah beberapa varian baru Ryzen mobile APU dan beberapa CPU High-End Desktop. Berikut adalah lini yang dimaksud:

Prosesor AMD EPYC

Sebanyak 28 kerentanan yang ditemukan pada prosesor EPYC, dengan 4 diantara dilabeli “kerentanan tingkat tinggi” oleh AMD. Kerentanan yang dimaksud mampu menyerang beberapa area dan berpotensi menyebabkan kehilangan data. Selain itu ditemukan juga 15 kerentanan tingkat rendah dan 9 kerentanan minor.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version