Apa Itu ChatGPT dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

ChatGPT

Apa Itu ChatGPT – Di era yang semakin digital, banyak teknologi yang terus berkembang untuk mendukung kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah ChatGPT yang umumnya digunakan untuk menjadi teman bicara, sembari memberi masukan berdasarkan perintah atau prompt yang telah kita masukkan.

Bayangkan, kita bisa berbicara dengan mesin dan hebatnya, ia bisa membalas dengan teks yang masuk akal dan relevan. Nah, kalau kebetulan kalian penasaran dengan kecerdasan buatan ini, termasuk bagaimana cara gunakannya, yuk kepoin saja artikel ini sampai habis.

Apa Itu ChatGPT?

Peran kecerdasan buatan yang semakin dibutuhkan?

ChatGPT adalah model bahasa buatan OpenAI yang dilatih secara khusus untuk memahami dan menghasilkan teks dalam bentuk percakapan. GPT sendiri merupakan singkatan dari Generative Pretrained Transformer, jadi bisa dibilang sebuah robot yang bisa kamu ajak ngobrol.

Model ini dibuat dengan menggunakan teknologi machine learning, di mana mesin ini belajar dari data-data percakapan yang ada untuk memahami bagaimana struktur dan pola sebuah percakapan. Oleh karena itu, jangan heran kalau mesin ini bisa memberikan jawaban yang relevan terhadap apa yang kamu katakan.

Bagaimana Cara Menggunakan ChatGPT?

Nah, kalian pastinya penasaran dong gimana cara menggunakan ChatGPT ini? Tenang, kita bakal membahasnya supaya kalian juga dapat gunakannya, kok.

Kunjungi laman resminya

Pertama, kamu perlu mengunjungi situs resmi OpenAI. Di sana, kamu akan menemukan berbagai model AI yang bisa kamu gunakan, termasuk ChatGPT. Klik pada opsi tersebut, dan kamu akan dibawa ke halaman berikutnya.

Login dengan gunakan akun Google

Tapi, sebelum bisa ngobrol dengan AI tersebut, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. Jangan khawatir, prosesnya cukup mudah dan cepat. Kamu hanya perlu mengisi beberapa informasi dasar dan melakukan verifikasi email, atau langsung login dengan akun Google.

Masukkan informasi ini terlebih dahulu, ngasal aja gak ngaruh

Setelah itu, kamu bisa mulai ngobrol dengan ChatGPT. Ada kotak teks di mana kamu bisa mengetikkan pertanyaan atau perintah yang kamu inginkan. Setelah mengetikkan pesanmu, tekan enter dan ChatGPT akan memberikan responsnya.

Langsung mulai percakapan dengan kecerdasan buatan

Yang menarik dari AI ini adalah, meski ia hanya mesin atau kecerdasan buatan, tapi ia bisa memberikan respons yang terasa ‘manusiawi’. Misalnya, jika kamu bertanya, “Gimana kabarmu?”, dipastikan AI tersebut bisa menjawabnya, “Saya baik-baik saja, terima kasih.”

Namun, perlu dicatat bahwa kecerdasan buatan yang kalian akses ini terbatas kemampuannya untuk merespons perintah atau prompt yang kalian masukkan hanya pada balasan berupa teks saja. Kalau kalian membutuhkan jawaban berupa gambar, kalian membutuhkan AI lain.

Informasinya Tidak Selalu Akurat

Selalu verifikasi kebenarannya dengan sumber lain yang terpercaya

Selain itu, perlu kami ingatkan untuk selalu memverifikasi data yang disajikan dari sumber lain yang tepercaya. OpenAI juga memberikan batasan saat kalian gunakannya kecerdasan buatan tersebut.

Misalnya, kamu tidak diperbolehkan untuk menggunakan ChatGPT untuk tujuan ilegal, atau berbagi konten yang ofensif, merendahkan, atau menghina. OpenAI juga berhak untuk membatasi atau memblokir aksesmu jika kamu melanggar aturan-aturan ini.

Tidak sampai disitu saja, ChatGPT harus digunakan dengan benar tidak asal copy-paste alias meniru secara mentah dari hasil jawabannya. Karena sudah sering kejadian di beberapa kasus dimana seorang pelajar atau mahasiswa asal menyalin jawaban dari tugas mereka.

Apalagi jika menyalin jawaban dimana ChatGPT menjawab dalam bahasa Inggris kalau AI ini tidak bisa menjawab tugas yang diberikan.

Secara keseluruhan, ChatGPT adalah teknologi yang cukup keren dan bisa sangat membantu, terutama jika kamu butuh teman ngobrol atau sumber informasi cepat. Namun, seperti semua teknologi, penting untuk menggunakannya dengan bijak dan bertanggung jawab.

Jadi, itu dia penjelasan tentang ChatGPT dan bagaimana cara menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu memahami lebih lanjut tentang teknologi ini. Selamat mencoba menggunakan Chat GPT, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version