Terbukti Bisa, AI Kalahkan Player Manusia di Street Fighter II

Ai Kalahkan Player Manusia

Kecerdasan buatan mengalahkan manusia dalam game sebenarnya bukan berita baru. Kalau kita kilas beberapa tahun lalu ada AI buatan Google Deepmind yaitu Alpha Go di tahun 2017 yang bisa kalahkan Fan Hui sang jawara.

Game kompleks seperti DOTA 2 juga tidak luput dari libasan AI setelah program buatan OpenAI terlihat bisa mengalahkan Dendi, pro player terkenal di game MOBA tersebut. Namun, perkembangan kecerdasan buatan sepertinya belum berhenti sampai situ. Kini peneliti ingin membuat AI yang bisa kalahkan player manusia di game fighting?

AI Kalahkan Player Manusia di Street Fighter II Champion Edition

Game Street Fighter II Champion Edition yang digunakan peneliti

Melansir dari techxplore, beberapa peneliti dari Singapore University of Technology and Design (SUTD) berhasil mendesain software pergerakan kompleks yang biasa digunakan di board game seperti Chess dan Go.

Tidak hanya itu, mereka juga berhasil melakukan pendekatan baru yang bolehkan AI tersebut punya kemampuan melebihi pemain terbaik di dunia. Penemuan baru ini digadang sebagai era baru untuk desain gerak.

AI baru bisa kalahkan pemain top SF2

Pendekatan baru tersebut menggunakan sejenis memory baru yang disebut Phase-change memory. Sebuah memory non-volatile baru yang bahkan lebih cepat dari flash memory saat ini. Para peneliti ini mengungkapkan kalau pendekatan baru dimaksud baru bisa dilakukan sekarang dan hasilnya bisa sampai mengalahkan player manusia paling jago sekalipun.

Hanya Butuh Belajar 2 Hari, Langsung Bisa Libas Player Manusia Paling Jago di Street Fighter II

Cukup belajar 2 melawan komputer

Awalnya peneliti di SUTD menggunakan AI SF-R2 dan digunakan untuk melawan komputer. Dua hari setelahnya, kecerdasan buatan tersebut langsung digunakan untuk melawan player manusia di Street Fighter II.

Hasilnya, player manusia dengan mudahnya dikalahkan. Namun, tujuan dari pengembangan AI ini menurut para peneliti agar kelak datanya bisa digunakan untuk robot autonomous seperti kendaraan tanpa awak.

Pengaplikasian juga bisa dilakukan untuk mereplikasi perilaku manusia terkait bidang pekerjaan dan melampauinya. Bagaimana menurut kalian soal ini brott? Coba beri pendapat kalian ya. Kalian bisa baca berita soal dampak AI terhadap lingkungan di link ini ya brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version